Ransum TNI, Makanan Tentara Indonesia untuk Nutrisi Mereka di Medan Perang, Gimana Rasanya?

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 31 Januari 2020 11:19
Ransum TNI, Makanan Tentara Indonesia untuk Nutrisi Mereka di Medan Perang, Gimana Rasanya?
Tentara juga punya makanan sendiri yang dikemas khusus agar bisa dibawa ke mana saja dan kapan saja. Dan, menu makanannya sendiri adalah menu makanan khas nusantara yang juga bergizi dan bernutrisi.

Terbayang nggak, gimana tentara Indonesia harus tetap menjaga nutrisi mereka agar tetap sehat di medan perang? Nggak mungkin dong kalau harus masak masakan yang ribet saat di lapangan, apa lagi harus beli di warung.

Nah, ternyata TNI (Tentara Nasional Indonesia) punya ransum atau makanan kaleng yang mudah disiapkan dan dimakan. Ransum biasanya dibawa oleh pasukan militer di medan perang. Setiap tentara di setiap negara memiliki ransum yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan makanan khas masing-masing negara.

Nggak terkecuali di Indonesia, nih. Ternyata ransum TNI juga hampir sama dengan makanan khas Indonesia. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1 dari 1 halaman

Indonesia telah memperkenalkan ransum personil militer di pertengahan 1970-an. Saat itu, dilakukan dalam rangka standarisasi nutrisi untuk prajurit di lapangan. Ada tiga jenis ransum dan masing-masing terdiri dari tiga menu. Total paket sekitar 2.700 kcal.

Adapun salah satu contoh menu untuk tipe C adalah nasi goreng Jawa, nasi goreng saus Bali, dan nasi Ayam. Untuk menu minuman telah disediakan kopi instan, gula bubuk, jus jeruk bubuk, teh celup, dan susu bubuk. Semua ransum harus dipanaskan selama 15 menit. Semuanya telah dibuat berdasarkan standar militer Indonesia.

Namun sayangnya, kamu akan sulit untuk mencicipi makanan ransum TNI ini. Pasalnya, paket Ransum TNI ini tidak dipasarkan dan tidak diperjual belikan. Jadi kamu harus jadi tentara dulu baru bisa mencicipi bagaimana rasa dari ransum TNI ini.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak video ini.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke teman-teman kamu ya.

Beri Komentar