Resep Cara Buat Bakso Daging Ayam, Sapi, dan Ikan yang Kenyal juga Enak

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 17 Januari 2020 11:52
Resep Cara Buat Bakso Daging Ayam, Sapi, dan Ikan yang Kenyal juga Enak
Bakso adalah makanan sejuta umat orang Indonesia. Hampir semua tempat menjual menu bakso. Daripada membeli, mending kamu membuat bakso sendiri di rumah dengan melihat resep di bawah ini!

Siapa sih yang nggak suka makan bakso? Yap menu andalan yang menjadi pilihan makanan ketika bepergian ke luar rumah. Sebagian orang mungkin memilih untuk sekedar mampir di rumah makan atau lapak yang digelar oleh penjual bakso. Momen memakan bakso akan semakin syahdu jika cuaca dalam keadaan dingin dan hujan. Nikmat kuah bakso yang gurih dan hangat serta bola-bola daging bakso bersama perpaduan bumbunya membuat lidah tidak bisa berhenti mengunyah.

Bakso sendiri merupakan masakan daging giling dengan campuran bumbu bawang halus serta dihidangkan dengan kuah. Bakso akan semakin lengkap dengan bahan pelengkap seperti tahu, mie, dan siomay. Daripada kamu terus membeli bakso, lebih baik kamu mencoba membuat olahan daging giling ini di rumah. Nggak perlu khawatir, Diadona telah menyiapkan resep yang bisa kamu praktikkan. Yuk langsung saja simak rangkuman resep cara buat bakso di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 6 halaman

Cara Buat Bakso Ayam

Ilustrasi Bakso AyamIlustrasi Bakso Ayam © Fimela.com

Pada umumnya bakso dibuat dari daging sapi giling yang dicampur dengan tepung dan bumbu halus. Namun, selain daging sapi kamu juga bisa membuat bakso dengan campuran daging ayam loh. Langsung saja simak resep cara buat bakso ayam di bawah ini.

Bahan:

- 1 kg daging ayam (tanpa tulang dan giling)
- 50 gram tepung kanji
- 1 butir telur
- 2 sdt lada bubuk
- 1 sdt garam
- 4 siung bawang putih (haluskan)
- 2 sdm bawang merah goreng
- 40 gram es batu (hancurkan)
- 2 liter air

Cara buat bakso ayam:

  1. Masukkan daging ayam yang telah digiling dalam wadah atau baskom. Campurkan tepung kanji, telur, lada bubuk, garam, dan bawang putih yang dihaluskan lalu masukkan bawang merah goreng.
  2. Campur dan uleni dengan tangan atau bisa menggunakan alat sampai semua tercampur sempurna. Jika adonan masih lembek dan sulit dibentuk, maka tambahkan es batu secara perlahan hingga sekiranya adonan bisa dibentuk bulat.
  3. Rebus air dalam wadah panci hingga mendidih. Masukkan adonan daging dengan tangan lalu bentuk bulat.
  4. Kamu bisa menggunakan satu tangan dengan cara ambil dan genggam adonan kemudian tekan-tekan dengan memberikan ruang pada telapak tangan hingga adonan bisa keluar melalui sela jari jempol dan telunjuk.
  5. Masukkan adonan yang telah terbentuk ke dalam air panas. Lakukan hingga semua adonan habis. Jika pentol telah mengapung maka pertanda pentol telah matang.

2 dari 6 halaman

Cara Buat Bakso Sapi

Ilustrasi Bakso SapiIlustrasi Bakso Sapi © Fimela.com

Secara umum daging sapi memang bahan dasar membuat bakso. Daging sapi memiliki tekstur yang pas serta aroma daging yang kuat. Sehingga banyak yang merekomendasikan jika membuat bakso maka akan lebih enak dengan daging sapi. Yuk langsung simak resep cara buat bakso sapi di bawah ini.

Bahan:

- 1 kg daging sapi yang telah digiling
- 50 gram tepung kanji
- 4 siung bawang putih yang telah dihaluskan
- 1 butir telur
- 2 liter air
- 40 gram es batu yang telah dihancurkan
- 1 sdt lada bubuk
- 1 sdt garam

Cara buat bakso sapi:

  1. Masukkan bahan daging sapi, tepung kanji, telur, lada bubuk, garam dan bawang putih dalam wadah atau mangkuk baskom. Campurkan semua bahan tersebut hingga benar-benar tercampur dengan rata. Tambahkan es batu jika dirasa adonan susah untuk dibentuk.
  2. Rebus air dalam wadah panci hingga mendidih. Masukkan adonan daging dengan tangan lalu bentuk bulat.
  3. Kamu bisa menggunakan satu tangan dengan cara ambil dan genggam adonan kemudian tekan-tekan dengan memberikan ruang pada telapak tangan hingga adonan bisa keluar melalui sela jari jempol dan telunjuk.
  4. Masukkan adonan yang telah terbentuk ke dalam air panas. Lakukan hingga semua adonan habis. Jika pentol telah mengapung maka pertanda pentol telah matang.

3 dari 6 halaman

Cara Buat Bakso Daging

Ilustrasi Bakso DagingIlustrasi Bakso Daging © Fimela.com

Bakso memang dibuat dengan daging yang digiling. Bukan bakso namanya jika dibuat tidak menggunakan bahan dasar ini. Simak resep selengkapnya dalam cara buat bakso daging di bawah ini.

Bahan:

- 500 gram daging sapi giling
- 2 sdm tepung tapioka
- 1 butir telur
- 100 gram es batu

Bahan bumbu:

- 1 sdm bawang goreng
- 1 sdt garam
- 1 sdt gula
- 1/2 sdt lada bubuk
- Kaldu sapi bubuk secukupnya

Cara buat bakso daging:

  1. Campurkan semua bahan dengan cara blender hingga halus bumbu dengan es batu. Campurkan bahan daging, tepung dan telur. Aduk semua bahan hingga rata.
  2. Rebus air hingga mendidih. Bentuk daging menjadi bola-bola bakso. Kamu bisa menggunakan satu tangan dengan cara ambil dan genggam adonan kemudian tekan-tekan dengan memberikan ruang pada telapak tangan hingga adonan bisa keluar melalui sela jari jempol dan telunjuk.
  3. Lakukan hingga adonan habis kemudian masukkan bola bakso dalam air yang telah mendidih. Jika bakso sudah mengapung maka diamkan beberapa menit dan siap diangkat.

4 dari 6 halaman

Cara Buat Bakso Ikan

Ilustrasi Bakso IkanIlustrasi Bakso Ikan © Fimela.com

Selain menggunakan daging daging ayam dan sapi, bakso juga bisa dibuat dari campuran daging ikan tenggiri. Yuk langsung saja simak resep yang telah Diadona ulas dalam cara buat bakso daging ikan di bawah ini.

Bahan:

- 1 kg ikan tenggiri (bersihkan duri dan kulit)
- 3 sdm tepung sagu
- 2 butir putih telur ayam
- 4 siung bawang putih
- Es batu secukupnya

Cara buat bakso ikan:

  1. Masukkan ikan dalam blender beserta bahan lain seperti bawang putih, putih telur, gula, garam, merica, dan es batu secukupnya. Blender hingga benar-benar halus.
  2. Masukkan adonan yang telah diblender halus dalam wadah kemudian tambahkan tepung sagu secara perlahan dan uleni sampai tercampur rata.
  3. Rebus air dalam wadah hingga mendidih. Bentuk adonan menjadi bola-bola bakso. Kamu bisa menggunakan satu tangan dengan cara ambil dan genggam adonan kemudian tekan-tekan dengan memberikan ruang pada telapak tangan hingga adonan bisa keluar melalui sela jari jempol dan telunjuk.
  4. Masukkan adonan yang telah terbentuk ke dalam air panas. Lakukan hal yang sama hingga adonan bakso habis. Bakso matang dengan tanda bola-bola bakso mengapung di permukaan. Diamkan beberapa menit, angkat dan tiriskan bakso.

