Nama Nama Sayuran di Indonesia Lengkap berdasarkan Kategorinya

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 3 Januari 2022 09:00
Nama Nama Sayuran di Indonesia Lengkap berdasarkan Kategorinya
Sayur favortimu masuk dalam kategori apa nih?

Sebagai orang Indonesia kita pasti sudah akrab dengan berbagai nama nama sayuran. Bahan makanan yang berasal dari hasil pertanian ini adalah salah satu bahan makanan yang mempunyai serta dan nutrisi yang sangat baik untuk dikonsumsi. Tapi, apakah kamu tahu pengertian dari sayur itu sendiri?

Sayur atau sayuran adalah sebuah tanaman hortikultura. Ini adalah jenis tanaman yang erat kaitannya dengan budidaya. Selain itu berbagai nama nama sayuran adalah sebuah bagian tertentu dari tumbuhan yang bisa dikonsumsi baik itu secara langsung atau diolah terlebih dahulu.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali nama nama sayur yang sudah biasa dikonsumsi oleh masyarakat. Tapi kamu tahu gak kalau dari nama nama sayuran yang ada itu ada kategori atau klasifikasinya loh. Berikut Diadona.id telah merangkum berbagai nama nama tanaman berdasarkan jenis-jenis taua kalsifikasinya. Yuk simak uraiannya di bawah ini.

1 dari 6 halaman

Nama Nama Sayuran dan Kategorinya

Melansir dari berbagai sumber, secara umum nama nama sayuran akan dikategorikan berdasarkan organ tumbuhan serta perkembangbiakannya. Jadi ada bagian vegetatif (daun, batang, dan akar) dan juga generatif (buah, bunga, dan biji). Berikut ini adalah kategori detailnya:

1. Sayuran Daun

Ilustrasi Sawi PutihIlustrasi Sawi Putih © 2020 https://amazon.com/

Nama nama sayuran daun adalah sayuran yang dikonsumsi pada bagian daunnya. Jenis sayuran daun yang bagus adalah yang daunnya utur tidak berlubang karena penyakit serta masih segar. Contoh dari sayuran daun ini antara lain adalah selada, pokcay, sawi, dan juga daun singkong.

2 dari 6 halaman

2. Sayuran Batang

Ilustrasi SeledriIlustrasi Seledri © Pixabay

Nama nama sayuran batang atau tangkai adalah sayuran yang bisa dikonsumsi bagian batangnya. Ini adalah jenis tanaman atau sayuran yang terdiri dari buku dan ruas. Contoh sayuran batang antara lain adalah seledri dan rebung.

3. Sayuran Bunga

Kemudian ada nama nama sayuran bunga. Seperti namanya, ini adalah sayuran yang dikonsumsi pada bagian bunganya. Ini juga yang dinaman bagian dari organ generatif tumbuhan. Contoh sayuran bunga yang paling umum adalah brokoli, kembang kol, dan juga kecombrang.

3 dari 6 halaman

4. Sayuran Buah

TomatTomat © Bloomberg

Nama nama sayuran buah juga masih merupakan dari organ generatif tumbuhan. Ini adalah sayuran yang dimanfaatkan bagian buahnya. Jenis sayuran ini paling baik dikonsumsi pada umur tumbuhan yang pas, tidak terlalu tua atau pun muda.

Pun juga pastikan jika sayuran ini dalam kondisi yang bagus seperti tidak busuk dan tidak dipenuhi hama. Contoh sayuran buah ini banyak ya, antara lain tomat, cabai, terong, timun dan lain sebagainya.

5. Sayuran Akar

Selanjutnya ada nama nama sayuran akar. Seperti namanya, ini adalah sayuran yang dimanfaatkan atau dikonsumsi pada bagian akarnya. Ini adalah sayuran yang berada dalam tanah yang mempunyai tugas layaknya akar yang menyerap nutrisi dan air.

Beberapa contoh dari bagian sayuran yang bisa dikonsumsi akarnya antara lain adalah wortel, lobak, dan jenis ubi jalar.

4 dari 6 halaman

6. Sayuran Biji

Ilustrasi BuncisIlustrasi Buncis © 2019 https://www.diadona.id/simplyrecipes.com

Nama nama sayuran biji adalah sayuran yang berupa biji-bijian hehe. Ini adalah jeis sayuran yang diambil dari bagian biji tanaman. Beberapa contohnya antara lain adalah jagung manis, buncis, dan kacang tanah.

7. Sayuran Polong

Nama nama sayuran polong ini sebetulnya hampir sama dengan biji. Namun, tak hanya bijinya, bagian pembungkus biji pada sayur ini juga bisa dikonsumsi. Contohnya antara lain adlaah kacang kapri, kacang panjang, san juga ucet.

5 dari 6 halaman

8. Sayuran Umbi

Ilustrasi SingkongIlustrasi Singkong © Bakeryandsnacks.com

Umbi-umbian ini juga masuk kedalan jenis nama nama sayuran loh baik itu umbi jalar atau pun umbi batang hehe. Ini adalah sayuran yang tumbuh di dalam tanah kemudian membengkan karena proses penimbunan nutrisi dan air. Contoh dari sayuran umbi ini anatar lain adalah singkong, kentang, dan lain sebagainya.

9. Sayuran Umbi Lapis

Nah kalau sayuran seperti bawang bombay, bawang merah, dan juga bawang putih itu adalah nama nama sayuran umbi lapi atau bulb vegetables. Sama seperti umbi pada umumnya, ini adalah sayuran yang tumbuh di dalam tanah. Bedanya, ,bentuk dari umbi ini mempunyai beberapa lapisan tebal dan rimbun.

6 dari 6 halaman

10. Sayuran Jamur

Jamur kancing putihJamur kancing putih © freefoodphotos.com

Nama nama sayuran yang terakhir adalah sayuran jamur. INi adalah jenis atau kategori sayuran yang beda dari lainnya. Karena secara ilmiah jamur bukanlah tumbuhan tapi cendawan hehe. Semua bagian jamur ini bisa dikonsumsi. Contoh sayuran jamur ya berbagai jenis jamur sendiri seperti, jamur tiram, jamur kancing, jamur kuping dan jamur jamur lainnya.

Jadi itulah nama nama sayuran berdasarkan kategori atau klasifikasinya. Kalau sayur favorit kalian masuk kategori apa nih? Apa jangan-jangan suka semua jenis sayuran? hehe

Beri Komentar