Resep Cara Membuat Pisang Goreng Krispy Coklat Keju dan Nugget Renyah Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 13 Januari 2020 11:55
Resep Cara Membuat Pisang Goreng Krispy Coklat Keju dan Nugget Renyah Sederhana
Pisang goreng sederhana yang di goreng biasa juga akan semakin nikmat jika ditaburi topping coklat, keju dan susu kental manis. Simak resep selengkapnya di bawah ini.

Pisang goreng merupakan makanan yang termasuk camilan ringan yang cocok disajiakan untuk hidangan tamu atau sekedar kumpul keluarga. Selain rasanya yang legit di dalam dan kriuk di luar, cara pembuatan pisang goreng terbilang m,udah dan sederhana.

Pisang goreng sederhana yang di goreng biasa juga akan semakin nikmat jika ditaburi topping coklat, keju dan susu kental manis. Yuk langsung saja simak resep cara membuat pisang goreng yang telah Diadona rangkum di bawah ini. Selamat membaca!

1 dari 7 halaman

Cara Membuat Pisang Goreng Krispi

Ilustrasi Pisang Goreng © Diadona

Olahan pisang goreng krispi memang menjadi primadona olahan pisang goreng saat ini. Langsung saja simak resep cara membuat pisang goreng krispi dijamin kriuk di bawah ini.

Bahan:
- 10 buah pisang kepok
- 250 gram tepung beras
- 3 sdm gula pasir
- 1/2 sdt kapur sirih
- 1/2 sdt baking powder
- 1/2 sdt vanili
- 1/2 butir telur ayam
- 1 sdt garam
- Minyak untuk menggoreng
- Air secukupnya

Cara membuat pisang goreng krispi:
1. Kupas pisang kepok dan belah menjadi dua bagian. Campur semua bahan krispi sampai tidak ada tepung yang menggumpal. Pastikan adonan tepuyng krispi tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.

2. Celupkan pisang kepok ke dalam adonan tepung. Goreng dalam minyak panas. Tuangkan juga sedikit adonan krispi di atas pisang yang sedang digoreng agar kriuknya banyak.

3. Goreng hingga pisang berwarna cokelat keemasan. Angkat pisang lalu tiriskan dan pisang goreng krispi siap dihidangkan.

2 dari 7 halaman

Cara Membuat Pisang Goreng Sederhana

Ilustrasi Pisang Goreng © Diadona

Pisang goreng menjadi salah satu menu jajanan dan camilan dalam menemani istirahat dan waktu santai di rumah. Simak resep cara membuat pisang goreng sederhana di bawah ini.

Bahan:
- 1 sisir buah pisang kepok matang
- 4 sdm tepung terigu
- 3 sdm tepung tapioka
- 1 sdm tepung beras
- Garam secukupnya
- Bubuk vanili secukupnya
- Gula secukupnya
- Air secukupnya

Cara membuat pisang goreng sederhana:
1. Kupas pisang dan belah jadi dua bagian. Campur tepung terigu, tepung tapioka, tepung beras dan bubuk vanili secukupnya.

2. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga membentuk adonan yang cukup encer. Tambahkan garam dan gula secukupnya.

3. Celupkan buah pisang yang telah dikupas ke dalam adonan tepung kemudian goreng dengan api sedang.

4. Goreng pisang hingga berwarna kuning keemasan dengan bagian luarnya renyah dan dalamnya matang sempurna. Angkat pisang yang telah matang dan sajikan selagi masih hangat.

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Pisang Goreng Coklat

Ilustrasi Pisang Coklat Goreng © Diadona

Pisang goreng akan sangat cocok dipadukan dengan bahan tambahan coklat blok yang lumer. Langsung saja simak resep cara membuat pisang goreng di bawah ini.

Bahan:
- 5 buah pisang kepok matang
- 60 gram tepung terigu serbaguna
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 2 sdm gula pasir
- 2 butir telur ayam (kocok lepas untuk adonan dan telur kocok untuk mencelupkan pisang)
- 20 gram susu bubuk
- Tepung roti secukupnya
- 20 gram margarin yang sudah dilelehkan
- Minyak goreng secukupnya
- Air secukupnya

Bahan isi pisang goreng coklat:
- Coklat blok (sisir halus atau diparut secukupnya)
- Gula pasir secukupnya

Cara membuat pisang goreng coklat:
1. Campurkan bahan adonan berupa tepung terigu, telur, margarin, gula, dan garam. Aduk sampai semua bahan adonan tercampur rata. Dadar adonan di atas teflon datar sampai matang. Lakukan tahap ini hingga semua adonan selesai dimasak.

2. Ambil satu lembar kulit yang sudah dimasak, letakkan pisang yang sudah dipotong kecil memanjang di atas kulit dan taburi dengan coklat dan gula pasir.

3. Gulung kulit dengan rapat, kemudian gulingkan pada tepung terigu, lalu celupkan ke telur yang sudah dikocok, gulingkan kembali pada tepung roti sampai semua permukaan tertutupi.

4. Goreng dalam minyak panas sampai berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan minyak jika sudah matang. Pisang goreng coklat siap disajikan.

4 dari 7 halaman

Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Coklat Keju

Ilustrasi Pisang Coklat Keju © Diadona

Bahan coklat dan keju selalu dapat diaplikasikan hampir diseluruh makanan bentuk jajanan dan camilan. Seperti halnya menu jajanan pisang goreng ini. Simak resep cara membuat pisang goreng crispy coklat keju di bawah ini.

Bahan:
- 1 sisir pisang kepok atau pisang uli yang belum terlalu matang
- Keju cheddar parut secukupnya
- Coklat meses secukupnya
- Susu kental manis secukupnya
- Minyak untuk menggoreng

Bahan celupan:
- 150 gram tepung terigu
- 1 sdm tepung beras
- 2 sdm gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 1/4 sdt vanili bubuk
- Air secukupnya

Bahan kremesan:
- 150 gram tepung beras
- 2 sdm tepung sagu
- 4 sdm gula pasir
- 2 butir kuning telur
- 1 sdt garam
- 1/4 sdt vanili bubuk
- Air secukupnya

Cara membuat pisang goreng cokelat keju crispy:
1. Belah pisang kepok menjadi 3 atau 4 bagian. Jangan sampai putus di salah satu ujungnya. Lebarkan ujung yang terbelah lepas sehingga membentuk seperti kipas.

2. Buat adonan celupan dengan mencampur semua bahan celupan kedalam wadah atau baskom bersih. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga merata dan membentuk adonan. Tekstur adonan untuk celupan adalah lembek namun tidak encer.

3. Buat adonan kremesan sengan mencampur semua bahan untuk kremesan kedalam wadah atau baskom. Tuang air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar tercampur merata. Tekstur adonan untuk kremesan jauh pebih encer dari adonan celupan.

4. Panaskan minyak yang banyak dengan nyala api sedang. Minyak harus sudah benar-benar panas baru pisang bisa digoreng.

5. Ambil 1 sendok sayur adonan kremesan kemudian tuang kedalam minyak panas dari jarak yang sedikit renggang sehingga adonan pecah saat bertemu minyak. Kumpulkan menggunakan spatula saat adonan sudah terangkat ke atas.

6. Ambil satu buah pisang dan celup kedalam adonan celupan. Goreng pisang dengan cara meletakannya diatas kremesan yang mengapung di permukaan minyak pada wajan. Balik dan gulingkan pisang sedemikian rupa hingga kremesan menyelimuti seluruh permukaan pisang. Lakukan hal yang sama terhadap semua sisa pisang dan adonan.

7. Goreng pisang hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan pisang goreng crispy dengan topping siraman susu kental manis, parutan keju dan coklat butiran/meses.

5 dari 7 halaman

Cara Membuat Pisang Goreng Renyah

Ilustrasi Pisang Goreng © Diadona

Apakah kamu termasuk pecinta makanan renyah di luar tapi lembut dan legit di dalam? Yap, cocok sekali jika kamu mencoba resep cara membuat pisang goreng renyah di bawah ini. Selamat mencoba!

Bahan:
- 1 sisir buah pisang kepok matang
- 4 sdm tepung terigu
- 3 sdm tepung tapioka
- 1 sdm tepung beras
- Garam secukupnya
- Bubuk vanili secukupnya
- Gula secukupnya
- Air secukupnya

Cara membuat pisang goreng renyah:
1. Kupas dan belah pisang menjadi dua bagian. Campurkan bahan tepung terigu, tepung tapioka, tepung beras dan bubuk vanili secukupnya dalam wadah yang berbeda.

2. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga membentuk adonan yang cukup encer pada wadah tersebut. Tambahkan garam dan gula secukupnya.

3. Celupkan buah pisang yang telah dikupas ke dalam adonan tepung, goreng dengan api sedang. Goreng pisang hingga berwarna kuning keemasan. Angkat pisang yang telah matang dan sajikan selagi hangat.

6 dari 7 halaman

Cara Membuat Pisang Goreng Nugget

Ilustrasi Pisang Goreng © Diadona

Nugget tidak hanya diolah dengan daging saja loh. Kamu juga bisa membuat pisang goreng nugget di rumah. Yuk simak resep yang telah Diadona ulas dalam cara membuat pisang goreng nugget di bawah ini.

Bahan:
- 10 buah pisang kepok (belah jadi 2 tidak putus)
- 5 sdm terigu
- 1 sdm tepung beras
- 1/4 sdt vanili bubuk
- 1 sdm gula pasir
- Garam secukupnya
- Air secukupnya
- Tepung panir secukupnya

Cara membuat pisang goreng nugget:
1. Jadikan satu semua bahan kering dan tambahkan air secukupnya sampai dengan kekentalan yang pas.

2. Celupkan pisang ke bahan pencelup lalu gulingkan ke tepung panir.

3. Panaskan minyak hingga benar-benar panas dengan api sedang.

4. Goreng di minyak panas sampai matang dan kuning keemasan. Angkat pisang dari penggorengan dan sajikan.

7 dari 7 halaman

Cara Membuat Pisang Goreng Madu

Ilustrasi Pisang Goreng © Diadona

Olahan pisang yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang suka makanan manis dan legit. Simak resep cara membuat pisang goreng madu di bawah ini.

Bahan:
- 1 sisir pisang kepok
- 5 sdm tepung terigu
- 1 sdm tepung tapioka
- Garam secukupnya
- Bubuk vanili secukupnya
- Air secukupnya
- Minyak goreng secukupnya

Cara membuat pisang goreng madu:
1. Campur bahan berupa tepung terigu, tepung tapioka, garam, bubuk vanili dan air secukupnya. Aduk semua bahan hingga membentuk adonan cukup encer.

2. Kupas pisang kemudian belah menjadi duabagian. Masukkan pisang ke dalam adonan tepung dan aduk rata.

3. Panaskan minyak kemudian goreng pisang yang telah berbalut tepung hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat pisang goreng yang telah matang, tiriskan dan sajikan.

Itulah beberapa resep cara membuat pisang goreng yang telah Diadona rangkum dari berbagai sumber. Tentunya membuat olahan pisang goreng cukup mudah kok. Kamu lebih memilih olahan pisang goreng yang mana? Jawab di kolom komentar ya!

Beri Komentar