Mengapa Kue Tart Selalu Identik Dengan Ulang Tahun?

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 12 Februari 2020 00:23
Mengapa Kue Tart Selalu Identik Dengan Ulang Tahun?
Kue Tart ternyata sudah ada sejak lama dan menjadi tradisi dalam merayakan ulang tahun lho.

Apa yang biasanya beri kepada teman, pacar, atau kerabat ketika ulang tahun mereka tiba? Hadiah? Atau kue tart? Kebanyakan pasti kue tart, ya. Pernah nggak sih kamu mikirin, kenapa Kue Tart selalu identik dengan Ulang Tahun? Nah kali ini kita bakal ngebahas ini nih. Yuk kita simak.

1 dari 2 halaman

Sejarah

Ilustrasi Kue Tart © Diadona

Setiap ada perayaan ulang tahun, selalu dikaitkan dengan kue tart. Hal ini dilambangkan sebagai bentuk suka cita atau simbol kebahagiaan atas bertambahnya umur.

Nah, sebenarnya keberadaan kue tart pada perayaan ulang tahun sudah ada sejak abad ke 13. Dikutip dari pergikuliner.com, tradisi kue tart pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Yunani. Dahulu kue tart berbentuk bulat yang terbuat dari kue atau roti madu. Kue tart pada zaman itu dijadikan masyarakat Yunani sebagai persembahan untuk Dewi Bulan di Kuil Artemis.

Ada pula yang mengatakan kalau tradisi kue tart ini berasal dari Jerman pada abad pertengahan. Orang jerman terbiasa membuat kue yang menyerupai bayi Yesus untuk memperingati hari natal. Sejak saat itu, tradisi kue ulang tahun dimulai. Nggak hanya dirayaain buat natal, tapi berkembang menjadi perayaan yang dilakukan oleh masyarakat Jerman saat ulang tahun. Kue ulang tahun khas Jerman pada saat itu dinamakan Geburtstagorten.

2 dari 2 halaman

Lilin dalam Kue Ulang Tahun

Kue Tart © Diadona

Kebanyakan kita merasa kalau merayakan ulang tahun dengan kue tanpa lilin di atasnya seperti ada yang kurang. Jadi kita selalu menaruh lilin di atas kue tart saat perayaan ulang tahun. Kenapa sih emang?

Kue Tart © Diadona

Ternyata tradisi tersebut berkaitan dengan kepercayaan masyarakat Yunani Kuno terhadap Dewi Bulan Artemis. Dimana makna sebenarnya dari lilin yang menyala pada kue melambangkan cahaya bulan yang bersinar. Sementara, orang Jerman percaya bahwa adanya lilin besar di atas kue ulang tahun adalah simbol cahaya kehidupan. Makna itu berkembang dimasyarakat bahwa mereka percaya asap dari tiupan lilin akan membawa doa dan harapan mereka kepada Tuhan.

Kue Tart © Diadona

Jadi, sudah tahu kenapa hingga saat ini kita selalu merayakan ulang tahun dengan kue tart dan lilin. Jadi? Siapa yang akan ulang tahun dekat-dekat ini? Silahkan tulis di kolom komentar, ya.

Beri Komentar