Nikmatnya Si Gepeng Kue Dollar Khas Surabaya, Bisa Bikin Kaya Nggak ya?

Reporter : Nasa
Selasa, 11 Februari 2020 00:07
Nikmatnya Si Gepeng Kue Dollar Khas Surabaya, Bisa Bikin Kaya Nggak ya?
Ternyata Surabaya punya cemilan khas 'jajanan old' dengan bentuk gepeng seperti koin logam zaman dahulu. Penasaran kan, kalau dimakan bisa bikin kaya apa nggak ya?

Kota Pahlawan Surabaya dikenal sebagai gudangnya varian kuliner nikmat. Tapi sepertinya belum banyak yang tau nih, kalau ada cemilan khas Surabaya yang namanya kue dollar. Bentuknya sih memang menyerupai uang koin logam zaman dahulu. Tapi apa iya bisa bikin kamu kaya setelah memakannya?

Mending kita bahas dulu ya asal-usulnya. Jadi kalau menurut laman Saliha.id, pemberian nama kue dollar adalah karena bentuknya. Tapi kenapa namanya bisa spesifik langsung menjadi kue dollar ya? Terus kenapa namanya nggak kue koin atau kue koin lama gitu? Nah sayangnya belum ada literatur pasti yang bisa jawab pertanyaan itu.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Kue Dollar © Diadona

Tapi yang jelas nih, kue dollar merupakan salah satu cemilan khas Surabaya yang sudah cukup tua. Ada salah satu toko tua yang menjual kue dollar. Toko tersebut sudah berdiri sejak tahun 1936. Kalau mau beli kue dollar di toko itu, pengunjung bisa langsung melihat proses pembuatan kue dollar lewat 'open kitchennya'.

Jadi nih, toko itu masih menggunakan yang namanya mesin pencetak super besar dan super jadul. Setelah matang, kue dollar katanya bisa awet sampai dengan 5 bulan. Namun, hanya dalam waktu 1 bulan, stok kue dollar pasti sudah langsung habis. Jadi toko tersebut harus memasak kue dollar setiap hari untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Jadi kamu bisa lihat cara memasaknya tiap hari loh.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Kue Dollar © Diadona

Bahan utama pembuatan kue dollar adalah tepung terigu, telur dan air. Kalau dulu kue dollar masih identik dengan rasa original gurih dan legit, seiring dengan berjalannya waktu kue dollar juga memiliki banyak varian rasa. Ada rasa coklat, coklat wijen, vanilla, dan juga vanilla wijen.

Cita rasa kue dollar ini disebut legit dan gurih, sangat cocok jika dimakan sebagai pendamping ketika minum teh atau kopi. Tentunya untuk varian baru seperti coklat hingga vanilla, kue dollar juga memberikan cita rasa manis dan khas.

Kalau kamu mau ke toko itu, namanya adalah 'Kuweh Dollar Tjap Masin' yang terletak di pasar Atum Jalan Bunguran No. 45 Surabaya. Selain bisa menemukan kue dollar, kamu juga bisa menemukan jajanan old lainnya sebagai oleh-oleh. Harga yang dibanderol untuk kue dollar adalah Rp 26 ribu/150 gram. Terjangkau banget kan?

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Kue Dollar © Diadona

Wah jadi pengen ke Surabaya nih, biar bisa kaya, eh bukan, maksudnya biar bisa nyicipin nikmatnya si gepeng kue dollar khas Surabaya itu loh. Nah jadi kalau soal pertanyaan kue dollar bisa bikin kaya atau nggak, mending kamu coba sendiri ya guys. Kalau sudah nyobain, jangan lupa bagikan pengalamanmu pada kolom komentar di bawah ya.

Beri Komentar