5 dari 6 halaman

Cara Buat Bakso Sapi Kenyal

Ilustrasi Bakso KenyalIlustrasi Bakso Kenyal © Womansday.com

Apa yang kamu nantikan dari sensasi menikmati olahan bakso? Yap, jika kamu suka sensasi kenyal yang menggoda, maka kamu wajib mencoba resep cara buat bakso sapi kenyal yang telah Diadona ulas di bawah ini.

Bahan:

- Daging sapi 1 kg, giling
- Tepung kanji 50 g
- Telur 1 butir
- Lada bubuk 2 sdt
- Garam 1 sdt
- Bawang putih 4 siung, haluskan
- Es batu 40 g, hancurkan
- Air 2 liter

Cara buat bakso sapi kenyal:

  1. Masukkan daging sapi giling dalam wadah atau baskom lalu campur tepung kanji, telur, lada bubuk, garam dan bawang putih yang telah dihaluskan.
  2. Campur atau uleni semua bahan tersebut dengan tangan atau gunakan alat hingga semua bahan tercampur rata. Tambahkan es batu jika dirasa adonan sulit untuk dibentuk.
  3. Rebus air dalam panci sampai mendidih. Ambil adonan daging dengan tangan lalu bentuk bulat. Kamu bisa menggunakan satu tangan dengan cara ambil dan genggam adonan kemudian tekan-tekan dengan memberikan ruang pada telapak tangan hingga adonan bisa keluar melalui sela jari jempol dan telunjuk.
  4. Masukkan adonan yang telah berbentuk bola-bola bakso dalam air yang telah mendidih. Masak hingga bola-bola bakso mengapung ke permukaan dan tunggu beberapa menit untuk memastikan bola bakso matang sempurna. Kemudian angkat dan tiriskan.

6 dari 6 halaman

Cara Buat Bakso Enak

Ilustrasi Bakso EnakIlustrasi Bakso Enak © Lilluna.com

Olahan bakso merupakan makanan yang banyak digemari orang khususnya di Indonesia. Yuk simak saja resep yang bisa kamu praktikkan di rumah dalam cara buat bakso enak di bawah ini.

Bahan:

- 50 gram tepung sagu/kanji
- 350 gram daging sapi (tanpa tulang)
- 5 siung bawang putih
- 1/2 sdt merica
- 3 sdm garam
- 1 butir telur
- 100 cc air es

Bahan kuah:

- 2 batang daun bawang (iris serong)
- 6 siung bawang putih
- 2 liter air
- 1 sdt merica
- 500 gram tulang sapi
- 3 sdt garam
- 1 bungkus kaldu sapi bubuk

Bahan pelengkap:

- bawang goreng
- 200 gram mie kuning basah
- Pangsit goreng
- Tahu goreng dan tahu putih

Cara buat bakso enak:

  1. Haluskan bumbu bawang putih, garam dan merica. Haluskan bahan tersebut atau giling bersama dengan daging sapi.
  2. Taruh gilingan halus bumbu dan daging dalam wadah kemudian campur dengan tepung sagu/kanji, air es dan telur. Aduk bahan hingga rata dan semua tercampur dengan baik.
  3. Rebus air dalam panci sampai mendidih. Ambil adonan daging dengan tangan lalu bentuk bulat. Kamu bisa menggunakan satu tangan dengan cara ambil dan genggam adonan kemudian tekan-tekan dengan memberikan ruang pada telapak tangan hingga adonan bisa keluar melalui sela jari jempol dan telunjuk.
  4. Masukkan adonan yang telah berbentuk bola-bola bakso dalam air yang telah mendidih. Masak hingga bola-bola bakso mengapung ke permukaan dan tunggu beberapa menit untuk memastikan bola bakso matang sempurna. Kemudian angkat dan tiriskan.

Nah, itulah beberapa resep cara buat bakso enak daging ayam, sapi, dan ikan yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Bagaimana, mudah bukan cara membuatnya? Apakah kamu sudah siap untuk membuat bakso kreasimu? Apa jenis menu bakso yang menjadi favoritmu? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar