Mencicipi Lezatnya Banh Mi, Roti Isi Khas Vietnam yang Terbaik di Dunia!

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 30 Oktober 2020 15:20
Mencicipi Lezatnya Banh Mi, Roti Isi Khas Vietnam yang Terbaik di Dunia!
Banh Mi adalah sandwich khas Vietnam dengan rasa yang gak kalah enaknya dengan Sandwich asal Inggris.

Jika mendengar kata Sandwich, yang kita tahu adalah sebuah roti isi daging dan sayuran yang sangat lezat. Kuliner ini memang diketahui berasal dari Inggris. Makanan praktis ini kerap dijadikan menu sarapan maupun makan siang karena mengandung beberapa bahan yang cocok sebagai pengisi tenaga untuk beraktifitas.

Rupanya, nggak cuma di Inggris saja yang punya olahan sandwich yang enak. Di sebuah negara di Asia Tenggara tepatnya di Vietnam juga mempunyai olahan Sandwich sendiri. Bahkan, Sandwich ini diklaim menjadi sandwich terbaik di dunia. Seperti apa Sandwich khas Vietnam ini?

1 dari 3 halaman

Banh Mi

Banh Mi © Diadona

Namanya adalah Banh Mi. Banh Mi atau Sandwich khas Vietnam ini ternyata udah cukup terkenal ke berbagai negara. Beberapa media bahkan menyebutnya sebagai sandwich terbaik di dunia.

Sekilas makanan ini memang seperti sandwich pada umumnya. Namun, Banh Mi punya perbedaan dengan sandwich pada umumnya. Banh Mi khas Vietnam lebih banyak limpahan sayur segar, daging, serta daun kketumbar.

Melansir dari berbagai sumber, Banh Mi sendiri memiliki arti Roti Gandum meskipun bentuknya tidak sesederhana namanya. Banh Mi sendiri memakai roti Prancis atau Baguette lalu dikombinasikan dengan daging, sayuran dan bahan lainnya.

Adapun bahan lain yang dimasukan adalah parutan wortel dan lobak putih yang direndam dalam cuka, ketumbar, kecap, dan juga potongan daging. Yummy, terlihat menggiurkan buat dimakan, ya.

2 dari 3 halaman

Sejarah Banh Mi Sandwich

Banh Mi © Diadona

Meskipun jika dilihat kuliner khas Vietnam ini sangat kurang lokal, ternyata ada sejarah dibalik populernya Sandwich Banh Mi di Vietnam. Melansir dari Asia One, Banh Mi berasal dari makanan kaki lima yang ada di jalan-jalan Saigon. Makanan ini mencerminkan sejarah kuliner bekas jajahan Prancis.

Sekitar tahun 1800-an hingga 1954, Vietnam menjadi jajahan Prancis. Saat itulah tertular pula budaya kuliner ala Prancis. Maka dari itulah roti yang digunakan adalah Roti Baguette.

Dulunya, Roti Baguette ala Prancis ini disajikan dengan hati angsa atau ayam yang cukup mahal untuk orang Vietnam. Orang-orang vietnam pun menggantinya dengan hati babi. Seiring berjalannya waktu, mereka mengganti isiannya dengan sayuran saja, ataupun menambahkannya dengan daging ayam ataupun sapi.

3 dari 3 halaman

Banh Mi © Diadona

Sampai saat ini, Banh Mi terus berkembang dan bahkan sudah menyebar di berbagai negara seperti Australia dan Amerika Serikat. Termasuk di tanah air. Kamu bisa menemukan Sandwich Banh Mi ini di berbagai restoran khas Vietnam.

Selain enak, Banh Mi juga sehat karena banyak isian sayur dengan daging segar. Tertarik untuk menyantapnya?

Beri Komentar