Red Reishi si 'Jamur Keabadian' Ini Konon Jadi Kunci Umur Panjang Sejak 56 SM

Reporter : Hevy Zil Umami
Jumat, 27 Maret 2020 17:15
Red Reishi si 'Jamur Keabadian' Ini Konon Jadi Kunci Umur Panjang Sejak 56 SM
Jamur yang juga punya nama lain sebagai 'Raja Jamur' ini konon bisa memperpanjang hidup, lho.

Jamur ini biasa ditemukan tumbuh di batang kayu dan tunggul pohon yang membusuk (terutama pohon plum dan pohon ek), di seluruh wilayah pesisir Cina, Korea, Jepang, dan Amerika Utara.

Red Reishi (Ganoderm lucidum), yang dikenal sebagai Ling Zhi dalam bahasa Cina, adalah jamur hutan umum yang sering digambarkan sebagai 'kayu, keras, pahit.' Terlepas dari rasa dan teksturnya yang tidak menyenangkan, selama berabad-abad, jamur Red Reishi, juga dikenal sebagai Lin Zi atau 'Jamur Keabadian' telah dihargai karena sifat nutraceutical kuratifnya yang menakjubkan.

1 dari 2 halaman

Jamur Red Reishi © Diadona

Telah lama dianggap sebagai ' Si Nomor Satu' di antara tanaman herbal lainnya, khasiat kuratif luar biasa dari jamur reishi didokumentasikan dalam Shen Nung Pen Ts'ao Ching (Materia Medica dari Divine Husbandman) yang mentranskripsikan rekam medis sejak 56 SM.

Selama bertahun-tahun, jamur ini juga telah dikenal dengan banyak nama berbeda, termasuk Good Omen Plant, Jamur Sepuluh Ribu Tahun, Ramuan Menguntungkan, Jamur Ilahi, Tanaman Roh, dan Ramuan Bahagia. Jamur Reishi ditemukan dalam enam warna berbeda, namun hanya varietas merah Akashiba (reishi merah), yang digunakan dalam pengobatan alternatif.

2 dari 2 halaman

Jamur Red Reishi © Diadona

Lima warna jamur reishi lainnya bernama Shiroshiba (reishi putih), Aoshiba (reishi biru), Kuroshiba (reishi hitam), Murasakishiba (reishi ungu) dan Kishiba (reishi kuning). Jamur reishi merah punya warna yang cemerlang dan mengkilap saat basah, dan warna merah bata pudar saat kering.

Dalam nama Cina, Ling Zhi, melambangkan " kombinasi potensi spiritual dan esensi keabadian." Dalam pengobatan Tiongkok tradisional, reishi dikaitkan dengan kesehatan yang baik, kekuatan ilahi, kesuksesan, dan umur panjang.

Meskipun tidak masalah memakan jamur reishi mentah atau pun dimasak, mereka agak pahit dan tidak enak. Bentuk bubuk dapat dicampur menjadi smoothie, sup, dan semur atau dicerna dalam bentuk kapsul. Irisan atau potong dadu kering jamur reishi merah diseduh sebagai teh, cukup lezat dengan penambahan lemon dan madu. Jika kamu mengonsumsinya secara rutin, tentu kamu akan dapat melihat khasiatnya jadi lebih efektif.

Beri Komentar