Nama Anggota Tubuh Digunakan pada Makanan-Makanan Ini

Reporter : Hevy Zil Umami
Minggu, 9 Februari 2020 17:02
Nama Anggota Tubuh Digunakan pada Makanan-Makanan Ini
Kuping Gajah, Rambut Nenek, dan masih banyak lagi.

Ragam kuliner Nusantara memang tidak akan habis. Banyak sekali makanan dengan nama yang unik dimiliki oleh negeri kita tercinta ini. Terutama kudapan, sadarkah kamu? Atau kamu hanya tahu akan rasanya yang enak-enak?

1 dari 5 halaman

Telur Mata Sapi

Ilustrasi Telur Mata Sapi © Diadona

Sebenarnya ini adalah salah satu teknik memasak telur. Telur yang digoreng akan disebut sebagai telur mata sapi kalau telut tidak dicampur terlebih dahulu sebelum digoreng.

Tentu tidak benar-benar ada mata sapi dalam bahan untuk membuatnya. Nama ini bermula dari menafsiran orang Indonesia terhadap arti dari Eil de Boeuf, yang mana adalah sebutan orang Prancis untuk telur ceplok. Dalam bahasa Inggris, Eil de Boeuf artinya Bull's Eye, nah kalau diubah dalam bahasa Indonesia, artinya Mata Sapi.

2 dari 5 halaman

Rambut Nenek

Ilustrasi Rambut Nenek © Diadona

Rambut nenek juga punya banyak sebutan lain, seperti arumanis, dan arbanat. Gulali ini pasti sudah familiar bagi kita semua. Sejak kita masih kecil, gulali ini sudah jadi idaman sampai saat ini.

Nama dari gulali ini memang terinspirasi dari bentuk dan warnanya yang menyerupai rambut nenek-nenek. Kini variasi warna gulali rambut nenek sudah beragam, dan kalau gulali sudah menyembang, ia bisa dibentuk jadi berbagai karakter lucu, seperti Hello Kitty dan bunga-bunga.

3 dari 5 halaman

Kuping Gajah

Ilustrasi Kue Kuping Gajah © Diadona

Ayo siapa penggemar jajanan khas satu ini? Kuping gajah sering kita temui di toples-toples kue saat hari raya. Rasanya yang manis dan renyah, serta bentuknya yang sangat khas, membuat kuping gajah disukai oleh orang-orang.

Bentuknya yang pipih dan lebar membuatnya dinamai kuping gajah. Warna monokrom melingkar adalah warna yang sangat khas dari jajanan satu ini. Kamu dapat dengan mudah menjumpainya di toko kue atau pasar.

4 dari 5 halaman

Lidah Kucing

Ilustrasi Kue Lidah Kucing © Diadona

Kue lidah kucing adalah sejenis kue kering yang berbentuk seperti lidah kucing yang berasal dari Belanda. Kue lidah kucing memiliki rasa yang enak, gurih dan renyah. Kue ini masuk ke Indonesia dari Belanda seiring dengan kolonialisasi pada zaman dulu. Dalam bahasa Belanda, kue ini dinamakan " Katte Tong" .

5 dari 5 halaman

Perut Ayam

Ilustrasi Kue Perut Ayam © Diadona

Perut Ayam atau Usus Ayam adalah jajanan khas dari Malang. Rasanya manis dan banyak diminati orang. Pemberian nama ini tak lain adalah karena rupa dari jajanan ini yang mirip dengan usus yand ada di dalam perut ayam. Tapi bahan membuatnya tentu tidak menggunakan bagian dalam perut ayam.

Punya kudapan atau makanan favorit dengan nama anggota tubuh lainnya? Coba bagi dengan kami.

Beri Komentar