Sejak 1951, Mengintip Kelezatan Melegenda Mie Koclok Mang Sam

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 6 Januari 2020 15:24
Sejak 1951, Mengintip Kelezatan Melegenda Mie Koclok Mang Sam
Walau sudah berdiri puluhan tahun, Mie Koclok Mang Sam masih mejadi favorit banyak orang

Cirebon merupakan salah satu kota yang sudah dijadikan sebagai destinasi wisata selama liburan oleh banyak orang. Selain wisata yang menyegarkan mata, terdapat juga wisata yang mengenyangkan perut. Ya, apalagi jika bukan wisata kulinernya yang lezat!

Salah satu wisata kuliner yang bisa kamu coba adalah Mie Koclok Mang Sam. Lokasi tepatnya berada di Jalan Pekiringan, berseberangan dengan Apotik Pasar Balong.

Mie Koclok Mang Sam sudah melegenda bagi masyarakat kota Cirebon, lho. Gimana nggak? Mie ini sudah ada sejak 1951, dan masih bertahan sampai sekarang! Katanya, Mie Koclok merupakan singkatan dari 'Mie Khasnya Orang Cirebon yang Lebih Okay'. Menarik, kan?

1 dari 1 halaman

      View this post on Instagram

#Repost @mellyaryadi Gado-gado Ayam @ Mie Koclok Mang Sam, Jl. Pekiringan, Cirebon. Gado-gado yang dijual di mie koclok mang sam ini unik banget Isinya lontong, sedikit sayur, sedikit mie, potongan telur rebus, suiran ayam lalu diguyur kuah mie koclok dan dikasih sedikit bumbu kacang halus khas gado-gado. Diatasnya dikasih remukan kerupuk udang dan emping Enak sih. Unik aja campuran kacang sama kuah santan kental gitu Murah, 10K. Satu harga dengan mie koclok #miekoclok#Repost @mellyaryadi with @repostapp.?????Gado-gado yang dijual di mie koclok mang sam ini unik banget Isinya lontong, sedikit sayur, sedikit mie, potongan telur rebus, suiran ayam lalu diguyur kuah mie koclok dan dikasih sedikit bumbu kacang halus khas gado-gado. Diatasnya dikasih remukan kerupuk udang dan emping Enak sih. Unik aja campuran kacang sama kuah santan kental gitu Murah, 10K. Satu harga dengan mie koclok #miekoclok #gadogadoayam #cirebon #kulinercirebon #mie #noodle #miekoclokmangsam #food #dinner #vsco #vscocam #gadogado #cirebon #kulinercirebon #mie #noodle #miekoclokmangsam #food #dinner #vsco #vscocam

A post shared by Kuliner Cirebon (@kulinercirebon) on

Pendiri awal Mie Koclok ini adalah Pak Edy. Sampai sekarang, usaha kuliner tersebut sudah diwarisi secara turun-temurun dan kini dipegang oleh generasi ketiga. Tentunya, hal ini membuktikan bahwa kelezatan Mie Koclok Mang Sam ini sudah terbukti dan bertahan selama bertahun-tahun.

Keunikan kuliner ini berbeda dengan mie lainnya, yaitu kuahnya yang kental. Kuah kental tersebut adalah campuran dari santan dan tepung kanji, sehingga memberi kesan gurih. Namun, jangan sampai menunggu dingin. Santaplah saat masih panas.

Dengan menyiapkan uang Rp 18.000, kamu sudah merasakan kelezatan Mie Koclok ini. Selain Mie Koclok, ada beberapa menu lainnnya yang dijual. Di antaranya adalah Gado-gado Ayam, Bihun Gado-gado (HunDo), dan Mie Gado-gado (MieDo).

 

Kamu sudah pernah nyobain Mie Koclok Mang Sam ini? Coba kasih tahu pengalamanmu makan Mie Koclok ini kepada mereka yang belum nyobain! Tulis di kolom komentar, ya!

Beri Komentar