Kurozu, Cuka Hitam yang Disimpan Lama Layaknya Anggur

Reporter : Hevy Zil Umami
Selasa, 10 Maret 2020 16:45
Kurozu, Cuka Hitam yang Disimpan Lama Layaknya Anggur
Tak hanya anggur yang makin lama disimpan akan makin nikmat, pembuatan cuka hitam tradisional Jepang ini juga melalui metode yang serupa.

Ilustrasi Cuka Hitam Jepang

Tadaaki Kuramoto adalah seorang ahli dalam pembuatan cuka hitam yang biasa disebut kurozu. Hanya ada 3 bahan yang ia gunakan untuk membuat kurozu, yaitu beras malt, beras yang telah diuapi, dan air tanah.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Cuka Hitam Jepang © Diadona

Perusahaan tempat ia bekerja sudah menjalani bisnis pembuatan kurozu ini selama lebih dari 200 tahun. Kurozu menggunakan kendi tanah liat yang besar sebagai wadah penyimpanan bahan-bahan yang nantinya akan terfermentasi dengan alami di bawah sinar matahari. Kini perusahannya sudah punya 52.000 kendi tanah liat kurozu.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Cuka Hitam Jepang © Diadona

Semua proses inilah yang membedakan kurozu dengan jenis cuka yang lain. Walaupun warnanya hitam, rasa dari kurozu sangat lembut, aromanya juga ringan dan tidak terlalu kuat. Di Jepang terutam di Kagoshima, sudah banyak tempat yang menyediakan kurozu dalam menunya.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Cuka Hitam Jepang © Diadona

Penyajian kurozu bisa berupa smoothy, sup, minuman, saus, dan berbagai makanan harian lainnya. Cuka ini memang sudah sangat akrab dengan warha Kagoshima, apalagi kurozu dikenal memiki khasiat kesehatan bagi tubuh.

Beri Komentar