Su Filindeu, Teknik Pembuatan Pasta Benang Terlangka di Dunia!

Reporter : Hevy Zil Umami
Senin, 10 Februari 2020 19:37
Su Filindeu, Teknik Pembuatan Pasta Benang Terlangka di Dunia!
Hanya 10 wanita di planet ini yang masih bisa membuat pasta setipis ini eksklusif dengan tangan.

Membuat pasta tentu bukan hal yang langka, banyak koki dan juru masak, terutama di bidang pasta pintar membuat pasta dari nol. Namun ada satu jenis pasta yang disebut Su Filindeu di Italia, yang punya teknik super rumit dalam membuatnya.

1 dari 5 halaman

Sudah ada selama lebih dari 300 tahun silam, resep pasta paling langka di dunia dan teknik pembuatannya yang rumit telah diturunkan oleh generasi perempuan dalam satu keluarga di Nuoro, Italia.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Pasta Italia © Diadona

Paola Abraini adalah salah satu dari segelintir wanita di Sardinia yang masih bisa membuat pasta ini. Yang membuat pasta ini sangat langka adalah dibutuhkannya kesabaran dan kerajinan untuk menarik dan melipat adonan pasta menjadi untaian yang super kecil, sampai menyerupai untaian benang.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Pasta Italia © Diadona

Saking tipisnya untaian pasta yang dibuat oleh Paola Abraini, ia bisa menghasilkan 256 helaian pasta dengan satu adonan.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Pasta Italia © Diadona

Setelah pasta mentah jadi, ia digulungkan pada permukaan kayu berbentuk lingkaran, lalu dibiarkan kering di bawah sinar matahari, atau di dalam suhu ruangan. Baru kemudian pasta bisa diolah.

5 dari 5 halaman

Ilustrasi Pasta Italia © Diadona

Keunikan dari cara mengolah pasta satu ini adalah, setelah kering, pasta dipotong-potong menjadi kepingan, baru kemudian direbus.

Beri Komentar