Namanya French Fries, Tapi Kentang Goreng Bukan Berasal Dari Prancis

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 7 Maret 2020 07:00
Namanya French Fries, Tapi Kentang Goreng Bukan Berasal Dari Prancis
Namanya sih French Fries, tapi apa bener kentang goreng berasal dari perancis.

Siapa sih yang nggak kenal sama kentang goreng? Biasa dikenal dengan French Fries, makanan ini selalu ada di kafe-kafe tempat ngopi untuk menemanimu ngobrol. Nggak hanya di kafe atau restoran, kini kentang goreng juga udah banyak tersedia di supermarket dalam bentuk siap goreng kok.

Tapi bukan itu yang akan kita bahas. Tahukah kamu dari mana asal French Fries? Dari Prancis? Salah dong! Penasaran dari mana? Yuk kita bahas.

1 dari 2 halaman

Kentang Goreng

Ilustrasi French Fries © Diadona

Kentang goreng awalnya diperkenalkan di Belgia pada tahun 1600an. Hingga saat ini pun, di Belgia kamu akan dapat menemukan kentang goreng di setiap sudut kota. Ini menjadi warisan budaya di Belgia.

Dikutip dari BBC, French Fries datang dari Namur, salah satu daerah yang ada di Belgium. Bahkan menurutnya, French Fries bukan berawal dari kentang goreng. Para masyarakat Namur saat itu hanya menggoreng kan karena lokasi pedesaan mereka dekat dengan sungai Meuse. Nah, masalah datang pada musim dingin nih. Sungai Meuse membeku dan masyarakat jadi bingung mencari alternatif makanan lain.

Hingga akhirnya mereka menemukan kentang dan mengonsumsinya dengan cara digoreng. Makanan ini akhirnya menjadi pengganti ikan yang langka di musim dingin.

2 dari 2 halaman

Asal mula nama French Fries

Terus kenapa namanya French Fries? Beberapa orang percaya kalau nama French Fries dicetuskan ketika tentara Amerika sedang membuat peristirahatan di Francophone. Karena penyebutanya terkesan Prancis, akhirnya para tentara tersebut menjuluki makanan tersebut menjadi French Fries. Secara bahasa, French Fries jika diterjemahkan secara literal ke bahasa Indonesia berarti gorengan dari Perancis.

Bagaimanapun juga, ini masih menjadi misteri siapakah yang menemukan kentang goreng pertama kali. Hal ini masih menjadi perdebatan di dunia kuliner. Bahkan para ahli menyebut perdebatan French Fries ini masuk dalam kategori perang makanan. Hingga saat ini, asal usul French Fries tetap jadi misteri.

Kalau Menurut kamu bagaimana? Silahkan tulis di kolom komentar, ya.

Beri Komentar