Resep Cara Membuat Dadar Gulung Pisang Coklat dan Telur Sederhana agar Tidak Pecah

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 13 Januari 2020 07:56
Resep Cara Membuat Dadar Gulung Pisang Coklat dan Telur Sederhana agar Tidak Pecah
Jajanan dadar gulung yang identik dengan warna hijau dengan isian kelapa muda parut yang dimasak dengan gula merah. Kamu juga bisa membuatnya di rumah, simak resepnya di bawah ini yuk!

Identik dengan warna hijau dengan isian kelapa parut manis, dadar gulung menjadi idola semua kalangan. Kuliat yang lembut dan isian yang nikamat menjadikan makanan ini menjadi pilihan hidangan acara keluarga.

Tidak hanya dengan isian kelapa muda dan gula merah, dadar gulung juga bisa diisi dengan isian pisang dan meses coklat. Penasaran bagaimana cara membuat dadar gulung yang lembut dan tidak pecah? Yuk langsung saja simak resep cara membuat dadar gulung yang telah Diadona ulas di bawah ini.

1 dari 6 halaman

Cara Membuat Dadar Gulung agar Tidak Pecah

Ilustrasi Dadar Gulung © Diadona

Sebagian orang merasa gagal saat membuat dadar gulung karena kulit yang dibuat akan mudah pecah. Tapi kamu jangan khawatir karena Diadona telah merangkup resep cara membuat dadar gulung agar tidah mudah pecah di bawah ini.

Bahan:
- 115 gram tepung terigu protein tinggi
- 10 gram coklat bubuk
- 20 gram tepung tapioka (sagu tani)
- 1 butir telur
- 300 ml air
- 1/2 sdt garam
- 30 gram margarin (cairkan)
- 6 buah pisang, kukus, lalu belah
- 100 gram chocolate spread/meises
- pasta coklat

Cara membuat dadar gulung agar tidak pecah:
1. Ayak dan campur bahan tepung terigu, coklat bubuk, tepung tapioka, dan garam. Kemudian masukkan telur didalam wadah tersebut.

2. Tuangkan air secara perlahan sambil terus diaduk rata. Saring hingga tidak ada tepung yang bergerindil.

3. Tuangkan margarin cair dan aduk lagi hingga rata dan licin. Panaskan wajan datar berdiameter 20 cm dengan api kecil.

4. Tuangkan 1,5 sendok sayur adonan. Tunggu sebentar saja hingga set lalu angkat. Selagi masih panas, beri potongan pisang, chocolate spread, lalu lipat seperti amplop. Dadar gulung siap disajikan.

Catatan:
1. Jangan lupa adonan disaring.
2. Supaya didapatkan kulit dengan tekstur yg bopeng, wajan harus cukup panas.
3. Supaya kulit ketika dilipat tidak patah, kulit harus tipis, jangan dipanggang sampe garing dan melipatnya harus dalam keadaan panas/hangat.

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Dadar Gulung Pisang Coklat

Sebagian besar jajanan dadar gulung yang kita ketahui memang terbuat dari isian kelapa muda parut yang dimasak dengan gula merah. Tapi kamu juga bisa mengganti isian dadar gulung dengan pisang dan coklat. Berikut Diadona rangkum dalam cara membuat dadar gulung pisang coklat.

 

      View this post on Instagram

Dadar gulung pisang coklat keju by Inggy Citrasari Bahan: 6 sdm tepung Segitiga biru 4 sdm gula pasir 2 bungkus susu bubuk coklat/Delfi Hot Cocoa (sekitar 5-6 sdm) 1 butir telur 1 sdm margarin yang sudah dicairkan 150 ml susu (saya pake susu kotak 225 ml rasa fullcream) 3 buah pisang raja (potong jadi 2 bag, belah lagi jadi 2 sisi) Langkah Masukan tepung dan susu bubuk/coklat bubuk ke wadah. Aduk hingga rata. Masukan telur dan gula pasir ke wadah lainnya, aduk sampai agak kaku (saya ngga bisa sampe kaku banget sih, soalnya ngaduknya manual..huhuhu) Masukan susu cair (karna saya pake susu kotak yg isi 225 ml, jadi tuang aja kira2 3/4 nya ya) ke dalam adonan telur dan gula. Aduk sampe tercampur. Campurkan adonan telur-gula-susu ke dalam adonan tepung-susu bubuk, kemudian masukan margarin Aduk sampe tercampur merata. Pastikan jangan terlalu encer/kental ya.. Panaskan teflon anti lengket, pasang api kecil aja ya.. Pastikan teflon sudah panas sebelum memasukan adonan Masukan adonan menggunakan sendok sayur, ratakan adonan supaya ketebalannya sama.Perhatikan api apabila terlalu besar/teflon sudah terlalu panas biasanya adonan cepet kering. Posisi adonan masih diatas teflon, masukan taburan ceres, parutan keju, dan pisang. Lipat sisi bawah, kiri, kanan menutupi pisang kemudian gulung. Oke sip Siap diangkat buibu..

A post shared by Resep Masak Pedia (@resepmasakpedia) on

Bahan:
- 250 gram tepung terigu serbaguna
- 500 ml susu cair
- 2 sdm margarin cair
- 2 butir telur
- 3 sdm cokelat bubuk
- 60 gram gula halus
- 1 sdt baking powder
- Sedikit vanila bubuk
- Garam secukupnya

Bahan Isian:
- 4 buah pisang
- Margarin (secukupnya untuk memanggang)
- Meses cokelat (secukupnya)
- Gula pasir (secukupnya)

Cara membuat dadar gulung pisang coklat:
1. Panggang pisang dengan margarine di dalam pan dengan api sedang lalu taburi dengan gula pasir secukupnya kemudian isihkan.

2. Ayak tepung terigu, baking powder, vanila bubuk dan cokelat bubuk. Tambahkan gula halus, susu cair dan telur. Aduk rata semua bahan menggunakan whisk, lalu masukkan campuran tepung, aduk hingga rata. Saring adonan jika masing bergerigil kemudian sisihkan.

3. Dadar adonan tipis-tipis. Lakukan sampai donan habis dan sisihkan. Ambil satu lembar dadar dan isi dengan pisang lalu taburi meses dan lipat adonan. Lakukan sampai habis, lalu bisa di siram dengan cokelat ganache.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Dadar Gulung Coklat

Dadar gulung memang identik dengan kulit yang berwarna hijau muda yang segar. Selain itu ada pula kulit dadar gulung berwarna coklat yang menggugah selera. Yuk langsung saja simak resep cara membuat dadar gulung coklat di bawah ini.

Bahan:
- 125 gr tepung terigu pro sedang
- 350 ml air
- 1,5 sdm margarin dicairkan
- 1 sdm tepung tapioka
- 2 sdm coklat bubuk
1 sdm gula pasir/sesuai selera
1/4 sdt garam dan 1 butir telur

Bahan isi :
- Meses
- Pisang raja

Cara membuat dadar gulung coklat:
1. Kupas pisang, potong sesuai selera dan panggang menggunakan teflon dengan sebelumnya olesi 1 sdm margarin.

2. Buat kulit dengan menambahkan tepung terigu, coklat bubuk, gula pasir, tepung tapioka, garam sedikit saja kemudian campur sampai rata. Tambahkan satu butir telur dan aduk lagi. Tambahkan air dan campur lagi hingga benar-benar merata.

3. Terakhir tambahkan margarin cair dan campur hingga benar-benar merata. Saring adonan untuk emnghilangkan adonan yang bergerindil supaya menghasilkan adonan dengan kulit yang lembut.

4. Olesi sedikit margarin dan ambil satu sendok sayur adonan kulit dan putar-putar. Tunggu hingga adonan sedikit kering. Lakukan hingga semua adonan habis.

5. Selagi panas isi kulit dengan pisang dan meses kemudian lipat seperti melipat amplop. Lakukan hingga kulit habis.

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Dadar Gulung Telur

Ilustrasi Dadar Gulung Telur © Diadona

Selama ini kamu mungkin lebih sering memasak telur dengan dimasak biasa atau diceplok. Untuk menambah variasi menu makan telur, kamu juga bisa memasak telur dengan cara didadar lalu digulung loh. Yuk simak cara membuat dadar gulung telur di bawah ini.

Bahan:
- 3 buah telur
- Garam secukupnya
- Merica secukupnya
- Daun bawang secukupnya
- Wortel (potong dadu kecil)

Cara membuat dadar gulung telur:
1. Panaskan wajan anti lengket dengan api kecil. Tuangkan 1 sendok teh minyak pada wajan dan ratakan dengan kuas masak atau tisu dapur.

2. Setelah wajan panas masukkan setengah bagian kocokan telur, tunggu hingga setengah matang.
Saat bagian atas telur masih basah segera taburkan wortel dan daun bawang, lalu gulung hingga padat. Sisihkan di pinggir wajan.

3. Tuangkan sisa kocokan telur di sisi wajan yang masih kosong, tunggu hingga setengah matang.
Ambil gulungan dadar berisi wortel dan balut dengan telur dadar yang sudah setengah matang. Gulung lagi.

4. Bolak-balik gulungan dadar hingga matang, namun jangan terlalu lama agar permukaan dadar gulung tidak kering. Angkat, tunggu hingga agak dingin lalu iris sesuai selera.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Dadar Gulung Pisang

Ilustrasi Dadar Gulung © Diadona

Olahan pisang memang tidak akan ada habisnya. Banyak sekali jajanan yang selama ini kita  nikmati dan terbuat dari buah pisang yang kaya akan nutrisi ini. Yuk simak pula cara membuat dadar gulung pisang yang telah Diadona rangkum di bawah ini.

Bahan:
- 100 ml susu cair
- 3 sdm tepung protein sedang
- 1 butir telur
- 2 sdm madu
- 1 sdm cokelat bubuk
- garam sejumput
- 1 sdm olive oil

Bahan isian:
- 2 pcs pisang nangka potong bagi 8
- cokelat meses secukupny
- Susu kental manis

Cara membuat dadar gulung pisang:
1. Campur semua bahan kulit adonan, aduk-aduk hingga tercampur rata kemudian saring.

3. Panaskan teflon dan oles mengunakan margarin kemudian tuang adonan. Tunggu hingga matang kemudian angkat.

4. Tata pisang, meses dan beri susu kental manis. Gulung seperti melipat amplop. Teruskan hingga adonan habis.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Dadar Gulung Sederhana

Ilustrasi Dadar Gulung © Diadona

Membuat dadar gulung terbilang sangat sederhana. Hanya dengan menyiapkan bahan utama seperti tepung terigu, penyedap rasa, dan isiannya, dadar gulung siap untuk dimasak diatas teflon dengan margarin. Yuk simak saja langsung cara membuat dadar gulung sederhana di bawah ini.

Bahan kulit:
- 150 gram tepung protein tinggi
- 300 ml air
- 2 sdm endapan jus pandan
- 1 sdm santan instan
- Garam secukupnya

Bahan isi:
- 150 gram kelapa parut setengah tua
- 100 gram gula merah
- 50 ml air
- 1 lembar daun pandan
- Garam secukupnya

Cara membuat dadar gulung sederhana:
1. Buat bahan isi dengan memanaskan air dan gula merah hingga gula larut kemudian disaring. Masak kembali air gula merah dan beri daun pandan juga garam.

2. Masukkan kelapa parut dan masak hingga tercampur rata. Sisihkan bila air sudah menyusut.

3. Untuk bahan kulit, campur air dan endapan jus pandan. Lalu aduk rata. Campurkan bahan tepung, garam dan santan instan lalu tambahkan air pandan aduk sampai tidak bergerindil.

4. Panaskan teflon, beri sedikit olesan minyak. Ambil 1 sendok sayur adonan kulit lalu tuang sambil diputar. Masak hingga kulit mulai kering.

5. Setelah kulit selesai, siap digunakan. Ambil 1 sdm unti lalu lipat dan bungkus. Lakukan hingga kulit dan unti habis.

Beri Komentar