Resep Cara Membuat Cakwe Manis dan Enak yang Digoreng Sederhana Khas Medan dan Bandung

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 13 Januari 2020 15:36
Resep Cara Membuat Cakwe Manis dan Enak yang Digoreng Sederhana Khas Medan dan Bandung
Jajanan yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu yang biasa dijual oleh para pedagang kaki lima ini sangat digemari. Proses pembuatannya gampang-gampang susah. Yuk simak cara membuat cakwe berikut!

Cakwe merupakan jajanan yang biasa dijual oleh pedagang kaki lima. Selain murah, jajanan cakwe ini memiliki rasa renyah dan empuk yang mendominasi di setiap adonan pasca digoreng.

Terdapat beberapa varian cakwe diantaranya adalah cakwe asin dan manis. Secara keseluruhan, proses pembuatannya adalah dari bahan dasar tepung dan beberapa bahan pengembang dengan proses akhir digoreng. Yuk langsung saja simak cara memebuat cakwe yang telah Diadona ulas berikut ini.

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Cakwe Sederhana

Ilustrasi Cakwe © Diadona

Jika kamu penyuka rasa gurih, kamu tentunya akan menyukai olahan jajanan ini. Berikut Diadona ulas cara membuat cakwe sederhana. Selamat mencoba!

Bahan:
- 500 gram tepung terigu
- 1 sdm baking powder
- 1 sdt baking soda
- 1 1/2 sdt garam
- 400 ml air
- Minyak Goreng secukupnya

Cara membuat cakwe sederhana:
1. Masukkan bahan baking powder, garam dan backing soda ke dalam baskom. Tambahkan air dan aduk hingga rata. Masukkan tepung terigu dalam larutan tersebut dan aduk rata. Diamkan adonan tepung dan larutan tersebut selama 15-20 menit.

2. Ambil adonan di pinggir baskom lalu dipindahkan ke tengah-tengah adonan. Diamkan adonan selama 10-15 menit. Terus lakukan ini sampai 3-4 kali hingga adonan menjadi halus dan elastis.

3. Balik adonan dan beri sedikit minyak di permukaannya supaya adonan tetap lembab lalu diamkan lagi selama 1 jam.

4. Angkat adonan dari baskom lalu bungkus dengan plastik. Diamkan adonan lagi selama kurang lebih 4 jam.

5. Buka bungkus plastik adonan. Dengan menggunakan batang kayu bulat tekan adonan dan bentuk persegi panjang dengan lebar 6 cm dan tebal 15 mm atau sesuai selera.

6. Setelah itu potong adonan pipih tadi selebar 0.75 cm sampai habis. Lalu letakkan satu potongan dengan satu potongan menjadi 2 kemudian gunakan tusuk sate untuk menekan bagian tengahnya yang memajang. Selesaikan semua potong.

7. Panaskan minyak di wajan untuk menggoreng dengan api sedang. Tarik ujung ujung adonan dengan kedua tangan sampai kira kira 20 cm (jangan sampai putus) lalu masukkan dalam penggorengan. Goreng cakwe sampai mengembang dan kuning kecokelatan.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Cakwe Manis

Ilustrasi Cakwe © Diadona

Selain rasa gurih dan asin, ada olahan cakwe dengan rasa yang cenderung manis. Yuk simak resep selengkapnya yang telah Diadona rangkum di bawah ini dalam resep cara membuat cakwe manis.

Bahan untuk 20 buah
Bahan I:
- 25 gram tepung terigu protein tinggi
- 35 ml air hangat
- 1/2 sdt ragi instan
- 1/2 sdt gula pasir

Bahan II:
- 125 gram tepung terigu protein tinggi
- 75 gram gula pasir
- 50 ml air hangat
- 1 butir telur
- 1/2 sdm susu bubuk
- 1/2 sdm mentega putih

Bahan III:
- 275 gram tepung terigu protein tinggi
- 80 gram gula pasir
- 100 ml air
- 1 sdt soda kue
- 1/4 sdt amoniak bubuk
- 1/4 sdt garam

Bahan tambahan:
- Tepung terigu untuk taburan secukupnya
- Wijen secukupnya
- Minyak goreng secukupnya

Cara membuat cakwe manis:
1. Campur semua bahan I, kemudian diamkan selama 10 menit. Masukkan seluruh bahan II dan kemudian uleni hingga kalis.

2. Larutkan gula pasir, soda kue, amoniak bubuk, air, dan garam dari bahan III, kemudian tambahkan tepung terigu. Masukkan dalam campuran adonan I dan II tadi. Diamkan adonan selama 3 jam.

3. Taburkan tepung terigu di atas meja. Giling adonan hingga setebal 1/2 cm. Potong dengan ukuran 5x5 cm. Taburi permukaannya dengan wijen.

4. Goreng adonan di dalam minyak yang panas dan banyak. Gunakan api kecil agar tidak mudah gosong. Cakwe manis siap disajikan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Cakwe Medan dan Bandung

Ilustrasi Cakwe © Diadona

Konon katanya cakwe merupakan olahan yang terkenal dan banyak dipasarkan dan diperjual belikan di daerah Medan dan Bandung. Yuk simak saja resep cara membuat cakwe khas Medan dan Bandung di bawah ini.

Bahan:
- 2 Sendok teh ragi instan
- 200 ml air

Bahan kering:
- 250 gram tepung protein sedang
- 50 gram tepung protein rendah
- 1 siung bawang putih (haluskan)
- 1/2 sdt soda kue
- 1 sdm gula pasir
- 1 sdt garam halus
- Minyak goreng secukupnya

Saus:
- 3 sdm gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 1 siung bawang putih (haluskan)
- 1 sdt tepung maizena
- 1 sdm saus sambal botol
- 1 sdm saus tomat botol

Cara membuat cakwe khas Medan dan Bandung:
1. Campurkan bahan ragi instan dengan air dan diamkan. Campur semua bahan kering dan bawang putih, kemudian tuangi larutan ragi tadi.

2. Uleni adonan hingga kalis, kemudian tutup dengan kain lap bersih selama kurang lebih 15 menit. Uleni kembali adonan dan bulatkan, lalu tutup dengan kain lap. Diamkan lagi adonan selama 6 jam agar mengembang.

3. Taburi papan penggilasan dengan terigu, kemudian giling adonan hingga mencapai ketebalan 1/2 cm. Potong-potong dengan ukuran 2x10 cm.

4. Ambil adonan yang telah dipotong, taburi tepung sedikit dan tumpuk dengan adonan lain. Tekan bagian tengahnya menggunakan sumpit.

5. Tarik adonan cakwe hingga sedikit melar. Goreng di dalam minyak panas hingga matang.

6. Buatlah saus dengan merebus gula pasir, garam, saus sambal, saus tomat, bawang putih dengan air panas. Tuangi tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan 2 sendok makan air. Rebus hingga meletup-letup, kemudian sajikan bersama cakwe.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Cakwe Goreng

Ilustrasi Cakwe © Diadona

Secara umum jajanan yang terbuat dari tepung ini adalah jajanan dengan proses akhir digoreng dengan menghasilkan tekstur yang garing diluar dan lembut di dalam. Langsung saja simak resep cara membuat cakwe goreng di bawah ini.

Bahan:
- 2 sdt ragi instan
- 200 ml air

Bahan kering:
- 250 gram tepung protein sedang
- 50 gram tepung protein rendah
- 1 sdm gula pasir
- 1 sdt garam halus
- 1 siung bawang putih (haluskan)
- 1/2 sdt soda kue
- Minyak goreng secukupnya

Cara membuat cakwe goreng:
1. Campurkan ragi instan dengan air dan diamkan. Campur semua bahan kering dan bawang putih, kemudian masukkan larutan ragi tadi.

2. Uleni adonan hingga kalis dan tutup dengan kain lap bersih selama 15 menit. Uleni kembali adonan dan bulatkan, lalu tutup dengan kain lap. Diamkan selama 6 jam agar mengembang.

3. Taburi papan penggilasan dengan terigu, kemudian giling adonan hingga mencapai ketebalan 1/2 cm. Potong-potong dengan ukuran 2 x 10 cm.

4. Ambil adonan yang telah dipotong dan taburi tepung sedikit. Tumpuk adonan yang sudah digiling dengan adonan lain. Tekan bagian tengahnya menggunakan sumpit. Tarik adonan cakwe hingga sedikit melar, kemudian goreng di dalam minyak panas hingga matang.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Cakwe Enak

Ilustrasi Cakwe © Diadona

Cakwe di bawah ini merupakan olahan dengan ditambah isian udang dan ayam untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat tentunya. Yuk simak resep cara membuat cakwe yang enak dengang isian udang dan ayam di bawah ini.

Bahan untuk 15 buah
Bahan:
- 5 buah cakwe goreng
- 500 ml minyak untuk menggoreng

Isian udang ayam:
- 200 gram udang kupas giling
- 100 gram ayam giling
- 100 gram tepung sagu
- 4 sdm air
- 3 siung bawang putih (cincang halus)
- 2 putih telur
- 2 buah cabai merah keriting (cincang halus)
- 2 sdt garam
- 1/2 sdt gula pasir
- 1/4 sdt merica bubuk

Pelengkap:
Saus sambal secukupnya

Cara membuat cakwe isi udang ayam enak:
1. Belah tetapi jangan sampai putus. Aduk rata udang kupas, ayam giling, tepung sagu, putih telur, bawang putih, dan cabai merah.

2. Tambahkan air, kemudian bumbui dengan garam, merica bubuk, dan gula pasir. Oleskan adonan isi di belahan cakwe.

3. Goreng cakwe dalam minyak panas sampai matang. Sajikan dalam keadaan hangat bersama saus sambal dan saus tomat.

Beri Komentar