Menu Indonesia Vegetarian Yang Mudah Dijumpai dan Mudah Pembuatannya

Reporter : Sofi
Sabtu, 28 Desember 2019 16:50
Menu Indonesia Vegetarian Yang Mudah Dijumpai dan  Mudah Pembuatannya
Tentu menjalani diet vegetarian adalah hal cukup mudah jika kita dapat melihat dan memanfaatkan bahan yang ada di sekitar kita. Berikut adalah menu makanan vegetarian Indonesia.

Menjadi seorang vegetarian di Indonesia tentu dirasa cukup sulit karena masyarakat masih belum mengenal apa vegetarian itu dan kebiasaan yang mengonsumsi berbagai jenis makanan tanpa membatasi suatu jenis tertentu yang biasa dimakan sehari-hari. Mungkin yang dipikiran kamu saat ini adalah tempe, tahu, sebagai menu andalan untuk dikonsumsi sehari-hari. Tetapi tanpa disadari beberapa makanan Indonesia sudah ada, dan mudah dijumpai bahkan dapat dibuat oleh kamu sendiri di rumah dengan mudah.

1 dari 4 halaman

1. Gado-Gado

Gado-gadoGado-gado © asianinspirations.com.au

Gado-gado merupakan makanan Indonesia yang terdiri dari sayur-sayuran yang direbus atau dikukus. Makanan ini terdiri dari sayuran wortel, buncis, kentang, kubis, tempe goreng, tahu goreng, lontong, dan telur rebus, yang kemudian disiram dengan saus kacang yang tentunya bahan dasarnya adalah kacang tanah. Kerupuk melinjo dapat ditambahkan sebagai penambah rasa dan tekstur pada makanan. Tapi jangan takut, karena kerupuk melinjo ini terbuat dari buah melinjo.

2 dari 4 halaman

2. Pecel

pecelpecel © unileverfoodsolutions.co.id

Pecel biasa ditemui di mana-mana oleh masyarakat Indonesia. Bahan yang biasa digunakan dalam masakan ini adalah sayuran rebus seperti toge, kacang panjang, kangkung, yang kemudian disiram dengan saus kacang yang berbahan dasar kacang tanah. Menu pendamping pecel ini biasanya adalah rempeyek. Pilih rempeyek dengan toping kacang atau polos untuk menghidari produk hewani yang biasa ada diatas rempeyek yaitu ikan teri.

3 dari 4 halaman

3. Asinan

Asinan buahAsinan buah © harianresep.blogspot.com

Asinan ini biasa dibuat dengan buah-buahan seperti mangga muda, kedondong, rambutan, bengkuang, salak, dan berbagai macam buah yang bertekstur keras. Pembuatannya juga dapat dibilang cukup mudah dengan mencampurkan air, garam, gula, dan cuka yang kemudian direndamkan dengan berbagai macam buah tersebut.

4 dari 4 halaman

4. Sup Sayur

Sup SayurSup Sayur © goodtoknow.co.uk

Sup sayur yang biasa dibuat di rumah-rumah bisa menjadi makanan vegetarian dengan menggunakan kaldu sayur yang menggunakan bahan dasar bawang putih, bawang bombay, wortel, seledri, dan daun bawang, yan kemudian direbus secara bersamaan menggunakan api kecil setelah mendidih dan dibiarkan selama 15-30 menit. Setelah itu, kaldu sayur disaring dan dapat digunakan sebagai kuah dari sup sayur. Untuk isian yang dapat digunakan sebagai sup sayur dapat selera kamu. Contohnya adalah jamur kuping, jamur es, wortel, kentang, kubis, buncis, dan lain-lain.

Apakah kamu mempunyai menu diet vegetarianmu sendiri? Bagikan jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar