Resep Cara Membuat Kue Lapis Kukus Tepung Terigu, Beras, dan Kanji yang Legit Khas Surabaya

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 14 Januari 2020 11:22
Resep Cara Membuat Kue Lapis Kukus Tepung Terigu, Beras, dan Kanji yang Legit Khas Surabaya
Banyak jenis olahan kue lapis mulai dari kue lapis yang terbuat dari kanji, tepung beras, terigu dan yang paling ditunggu adalah kue lapis Surabaya. Yuk langsung saja simak resepnya di bawah ini!

Pasti kamu sudah nggak asing lagi dengan jajanan yang satu ini. Yap, kue lapis sering ditemui pada kotak kardus makanan pada acara seperti pernikahan, arisan, syukuran atau perjamuan kerabat. Rasa yang manis dan legit selalu menjadi andalan dan hal yang ditunggu ketika menikmat jajanan ini.

Banyak juga loh jenis olahan kue lapis ini. Mulai dari kue lapis yang terbuat dari kanji, tepung beras, terigu dan yang paling ditunggu adalah kue lapis Surabaya. Penasaran bagaimana cara membuat kue lapis? Yuk langsung saja simak cara membuat kue lapis yang telah Diadona rangkum di bawah ini.

 
 
 
View this post on Instagram

@tutorialcakeandcook @doyancemalcemil Numpang lewat ya..lapis labu kuning bikinanku, pakai resep mba ayu @bunda_didi dengan sedikit aku modif Makasih untuk resepnya mba, saya share ulang ya???? . KUE LAPIS BERAS LABU KUNING & COKLAT Source : @bunda_didi Recook : @angela_hapsari . Bahan : ????300 gr Labu kuning kukus, haluskan ????250 gr Tepung beras ????75 gr Tepung Tapioka ????220 gr Gula pasir (me: 200gr) ????800 ml Santan sedang dari 1 butir kelapa ????2 lbr Daun pandan ????1/2 sdt Garam ????1/4 sdt Vanili bubuk ????1/2 sdm Coklat pasta (me: 11/2 sdm coklat bubuk) . Cara membuat : ????Rebus santan + daun pandan dengan api kecil sampai mendidih, angkat, buang pandannya dan biarkan hangat. ????Campur jadi satu santan + labu kuning lalu blender hingga halus. ???? Campur jadi satu tepung beras + tepung tapioka tambahkan gula pasir, garam dan vanili. Aduk rata ????Masukkan larutan labu kuning sambil di aduk hingga rata, lalu saring dan menghasilkan adonan yang halus. ????Bagi dua adonan, satu adonan biarkan kuning dan satunya beri coklat bubuk yg di larukan dengan sedikit air panas. ????Panaskan dandang, tuang satu bagian adonan warna kuning di loyang uk 16×16 yang sudah dilapisi plastik, kukus selama 5 menit, bungkus tutupnya dengan serbet agar tidak menetes dan gunakan api sedang. ????Tambahkan satu bagian adonan coklat, kukus lagi 5 menit. Lakukan selang seling hingga adonan habis, setelah adonan terakhir masuk, kukus selama 20 menit hingga matang. Dinginkan baru di potong2 dengan pisau yang dilapisi plastik supaya tidak rapi dan halus. ????Sajikan. . . #kuelapisberas #kue #kuetradisional #doyanbaking #shareresep #jajanantradisional #homemade #jajanan #asianfoodie #foodlovers #sweetdessert #cookpadid #angelahapsari - #regrann

A post shared by DOYANCAKE2 (@doyancake2) on

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Kue Lapis Tepung Terigu

Ilustrasi Kue Lapis © Diadona

Bahan tepung terigu memang menjadi langgangan bahan dasar di hampir setiap olahan jajanan, tak terkecuali pada kue lapis ini. Yuk simak cara membuat kue lapis kukus yang terbuat dari tepung terigu di bawah ini.

Bahan:
- 250 gram tepung terigu
- 250 gram tepung tapioka
- 250 gram gula pasir
- 1 liter santan
- Vanili secukupnya
- Garam secukupnya
- Pewarna makanan sesuai selera

Cara membuat kue lapis tepung terigu:
1. Panaskan kukusan dengan melapisi tutup kukusan dengan kain atau serbet bersih. Hal ini dilakukan agar air tidak menetes pada roti yang dibuat. Beri olesan minyak pada loyang.

2. Aduk hingga rata bahan santan dan gula Tuang dan campur secara perlahan tepung, garam, vanila dan santan secara dan dianjurkan menyaring adonan setelah tercampur. Bagi adonan menjadi dua dan beri pewarna makanan sesuai selera (bisa menggunakan warna putih dan ungu).

3. Setelah kukusan panas tuangkan adonan putih dan tunggu selama 5 menit. Selanjutnya tuangkan adonan ungu dan tunggu 5 menit. Lakukan hal ini hingga adonan habis.

4. Jika semua adonan telah terkukus semua maka tunggu kukusan selama 25 menit hingga matang. Setelah matang, keluarkan loyang dari kukusan dan diamkan hingga dingin. Jika sudah dingin keluarkan lapis dari loyang dan hidangkan.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Kue Lapis Legit

      View this post on Instagram

Suka kue lapis? di save ya? ???? ????Jangan lupa follow kami ya @racikankuliner . LAPIS LEGIT khas Pontianak . Cr @vianney_lim99 . Bahan : 300 gr butter 100 gr mentega (saya pake blueband cc) 125 gr gula pasir butiran halus 36 butir kuning telur 125 gr gula pasir butiran halus 3/4 sdm peres terigu (saya pake kunci biru) 3/4 sdm peres susu bubuk . Cara membuat : 1. Siapkan loyang lapgit yg uda dioles tipis margarin di dasar loyang dan alasi baking paper. 2. Mixer butter, mentega, gula sampe putih & lembut (saya kurleb 10 mnt), sisihkan 3. Mixer kuning telur, gula sampe mengembang, putih & kental (saya kurleb 15 mnt) 4. Campur adonan mentega ke adonan telur, terigu, susu,aduk lipat sampe tercampur rata. 5. Masukkan loyang ke dalam oven, nyalakan oven. Biarkan loyang kosong dalam oven kurleb 5 mnt. 6. Keluarkan loyang. Timbang adonan 90 gr. Tuang ke dalam loyang, ratakan. Oven dg api bawah suhu 150C kurleb 3 menit, kemudian pindahkan ke api atas 170C, panggang sampe permukaan berwarna coklat. 7. Keluarkan loyang, timbang adonan 90gr, ratakan di atas lapisan pertama, oven dg suhu 190C. Lakukan sampe adonan habis. *Kalau ada gelembung, tusuk sampe kempis, tekan ringan pake penekan kue lapis, kalau permukaan mulus gak perlu ditekan. . . #lapislegit #kuelapislegit #lapislegitkeju #kuekeranjang #kuekering #lapislegitenak #lapislegitoriginal #lapissurabaya #rotimanis #browniespanggang #cemilanmanis #rotiisi #rotisehat #rotisobek #bolutape #kuekeju #kumakumaxdapoerjgcga #kuecoklat #rollcake #kuesus #kuehantaran #kuetart #kuejadul #kuemurah #cakeenakjakarta #bolujadul #berbagiresep #resepkue #resepenak #resepkoki

A post shared by Resep Masakan & Kuliner (@racikankuliner) on

Rasa yang manis dan legit selalu menjadi sensasi tersendiri saat menikmati kue lapis yang satu ini. Jika kamu pecinta jajanan manis kamu wajib mencoba membuat olahan ini di rumah. Berikut resep cara membuat kue lapis kegit yang telah Diadona rangkum.

Bahan:
- 600 gram rumbutter
- 300 gram gula pasir
- 100 gram tepung terigu
- 30 gram butir kuning telur
- 1 sdm bumbu kue lapis legit
- 1/2 sdt vanilla bubuk atau cair

Cara membuat kue lapis legit:
1. Mixer bahan telur, vanilla dan gula pasir hingga mengembang. Masukkan bumbu kue lapis legit dan tepung terigu ke dalam adonan telur. Mixer kembali hingga semua bahan dalam adonan tercampur rata.

2. Tambahkan rumbutter dan aduk kembali hingga tercampur rata. Panaskan oven dengan suhu 200 derajat celcius. Olesi loyang dengan mentega dan alasi dengan kertas roti.

3. Masukkan adonan dalam loyang sebanyak 3 sendok makan atau hingga loyang tertutup. Panggang selama 5 menit dan kelurkan dari oven. Oleskan lagi mentega dengan menekan adonan sebelumnya agar tidak ada ruang di dalamnya.

4. Masukkan kembali adonan sebanyak 3 sendok makan atau disesuaikan dengan sebelumnya. Lakukan hal serupa hingga adonan habis.

5. Setelah adonan terakhir, lapisi bagian atas adonan dengan kertas roti. Angkat kue lapis dan potong sesuai seera. Kue lapis legit siap disajikan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras

      View this post on Instagram

Bismillaah, Posbar bersama @homemadeloversss, support host @kuesabine_bytutiputu (salam kenal mbak). KUE LAPIS TEPUNG BERAS Source : @asahid_tehyung (makasih resepnya Teh) Rebake : @setia_dini91 Bahan (saya pakai setengah resep dari resep ini) : 1200 ml santan kental dari 2 butir kelapa 400 gr tepung beras 100 gr tepung tapioka 350 gr gula pasir 1/2 sdt garam 3 lembar daun pandan Pewarna sesuai selera Cara membuat : 1. Rebus santan bersama gula pasir, pandan dan garam sampai mendidih dengan api sedang, aduk terus agar santan tidak pecah. Matikan api.Biarkan hangat. 2. Campur tepung beras dan tepung tapioka, tuang santan hangat,aduk rata, saring. 3. Bagi menjadi beberapa warna sesuai selera(saya cuma dibagi 2 bagian, satu bagian diberi pewarna merah, satu bagian lagi tetap putih). 4 Oles loyang 20x20 cm dengan minyak tipis (saya pakai loyang 20x10 karena cuma 1/2 resep),panaskan sebentar di dandang pengukus. 5. Tuang adonan merah sekitar satu sendok sayur, ratakan, kukus sekitar 5 menit tergantung tebal tipisnya adonan. Timpa dengan adonan putih dengan jumlah yang sama, kukus lagi,begitu seterusnya berselang seling hingga adonan habis. Kukus sampai matang. Dinginkan. 6. Keluarkan dari loyang, potong-potong dengan pisau yang dilapis plastik. #homemadelovers #hlfunbake #hlkue #hlfunbake142 #kuelapis #kuelapistepungberas #jajanpasar #kuebasah #kuetradisional #kue #jajanan

A post shared by Setia Dini (@setia_dini91) on

Selain tepung terigu, kamu juga bisa membuat kue lapis di rumah dengan bahan tepung beras sederhana. Langsung saja simak resep selengkapnya cara membuat kue lapis tepung beras di bawah ini.

Bahan:
- 375 gram tepung beras
- 100 gram tepung tapioka
- 250 gram gula pasir
- 1500 ml santan
- 1,5 sdt garam
- Pasta pandan secukupnya

Cara membut kue lapis tepung beras:
1. Rebus santan jangan sampai pecah dan tunggu hingga dingin. Campur semua bahan kering dan masukkan santan. Campur rata semua bahan tepung dan santan tersebut.

2. Bagi adonan menjadi dua bagian dan beri pasta pandan pada salah satu adonan. Panaskan dandang atau kukusan dan cetakan 18x18x6.

3. Kukus 100 ml adonan hijau, tunggu hingga matang, lanjutkan tuang 100 ml adonan putih, begitu seterusnya hingga habis. Kukus lagi adonan selama 25 menit setelah semua adonan masuk loyang cetakan.

