Resep Cara Membuat Donat Goreng Tanpa Ragi Tekstur Empuk dan Lembut dengan Cara Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 20 Januari 2020 18:08
Resep Cara Membuat Donat Goreng Tanpa Ragi Tekstur Empuk dan Lembut dengan Cara Sederhana
Olahan donat manis dengan tekstur lembut dan empuk yang menggoda ini banyak diminati sebagai hidangan acara keluarga dan saat santai. Yuk simak resep selengkapnya di bawah ini!

Donat merupakan olahan yang termasuk dalam kategori roti dan kue, terbuat dari bahan dasar tepung yang dibulatkan dengan ciri bolong ditengahnya. Banyak varian topping donat selain meses coklat dan warna-warni seperti keju, selai, dan beberapa rasa yang mampu menggugah selera.

Jika kamu biasanya membeli olahan manis ini di lapak atau kedai roti dan kue, maka nggak ada salahnya kamu mencoba membuat olahan ini dengan variasi yang berbeda di rumah. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk langsung saja simak rangkuman selengkapnya dalam cara membuat donat goreng di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Donat Goreng Tanpa Ragi

Ilustrasi Donat Goreng © Diadona

Olahan roti biasanya dibuat dengan menggunakan ragi untuk proses fermentasi. Tak terkecuali dengan olahan roti ini. Tapi, kamu juga bisa membuat donat tanpa menggunakan bahan ragi loh. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk simak resepnya di bawah ini dalam car membuat donat goreng tanpa ragi.

Bahan:

- 250 gram tepung terigu
- 2 sdm maizena
- 3 sdm gula pasir
- 1 sdt fermipan
- 3 sdm mentega
- 200 ml air dingin

Cara membuat donat goreng tanpa ragi:

  1. Campur semua bahan kemudian uleni hingga bener-benar kalis. Tutup menggunakan kain selama kurang lebih satu jam.
  2. Jika adonan sudah mengembang maka tusuk menggunakan jari hingga kempis. Cetak adonan donat menjadi bulat kemudian lubangi bagian tengahnya dan diamkan adonan selama 5 menit.
  3. Goreng donat yang sudah mengembang dan dibentuk dalam minyak yang banyak dan bara api sedang. Goreng hingg warna berubah kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Beri topping sesuai selera.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Donat Goreng Sederhana

Ilustrasi Donat Goreng © Diadona

Olahan donat merupakan makanan yang selalu dinanti dalam setiap acara besar dan acara keluarga. Makanan yang biasa hanya dinikmati toppingnya saja oleh anak-anak ini merupakan olahan roti yang nggak akan bisa dilupakan. Yuk langsung saja simak resep cara membuat donat goreng di bawah ini.

Bahan:

- 300 gram tepung terigu protein tinggi
- 120 gram tepung terigu protein sedang
- 1 sdt ragi instan
- 15 gram susu bubuk
- 40 gram gula halus
- 1 butir telur ayam
- 225 ml air es
- 30 gram margarin
- 1 sdt garam

Bahan topping:

- Coklat batangan yang dilelehkan
- Margarin dan gula halus
- Selai

Cara membuat donat goreng sederhana:

  1. Campur bahan tepung terigu, susu bubuk, ragi instan dan gula halus. Aduk bahan tersebut hingga tercampur rata. Tambahkan telur dan air es sedikit demi sedikit.
  2. Uleni adonan hingga menjadi kalis. Masukkan margarin dan garam. Uleni lagi adonan sampai elastis.
  3. Tutupi adonan menggunakan kain dan diamkan di tempat hangat suhu ruang selama 15 menit. Tinju dan uleni lagi kemudian diamkan kurang lebih 10 menit hingga adonan mengembang sempurna.
  4. Tinju-tinju adonan lalu bentuk adonan menjadi lingkaran. Bisa menggunkaan cetakan donat dengan ambil adonan seberat kurang lebih 40 gram sama rata.
  5. Letakkan adonan yang telah terbentuk dengan diberi jarak pada wadah datar. Tutupi dengan kain dan diamkan selama 30 menit.
  6. Goreng adonan donat dalam minyak panas dan api kecil sampai kuning keemasan. Angkat dan tiriskan donat kemudian beri topping sesuai selera.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Donat Goreng Lembut dan Empuk

Ilustrasi Donat Goreng © Diadona

Donat yang sering kita makan memang memiliki rasa manis dan tekstur lembut juga empuk. Inilah yang menjadi alasan olahan roti donat menjadi andalan dan primadona hidangan di meja. Kamu juga bisa membuat olahan donat di rumah dengan tekstur yang lembut dan empuk loh. Penasarankan bagaimana cara membuatnya? Simak resep cara membuat donat goreng lembut dan empuk di bawah ini.

Bahan:

- 300 gram tepung terigu protein tinggi
- 50 gram susu bubuk
- 1 sdm ragi instant
- 100 gram kentang kukus haluskan dan dinginkan
- 75 gram gula pasir
- 1 sdm mentega
- 1/2 sdt garam
- 2 butir kuning telur
- 100 ml air hangat /air dingin bisa kurang bisa lebih

Toping:

- Dark Chohlate Cooking secukupnya
- Cokelat Putih secukupnya
- Kacang Tanah Goreng secukupnya
- Kacang Almond secukupnya
- Mentega secukupnya
- Meses Warna secukupnya

Cara membuat donat goreng lembut dan empuk:

  1. Campur bahan tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk hingga rata. Masukkan kentang halus dan tambahkan telur dan air dingin / air hangat. Campur dan uleni adonan hingga rata dan setengah kalis.
  2. Tambahkan mentega dan garam lalu uleni terus hingga kalis elastis. Diamkan selama 15 menit. Ambil adonan dan giling tipis kurang lebih 1-1,5 cm. Angkat dan balik adonan kemudian giling kembali secara perlahan.
  3. Gunakan cetakan donat untuk membentuk donat berlubang di tengah. Angkat perlahan dan pindahkan ke alas datar yang sudah ditaburi terigu. Lakukan pada semua adonan hingga habis. Tunggu adonan mengembang dua kali lipatnya.
  4. Siapkan minyak goreng sebanyak 1/2 atau 3/4 permukaan wajan. Nyalakan kompor dengan api kecil, lalu goreng donat ketika minyak sudah terasa hangat. Angkat dan tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat (atau sesuai selera).

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Donat Goreng yang Mudah

      View this post on Instagram

Donat Empuk By: @rachmadidi Bahan A : 450gr terigu pro tinggi 50gr tepung pro sedang 80gr gula pasir 11gr ragi (pastikan baru) 3sdm susu bubuk Bahan B : 2 kuning telur kocok lepas 220-230ml air es/dingin Bahan C : 100gr margarin dicairkan 1/2sdt garam Cara 1. Dalam bowl besar campur bahan A sampai rata. 2. Masukkan kuning telur aduk-aduk sampai tercampur lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diulen (dengan mixer atau manual) sampai tahap setengah kalis. 2. Tambah bahan C lanjut ulen hingga WP/kalis elastis. 3. Tutup dengan plastik wrap lalu proofing selama 30-45 menit sampai mengembang dua kali lipat (lamanya waktu sesuai suhu). 4. Kempiskan adonan untuk mengeluarkan udara. 5. Timbang adonan sesuai selera (saya @ 40 gr) lalu gilas pelan dan rounding/bulatkan. 6. Letakkan setiap bulatan di tempat yang sudah ditabur tepung. 7. Proofing kembali sampai ukuran adonan mengembang 2x lipat. 8. Panaskan minyak dalam teflon, api sedang cenderung kecil. 9. Lubangi tengahnya dengan jari/cetakan lalu goreng donat sampai matang (cukup 1x balik supaya tidak menyerap banyak minyak). 10. Setelah donat suhu ruang, beri coklat leleh dan hias suka-suka lalu sajikan. #donatempuk #resepdonatempuk #resepdonatgoreng #donathias #donatempukbanget #donatempuklembut #donathomemade???????? #kreasidapurmamadidi #foodstagram #foodie #foodblogger #foodphotography #foodiesofinstagram #likeforlikes #likeforfollow #likeforlikeback #likeforlikebackalways #likers #anekareseproti #resepcemilan

A post shared by Mama Didi (@rachmadidi) on

 

Berikut Diadona ulas cara membuat donat goreng yang mudah untuk kamu praktikkan di rumah. Langsung saja simak resepnya di bawah ini.

Bahan A:

- 450 gram terigu protein tinggi
- 50 gram tepung protein sedang
- 80 gram gula pasir
- 11 gram ragi (pastikan baru)
- 3 sdm susu bubuk

Bahan B:

- 2 kuning telur kocok lepas
- 220-230ml air es/dingin

Bahan C:

- 100 gram margarin dicairkan
- 1/2 sdt garam

Cara membuat donat goreng yang mudah:

  1. Campur bahan A dalam wadahg sampai rata. Masukkan kuning telur dan aduk-aduk sampai tercampur kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diulen (dengan mixer atau manual) sampai tahap setengah kalis.
  2. Tambahkan bahan C lanjutkan untuk mengulen i hingga kalis elastis. Tutup dengan plastik wrap lalu proofing selama 30-45 menit sampai mengembang dua kali lipat (lamanya waktu sesuai suhu).
  3. Kempiskan adonan untuk mengeluarkan udara. Timbang adonan sesuai selera atau bisa dengan berat masing-masing 40 gram. Lalu gilas pelan dan rounding/bulatkan.
  4. Letakkan setiap bulatan di tempat yang sudah ditabur tepung. Proofing kembali sampai ukuran adonan mengembang dua kali lipat.
  5. Panaskan minyak dalam teflon, api sedang cenderung kecil. Lubangi tengahnya dengan jari/cetakan lalu goreng donat sampai matang cukup satu kali balik supaya tidak menyerap banyak minyak. Angkat dan tiriskan kemudian beri topping sesuai selera setelah dingin.

Itulah beberapa resep cara membuat donat goreng yang sederhana dengan beberapa topping yang bisa menjadi pilihan kamu dalam membuatnya. Bagaimana menurut kamu tentang olahan roti donat ini? Share hawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar