Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Sederhana yang Benar, Special, dan Paling Enak Khas Makasar

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 4 Februari 2020 20:40
Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Sederhana yang Benar, Special, dan Paling Enak Khas Makasar
Olahan pisang yang dibalut dengan kulit hijau dan disiram dengan sirup merah menggoda campuran vla atau bubur sumsum. Nggak ada yang bisa nolak! Simak resep selengkapnya di bawah ini.

Apakah kamu termasuk pecinta olahan pisang? Jika demikian, maka kamu wajib untuk emncoba olahan pisang yang menyegarkan satu ini. Es pisang ijo merupakan olahan pisang yang dibungkus dengan kulit berewarna hijau.

Penyajiannya dilakukan dengan menambahkan vla atau bubur sumsum yang disiram dengan sirup merah yang manis menggoda. Tak lupa diberi beberapa balok es batu. Hem, dijamin menyegarkan.

Kamu tentunya juga bisa membuat olahan es pisang ijo ini di rumah. Penasarankan bagaimana cara membuatnya? Simak resep selengkapnya di bawah ini dalam cara membuat es pisang ijo sederhana  yang benar, special, dan paling enak khas Makasar. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Es Pisang Ijo Sederhana

Ilustrasi Es Pisang Ijo © Diadona

Cara membuat es pisang ijo sangatlah mudah. Kamu hanya memerlukan kulit luaran, bubur sumsum, dan sirup sebagai siraman. Yuk langsung saja simak resep cara membuat es pisang ijo di bawah ini.

Bahan kulit:
- 100 gram tepung terigu
- 100 ml air
- 1 sdt margarin
- Garam secukupnya
- Pasta pandan secukupnya
- 3 buah pisang raja ukuran sedang

Bahan vla atau bubur sumsum:
- 200 ml santan
- 25 gram gula pasir
- 3 sdt tepung terigu
- Garam secukupnya
- Vanili cair secukupnya

Bahan lain:
- Es batu atau es serut secukupnya
- Sirup DHT atau sirup cocopandan secukupnya

Cara membuat es pisang ijo sedrhana:

  1. Pertama buat kulitnya dengan merebus air, margarin, garam dan pasta pandan. Rebus hingga mendidih lalu kecilkan api, masukkan tepung terigu sambil diaduk cepat. Matikan api.
  2. Setelah adonan sudah agak dingin, remas-remas adonan hingga semua menyatu. Jika warnanya kurang hijau bisa menambahkan pasta pandan.
  3. Kupas pisang lalu bungkus dengan adonan kulit tadi. Panaskan kukusan, bungkus tutupnya dengan serbet bersih. Olesi dengan minyak di dalam wadah pisang agar pisang tidak lengket. Kukus selama 10-15 menit. Angkat dan potong-potong sesuai selera.
  4. Buat vla dengan cara rebus santan, gula, garam dan vanili cair. Aduk dengan whisker sampai mendidih. Kemudian larutkan tepung dengan air. Saat santan sudah mendidih, masukkan larutan tepung sambil diaduk terus dengan whisker sampai mengental dan mendidih. Matikan api.
  5. Siapkan mangkuk atau piring. Letakkan pisang, es batu atau es serut dan vla. Tuangkan sirupnya dan es pisang ijo pun siap disajikan.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Es Pisang Ijo yang Benar

Ilustrasi Es Pisang Ijo © Diadona

Sebagian orang mungkin takut gagal dalam membuat es pisang ijo. Eits, jangan gundah dan risau karena Diadona telah merangkum resep cara membuat es pisang ijo yang benar di bawah ini. 

Bahan:
- 10 buah pisang raja
- 1 botol sirup cocopandan
- 1 saset susu kental manis
- Es batu secukupnya

Bahan kulit:
- 90 gram tepung terigu segitiga
- 30 gram tepung tapioka
- 15 gram gula pasir
- 100 ml santan kara instan
- 175 ml air
- 3 gram garam
- 20 gram margarin cair
- 10 tetes pasta pandan
- 5 tetes pewarna hijau

Bahan bubur:
- 50 gram tepung beras
- 100 gram gula pasir
- 200 ml santan kara
- 400 ml air
- 6 gram garam
- 3 lembar daun pandan

Cara membuat es pisang ijo yang benar:

  1. Kukus pisang selama kurang lebih 20-25 menit hingga matang lalu angkat dan dinginkan. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, tepung tapioka, gula pasir dan garam, aduk rata.
  2. Masukkan santan yang sudah dicampur dengan air serta pasta pandan dan pewarna makanan. Kemudian aduk adonan hingga benar-benar rata dan tidak ada yang menggumpal. Jika ingin mendapatkan adonan yang halus, bisa disaring terlebih dahulu. Masukkan margarin yang sudah dicairkan kedalam adonan tadi. Lalu aduk kembali sampai rata.
  3. Panaskan wajan anti lengket dan sebelumnya olesi dengan sedikit margarin cair menggunakan kuas atau tissue. Tuang adonan, kurang lebih 1 sendok sayur penuh sampai menutupi semua bagian teflon. Diamkan sampai adonan berubah warna menjadi hijau tua. Lakukan sampai semua adonan habis.
  4. Adonan yang sudah dicetak, isi dengan pisang yang sudah dikukus. Untuk cara menggulung kulit, bagian kulit bawah, dibalik untuk bagian dalam. Jadi permukaan luar kulit pisang hijau bagus dan mulus. Lakukan sampai adonan kulit habis. Jika ingin kulit agak tebal, bisa dilapis dua untuk kulitnya.
  5. Buat bubur dengan cara masukkan tepung beras, gula pasir dan garam. Lalu aduk hingga rata. Masukkan santan, air, dan pandan yang diikat simpul kedalam panci. Lalu masukkan campuran tepung, gula dan garam. Aduk sampai semua larut.
  6. Nyalakan api kecil, lalu masak hingga adonan mulai mengental. Setelah adonan mulai mengental naikkan api sedang, dan masak sampai bubur meletup-letup. Kurang lebih 5 menit. Setelah matang, sisihkan dan dinginkan.
  7. Siapkan mangkuk berisi es batu, lalu masukkan bubur dan potongan pisang ijo. Kemudian tuang sirup dan juga susu kental manis. Es pisang ijo siap dihidangkan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Es Pisang Ijo Special

Ilustrasi Es Pisang Ijo © Diadona

Es pisang ijo bisa menjadi salah satu menu special yang bisa kamu buat di rumah. Olahan ini sangat cocok dihidangkan saat panas yang terik atau mungkin teman bersantai setelah pulang bekerja atau sekolah. Simak resep cara membuat es pisang ijo special di bawah ini.

Bahan:
- 8 buah pisang raja yang telah kuning
- 150 gram tepung beras
- 150 gram tepung terigu
- 60 gram gula pasir
- 300 ml santan kental
- 250 ml air perasan daun pandan
- 3 tetes pewarna hijau atau pasta pandan
- Kertas minyak secukupnya
- Daun pisang secukupnya

Bahan-bahan Vla:
- 50 gram tepung beras
- 500 ml santan kental
- 2 ikat daun pandan
- 100 gram gula pasir
- 1/2 sendok teh garam

Pelengkap:
- Es batu secukupnya
- Sirup cocopandan sesuai selera
- Susu kental manis sesuai selera

Cara membuat es pisang ijo special:

  1. Siapkan semua bahan yang diperlukan, campur air, garam, mentega dan pewarna hijau masak hingga mendidih.
  2. Kecilkan api kemudian masukkan terigu aduk cepat setelah hangat, remas-remas adonan hingga kalis, kupas pisang ambil adonan lalu pipihkan bungkus pisang dengan adonan kulit lakukan sampai selesai.
  3. Didihkan air dalam panci pengukus, kukus pisang selama 15 mnt jangan lupa lumuri wadah kukusan dengan sedikit minyak agar tidak lengket. Bungkus tutup kukusan dengan lap bersih. Campur semua bahan vla atau bubur sumsum.
  4. Masak dengan api sedang, aduk-aduk agar tidak hangus masak hingga mengental dan meletup-telup.
    Lalu angkat, potong-potong pisang taruh dalam mangkuk tambahkan vla/bubur sumsum dan es batu secukupnya. Siram dengan sirup cocopandan di atasnya, dan es pisang ijo klasik siap untuk dinikmati.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Es Pisang Ijo Paling Enak

Ilustrasi Es Pisang Ijo © Diadona

Es pisang ijo akan semakin enak dengan siraman sirup merah yang manis dan menggoda. Terbayang kan bagaimana segar dan nikmatnya es pisang ijo ketika masuk tenggorokan dan melepas dahaga? Yuk langsung saja simak resep cara membuat es pisang ijo yang teah Diadona rangkum di bawah ini.

Bahan:
- 6 buah pisang raja ataupun pisang kepok yang sudah matang
- 150 gram tepung beras
- 50 gram tepung sagu atau tepung tapioka
-10 helai daun suji
- 80 ml air
- 50 gram tepung terigu
- 80 gram gula pasir
- 200 ml santan kelapa
- Garam secukupnya

Bahan kuah:
- 150 gram tepung beras
- 10 helai daun pandan
- 80 gram gula pasir
- 80 ml air

Bahan pelengkap:
- Sirup merah, bisa menggunakan sirup cocopandan ataupun sirup rose
- Es balok yang diserut

Cara membuat es pisang ijo paling enak:

  1. Kukus semua pisang yang telah disiapkan hingga matang kemudian angkat dan sisihkan. Blender daun suji dengan air hingga halus dan tercampur rata. Saring air daun suji dan disisihkan.
  2. Campurkan air daun suji yang telah disaring dengan tepung terigu, tepung beras, tepung sagu, gula pasir, santan, serta garam kemudian aduk hingga benar-benar rata dan kalis. Bentuklah adonan tersebut menjadi bentuk lembaran tipis karena akan digunakan sebagai kulit pisang.
  3. Tata pisang yang telah dikukus pada lembaran adonan dan gulung hingga seluruh permukaan pisang tertutupi dengan adonan. Siapkan kukusan. Kukus pisang yang telah dilapisi dengan adonan hingga warnya berubah menjadi hijau. Angkat dan sisihkan.
  4. Siapkan kuah atau saus untuk sajian es. Blender daun pandan yang telah dipotong-potong dengan air hingga halus kemudian saring airnya.
  5. Siapkan panci lalu masukkan air saringan daun pandan dan tuangkan gula pasir sedikit demi sedikit serta tepung berasnya, aduk-aduk hingga rata. Aduk kuah atau saus tersebut hingga menjadi kental merata. Pastikan untuk menggunakan api kecil supaya tidak mudah gosong.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Es Pisang Ijo Khas Makasar

      View this post on Instagram    

ES PISANG IJO ini empuk dan lembut banget. Memang aslinya pisang ijo yg pernah aku cobain di Makasar ya kaya gini. Bahan: 1 sisir pisang raja yg sdh matang (sy gunakan 14 buah pisang raja bulu) 265 gram terigu 65 gram tepung beras 75 gram gula pasir 400 ml santan 200 ml juice pandan (dr 10 lembar daun pandan, tambahkan daun suji jika ada) 1 sdm pasta pandan, bila perlu 1/2 sdt garam Pelengkap: daun pisang atau aluminium foil, potong persegi sesuai ukuran pisang Cara: Campur bahan kering dlm sebuah panci, masukkan cairan perlahan. Aduk dgn hand whisk sampai rata, tidak bergerindil. Panaskan sambil diaduk dgn sendok kayu hingga mengental dan kalis. Angkat dari api, aduk kembali hingga benar2 kalis. Siapkan daun pisang/aluminium foil, olesi minyak tipis2. Olesi jg tangan/sarung tangan plastik dgn minyak tipis2. Ambil adonan hijau secukupnya di atas daun pisang/aluminium foil, ratakan. Letakkan pisang di atasnya lalu bungkus dgn adonan hijau. Rapikan lalu tutup rapat bungkus daunnya, lakukan hingga habis. Kukus selama 20-30 menit. Angkat, buka bungkus daun saat ingin disajikan agar adonan hijau tidak kering/keras. Simpan di kulkas tanpa membuka pembungkus agar tetap lembut keesokan harinya. Bahan saos santan: 135 gram tepung beras putih 100 gram gula pasir 400 ml santan kental 1 L air putih (sesuaikan kekentalan yg diinginkan) 1/2 sdt garam 2 lembar daun pandan, simpulkan Cara: Campur bahan kering dlm satu panci, masukkan air perlahan lalu aduk rata dgn hand whisk hingga tidak bergerindil. Panaskan sambil diaduk sampai kental, masukkan santan, aduk kembali hingga rata. Tambahkan air bila dirasa perlu, aduk hingga mendidih. Sajikan pisang ijo dgn saos santan, sirop pisang dan es batu. Semoga bermanfaat. By @mbaiyya #pisangijo #reseppisangijo #espisangijo #resepespisangijo #espisangijomakassar #resepespisangijomakassar #pisangijomakassar #reseppisangijomakassar #espisangijomakasar #resepespisangijomakasar #pisangijomakasar #olahanpisang #pisangcoklat #pisanglovers #pisangenak #pisangcaramel

A post shared by kulinermamakece (@kulinermamakece) on

Olahan menyegarkan dan khas pisang ijo ini dikenal berasal dari daratan Makasar. Yap, tak perlu pergi ke sana jika ingin menikmati kesegarannya. Kamu juga bisa membuat es pisang ijo ini di rumah. Simak resep cara membuat es pisang ijo di bawah ini!

Bahan:
- 1 sisir pisang raja yang sudah matang
- 265 gram terigu
- 65 gram tepung beras
- 75 gram gula pasir
- 400 ml santan
- 200 ml juice pandan
- 1 sdm pasta pandan
- 1/2 sdt garam

Pelengkap:
Daun pisang atau aluminium foil, potong persegi sesuai ukuran pisang

Cara membuat es pisang ijo khas Makasar:

  1. Campur bahan kering dalam sebuah panci, masukkan cairan secara perlahan. Aduk dengan hand whisk sampai rata dan tidak bergerindil.
  2. Panaskan sambil diaduk dengan sendok kayu hingga mengental dan kalis. Angkat dari api, aduk kembali hingga benar-benar kalis.
  3. Siapkan daun pisang/aluminium foil, olesi minyak tipis-tipis. Olesi juga tangan/sarung tangan plastik dgn minyak tipis-tipis.
  4. Ambil adonan hijau secukupnya di atas daun pisang/aluminium foil, ratakan. Letakkan pisang di atasnya lalu bungkus dgn adonan hijau. Rapikan lalu tutup rapat bungkus daunnya, lakukan hingga habis.
  5. Kukus selama 20-30 menit. Angkat, buka bungkus daun saat ingin disajikan agar adonan hijau tidak kering/keras. Simpan di kulkas tanpa membuka pembungkus agar tetap lembut keesokan harinya.

Bahan saos santan:
- 135 gram tepung beras putih
- 100 gram gula pasir
- 400 ml santan kental
- 1 liter air putih
- 1/2 sdt garam
- 2 lembar daun pandan, simpulkan

Cara membuat es pisang ijo untuk saus santannya:

  1. Campur bahan kering dalam satu panci, masukkan air perlahan lalu aduk rata dengan hand whisk hingga tidak bergerindil.
  2. Panaskan sambil diaduk sampai kental, masukkan santan, aduk kembali hingga rata. Tambahkan air bila dirasa perlu, aduk hingga mendidih. Sajikan pisang ijo dengan saos santan, sirup pisang dan es batu.

Nah, itulah resep cara membuat es pisang ijo yang wajib kamu buat sendiri di rumah. Terbayangkan bagaimana kamu akan mempersiapkan segala bahan dan perlengkapan membuatnya? Semoga berhasil!

Beri Komentar