Magis, Bubur ini Nggak Tumpah Meskipun Wadahnya Dibalik

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 20 Februari 2020 16:10
Magis, Bubur ini Nggak Tumpah Meskipun Wadahnya Dibalik
Ada tren terbaru dunia perbuburan selain diaduk dan tidak diaduk, yaitu bubur dibalik dan tidak tumpah.

Bicara tentang perbuburan, kalian tim diaduk apa tim tidak diaduk? Kalau aku sih tim bubur tidak tumpah meskipun wadahnya dibalik. Hayolo, bagaimana bisa bubur itu tidak tumpah meskipun wadahnya dibalik? Berikut rangkuman tentang bubur 'magis' dari Bandung ini.

Sudah seperti bagian dari keluarga, bubur adalah makanan wajib masyarakat Sunda yang tiap hari dijadikan menu andalan, baik pagi ataupun malam. Sajian berbahan dasar beras ini gampang sekali untuk ditemui ketika kita berada di kawasan masyarakat Sunda seperti di Bandung.

1 dari 4 halaman

Namun, kali ini ada yang beda, jika kita sering menjumpai bubur yang mempunyai tekstur berair, Bubur Durman Bareto ini mennyajikan hal sebaliknya. Kedai bubur yang sudah berjualan sejak 1947 tersebut memiliki tekstur bubr yang kental bahkan tidak tumpah meskipun wadahnya dibalik.

Bubur Durman Bareto © Diadona

Ketika seorang food vlogger MGDALENAF berkunjung ke kedai tersebut, pemilik kedai dengan enteng menunjukkan aksinya. Ia memasukkan satu centong bubur ke sebuah piring, lalu piring digoyang-goyang hingga bubur merata. Dengan santainya, Anwar, pemilik kedai, membalik piring yang berisikan bubur, dan memang, buburnya tidak tumpah sedikitpun.

2 dari 4 halaman

Bubur ini hanya dikasih bumbu daun salam selama proses pembuatannya. Namun ketika menyajikan ke pembeli, Pak Anwar akan menambahkan berbagai bumbu seperti garam dan penyedap rasa.

Yang berbeda lagi, buburnya tidak memiliki topping cakwe dan kuah kuning layaknya bubur pada umumnya. Isi bubur tersebut hanya suwiran ayam, kecap, kerupuk, sambal, dan kuah kaldu.

Bubur Durman Bareto © Diadona

3 dari 4 halaman

Kedai ini juga memeberikan sajian pelengkap berupa satu piring penuh berisi kerupuk merah. Kerupuk tersebut disiram dengan sambel dan kecap manis yang membuatnya semakin lezat dan sedap.

Bubur Durman Bareto © Diadona

Hal unik lainnya, barang-barang yang digunakan untuk memasak oleh Anwar usianya sudah sangat tua. Peralatan masaknya seperti panci, teko, dan kaleng kerupuk pun tidak pernah diganti sejak pertama kali berjualan alias sudah lebih dari 70 tahun lamanya.

4 dari 4 halaman

Kamu nggak usah khawatir, untuk menikmati seporsi bubur unik ini, pelanggan hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 10 ribu untuk porsi tanpa ayam dan 15 ribu untuk paket komplet.

Well, penasaran dengan bubur magis ini? Yuk cobain Bubur Durman Bareto yang melegenda ini.

Beri Komentar