4. Setelah matang angkat loyang atau cetakan dari kukusan dan tunggu hingga dingin. Potong-potong lapis dan siap dihidangkan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Kue Lapis Kanji

Ilustrasi Kue Lapis © Diadona

Tepung kanji juga bisa menjadi bahan untuk membuat kue lapis. Rasa yang manis dan kenyal akan kamu temukan pada olahan jajanan lapis kanji ini. Langsung saja simak resep cara membuat kue lapis kanji berikut.

Bahan:
- 400 gram gula pasir
- 300 gram tepung kanji
- 150 gram tepung terigu
- 1200 cc santan kelapa
- 30 gram Cokelat bubuk
- 1 sdt garam

Cara membuat kue lapis kanji:
1. Masukkan tepung terigu, tepung kanji, gula pasir dan garam ke dalam wadah besar. Tambahkan santan sedikit demi sedikit sembari di aduk hingga rata. Saring adonan supaya adonan yang dihasilkan halus dan licin. Bagi adonan menjadi dua bagian sama rata. Tambahkan coklat bubuk pada salah satu bagian adonan.

2. Siapkan loyang yang telah diolesi dengan minyak dan dialasi plastik tebal. Masukkan terlebih dahulu loyang ke dalam kukusan selama beberapa saat. Tuang adonan selapis demi selapis secara bergantian warna. Kukus adonan selama 5 menit pada setiap lapis.

4. Setelah lapisan terakhir selesai, kukus adonan selama 25 menit hingga matang. Angkat dan dinginkan pada suhu ruang. Potong kue lapis dengan menggunakna pisau yang telah dibungkus plastik terlebih dahulu. Letakkan di atas piring saji. Kue Lapis kanji siap disajikan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Kue Lapis Surabaya

Ilustrasi Kue Lapis © Diadona

Kue lapis Surabaya merupakan olahan khas yang wajib kamu dapatkan ketika berkunjung di Kota Pahlawan ini. Kamu tentunya juga bisa membuatnya sendiri di rumah loh. Langsung saja simak resep cara membuat kue lapis Surabaya berikut.

Bahan A:
- 110 gram gula halus
- 15 butir kuning telur
- 1 sdt vanilla bubuk atau cair
- 1 sdt emulsifier (SP/ TBM)
(Mixer semua bahan hingga kental, mengembang dan berwarna pucat)

Bahan B:
- 50 gram tepung protein rendah
- 15 gram susu bubuk
- 10 gram tepung maizena
(Ayak semua bahan dan masukkan dalam satu wadah)

Bahan C:
- 75 gram butter
- 75 gram margarine
- 2 sdm susu kental manis
(Mixer semua bahan hingga rata dan lembut)

Cara membuat kue lapis Surabaya:
1. Masukkan Bahan B ke dalam Bahan A sambil diaduk perlahan hingga ra. Masukkan adonan tersebut ke dalam Bahan C sambil diaduk hingga tercampur rata.

2. Tuang ke dalam loyang pesergi ukuran 22 cm x 23 cm yang telah dilapisi mentega dan kertas roti. Oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 10 menit. Naikkan suhu menjadi 190 derajat Celcius selama 10 menit lagi.

3. Angkat dan matikan oven. Lakukan hal yang sama untuk membuat lapisan cokelatnya. Letakkan lapisan kuning di atas tatakan roti. Olesi bagian atas roti dengan selai yang sesuai selera.

4. Tumpuk bagian cokelat di atas lapisan kuning. Potong kue lapis menjadi beberapa bagian dan letakkan pada piring saji. Beri topping sesuai dengan selera. Kue Lapis Surabaya telah siap disajikan.


Nah, sudah tahu kan bagaimana cara membuat kue lapis dengan berbagai bahan dasar yang bisa kamu pilih. Kalau kamu lebih suka kue lapis dengan bahan apa nih? Bagi jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar