Resep Cara Membuat Cupcake Kukus Lucu Rasa Coklat dan Oreo hingga Cupcake Ultah Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 15 Januari 2020 13:58
Resep Cara Membuat Cupcake Kukus Lucu Rasa Coklat dan Oreo hingga Cupcake Ultah Sederhana
Hiasan warna-warni butter cream yang ada di topping menjadikan kue ini memiliki daya tarik tersendiri. Penasaran bagaimana cara membuat cupcake manis dan lucu? Simak resep selengkapnya di bawah ini!

Cupcake merupakan kue berbentuk mungil dan cantik yang dibuat dengan bahan adonan kue dan dicetak dalam papper cup. Cupcake memiliki tampilan yang hampir mirip dengan muffin, tetapi memiliki tekstur yang lebih ringan.

Hiasan warna-warni butter cream yang ada di topping menjadikan kue ini memiliki daya tarik tersendiri. Banyak orang yang tergoda karena melihat tampilan lucu dan fresh dari capcake. Oleh karena itu, kunci membuat cupcake adalah terletak pada hiasan topping ini. Penasaran bagaimana cara membuat cupcake yang lucu dan cantik? Yuk langsung saja simak resep yang telah Diadona rangkum di bawah ini. Selamat membaca!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Cupcake Kukus Lucu

Ilustrasi Cupcake Lucu © Diadona

Siapa sih yang tidak tegoda dengan makanan cantik yang satu ini. Cupcake manis yang lucu penuh warna membuat kamu ingin membuatnya. Langsung saja simak resepnya di bawah ini dalam cara membuat cupcake kukus lucu. Selamat mencoba!

Bahan:
- 200 gram tepung terigu serba guna
- 100 gram unsalted butter (mentega tawar)
- 2 butir telur
- 180 gram gula kastor (bisa pakai gula pasir biasa)
- 1 sdt baking powder
- 125 ml susu cair
- 1 sdt vanilla extract

Butter Cream:
- 250 gram butter
- 150 gram icing sugar
- 3 sdm susu cair
- 1 sdt vanilla extract
- Pewarna makanan secukupnya

Cara membuat cupcake kukus lucu:

  1. Mix unsalted bahan butter, gula, dan vanilla dengan mixer hingga mengembang juga berwarna pucat. Masukkan telur satu persatu kemudian mixer hingga tercampur rata dan kental.
  2. Masukkan tepung terigu yang telah dicampur baking powder dan tambahkan pula dengan susu cair. Campur semua bahan tersebut dengan mixer kecepatan rendah.
  3. Tuang adonan kedalam cetakan cupcake yang telah dilapisi cup cases, kukus menggunakan pengukusan selama 20-3- menit. Jika telah matang segera Angkat dan biarkan dingin.

Butter cream:

  1. Mix butter sampai rata dan mengembang kemudian tambahkan icing sugar dan mix dengan mixer kecepatan tinggi sampai berwarna putih. Tambahkan bahan vanilla dan susu cair.
  2. Mixer kembali sampai adonan butter cream kental, mengembang dan berwarna putih. Bagi butter cream menjadi 3 wadah, satu beri pewarna hitam, sedikit saja kurang lebih 3 sdm. Satunya warna merah dan satunya biarkan putih.
  3. Masukkan ke dalam 3 buah piping bag beri spuit bintang yang kecil, lalu semprotkan ke atas cupcake. Cupcake kukus lucu siap dihidangkan.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Cupcake Coklat

Ilustrasi Cupcake Coklat © Diadona

Rasa coklat memang menjadi langganan hampir disetiap olahan kue dan roti. Hal ini pun juga berlaku pada olahan kue lucu cupake ini. Langsung saja simak rangkuman resep cara membuat cupcake coklat di bawah ini.

Bahan:
- 100 gram margarin (lelehkan)
- 3 butir telur ayam
- 100 gram gula pasir
- 50 gram susu bubuk
- 1 sdt cake emulsifier
- 1/2 sdt baking powder
- 100 gram tepung terigu
- 80 gram cokelat batang (lelehkan)

Cara membuat cupcake coklat:

  1. Kocok telur dengan gula pasir hingga mengembang.
    Masukkan cake emulsifier sambil terus dikocok hingga pucat.
  2. Tambahkan susu bubuk, baking powder dan tepung terigu sambil diaduk hingga merata. Masukkan juga cokelat dan margarin yang sudah dilelehkan kemudian aduk rata.
  3. Tuang adonan kue ke dalam cup yang sudah disiapkan dan dilapisi dengan cup kertas. Kukus hingga kue benar-benar matang lalu diangkat dan sajikan dengan berbagai topping sesuai selera.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Cupcake Oreo

Ilustrasi Cupcake Oreo © Diadona

Jika kamu pencinta rasa manis dan sensasi kremes, maka cupcake oreo ini cocok untuk dijadikan makanan teman bersantai. Simak langsung cara membuat cupcake oreo di bawah ini.

Bahan:
- 2 butir telur ukuran besar (suhu ruang)
- 1/2 cup gula pasir
- 1/2 cup minyak sayur
- 1/2 cup buttermilk (campuran susu dan air lemon)
- 1 1/4 cup tepung serbaguna
- 1 1/4 sdt baking powder
- 1/2 sdt baking soda
- 1/2 sdt garam
- 1 1/2 sdt vanilla esens
- 12 keping Oreo (pisahkan creamnya). Pukul-pukul kepingan Oreo dengan potato masher/penggiling adonan.

Cara membuat cupcake Oreo:

  1. Campur bahan tepung, baking powder, baking soda, dan garam dalam wadah terpisah. Kocok 2 buah telur menggunakan mixer kecepatan sedang selama 20 detik.Masukkan gula kemudian lanjutkan mengocok dengan mixer kecepatan sedang selama 30 detik.
  2. Tambahkan vanilla dan minyak, kocok selama 1 menit. Turunkan kecepatan mixer dan masukkan campuran tepung dan buttermilk secara bergantian. Kocok hingga tercampur dan tidak perlu terlalu lama. Buatlah tektur adonan sedikit kental.
  3. Masukkan kepingan Oreo yang sudah dihancurkan. Aduk dengan spatula hingga rata. Tuang kedalam cetakan cupcake yang sudah diberi cupcake liner sebanyak setengah cup. Jangan terlalu penuh karena adonan akan mengembang. Panggang dalam oven 350 derajat Fahrenheit selama 15 menit atau hingga matang sempurna.

Resep buttercream:
Bahan:
- 2 cup gula halus
- 1/2 cup unsalted butter (suhu ruang)
- 1 sdt vanilla essence
- 2 sdm susu
- 1 cup remahan kepingan Oreo (pakai food processor)

Cara membuat:

  1. Kocok butter hingga lembut dengan menggunakan mixer. Tambahkan vanilla essence. Masukkan gula dan kocok dengan kecepatan rendah secara bertahap.
  2. Masukkan susu dan kocok dengan kecepatan tinggi hingga buttercream tampak lembut sekitar 5 menit.
  3. Masukkan remahan kepingan Oreo. Aduk hingga rata menggunakan spatula. Masukkan ke dalam piping bag yang sudah diberi tip Wilton 1M di ujungnya.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Cupcake Sederhana

Ilustrasi Cupcake Sederhana © Diadona

Sebenarnya cara membuat cupcake terbilang mudah. Kamu tentunya bisa membuatnya sendiri di rumah. Yuk langsung saja simak resep selengkapnya di bawah ini dalam cara membuat cupcake sederhana.

Bahan:
- 3 butir telur
- 100 gram gula kastor
- 130 gram tepung terigu serba guna
- 1/8 sdt garam
- 50 ml susu cair
- 50 ml minyak sayur
- Secukupnya selai coklat untuk filling
- Secukupnya buttercream untuk topping

Cara membuat cupcake sederhana:

  1. Kocok bahan telur dan gula hingga mengembang dan kental. Masukkan tepung terigu, coklat bubuk dan garam yang telah diayak bergantian dengan susu cair dan minyak sayur. Campur dengan mixer berkecepatan rendah hingga adonan rata.
  2. Masukkan adonan ke dalam cupcake case. Panggang 25 menit dengan suhu 180°C atau sesuaikan dengan oven masing-masing.
  3. Lubangi cupcake dengan menggunakan spuit lalu semprotkan selai cokelat ke dalamnya dan tutup kembali. Oles buttercream di permukaan cupcake lalu hias dengan buttercream sesuai selera.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Cupcake Ultah

Ilustrasi Cupcake Ultah © Diadona

Apakah kamu bingung ingin memberikan kejutan ulang tahun untuk sahabat dan keluarga? Cupcake bisa menjadi pilihan hadiah yang menarik. Kamu tentunya bisa membuat kue cantik ini di rumah. Berikut Diadona ulas dalam cara membuat cupcake ultah sederhana.

Bahan A:
- 160 gram terigu
- 1/2 sdt soda kue
- 1/2 sdt garam
- 1 1/4 sdt baking powder
- 150 gram gula kastor
- 2 butir telor
- 120 ml minyak
- 1 1/2 sdt ekstrak vanilla
- 120 ml buttermilk (120 ml susu UHT + 1 sdm cuka makan/jeruk nipis/lemon diamkan 15 menit)

Cara membuat cupcake ultah:

  1. Panaskan oven dengan suhu 175 derajat Celcius. Ayak bahan tepung, soda kue, garam, dan baking powder. Sisihkan terlebih dahulu bahan ini.
  2. Campurkan telur dengan dimixer kecepatan sedang selama 15-20 detik. Masukan gula dan kocok lagi 30 detik. Masukan minyak dan vanila kocok max 1 menit. Turunkan kecepatan menjadi rendah kemudian masukkan sebagian terigu, sebagian butter milk, kemudian sisa tepung dan terakhir buttermilk. Jangan overmix yang penting tercampur rata. Buatlah adonan ini sedikit encer.
  3. Tambahkan sedikit pasta red velvet dan sedikit pasta cokelat. Tuang ke cupcase dengan kisaran 1/2 full. Panggang selama 12-14 menit, angkat dan taruh di cooling rak.

Bahan B:
- 250 gram cream cheese merk anchor
- Susu kental manis merk Carnation secukupnya
- Gula halus secukupnya

Cara membuat:

Campurkan semua bahan B jadi satu. Campurkan bahan dengan dimixer kecepatan sedang. Tes rasa, kalau suka manis bisa ditambahi gula halus/susu kental manisnya. Masukkan ke plastik segitiga dan hias sesuai selera di atas cupcake. Beri toping Cherry atau strawberry supaya cantik.

Itulah beberapa resep cara membuat cupcake sederhana yang tentunya mudah untuk kamu praktikkan sendiri di rumah. Kamu lebih dominan suka cupcake rasa apa? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar