Kuliner Papua Ternyata Nggak Ada yang Digoreng Lho, Percaya?

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 18 Maret 2020 15:00
Kuliner Papua Ternyata Nggak Ada yang Digoreng Lho, Percaya?
Kalau kita perhatikan, ternyata nggak ada satu pun kuliner Papua yang digoreng menggunakan minyak goreng.

Indonesia memang memiliki banyak kekayaan budaya dan juga kuliner yang beragam di seluruh penjuru Indonesia. Kalau ditanya apa sih makanan khas Papua pasti kita akan menjawab Papeda. Padahal masih banyak lagi lho makanan khas wilayah paling timur Indonesia ini.

Namun, ada fakta menarik tentang kuliner Papua yang mungkin belum semua orang tahu. Yakni, nggak ada satu pun kuliner Papua yang dimasak dengan cara digoreng. Emang beneran ya? Yuk kita simak

1 dari 3 halaman

Sejarah

Ilustrasi Papeda © Diadona

Di Papua, cara mengolah bahan masakan bisa terbilang sangat unik. Dikutip dari berbagai sumber, Rika Ramandey seorang pakar kuliner mengatakan, ternyata Papua memang tidak ada yang dimasak dengan cara digoreng. Alasannya nggak lain dan nggak bukan adalah karena memang sulit sekali minyak goreng ditemukan di tempat ini.

Hal ini mungkin juga karena Papua sebagai daerah yang paling luar di Indonesia sehingga pembangunan dan akses di Papua terbilang kurang. Oleh karena itu, bahkan bumbu seperti bawang dan garam aja sulit lho ditemukan di tempat ini.

2 dari 3 halaman

Dampak terhadap masyarakat Papua

Ilustrasi Papeda © Diadona

Namun, hal ini punya dampak yang positif lho terhadap masyarakat Papua sendiri. Dengan tidak makan-makanan berminyak, masyarakat Papua jadi lebih sehat karena makanannya diolah dengan cara yang sehat.

Makan makanan yang digoreng memang luar biasa nikmat. Tapi sebenarnya kurang sehat. Banyaknya kandungan minyak dalam makanan akan mengurangi gizi yang terkandung dalam makanan.

Namun begitu, nggak berarti masyarakat Papua sama sekali tidak pakai minyak, ya. Minyak yang sering digunakan adalah minbyak buatan sendiri yaitu minyak kelapa. Pasalnya, di Papua banyak ditanami pohon kelapa sehingga lebih mudah untuk memproduksi minyak kelapa.

3 dari 3 halaman

Menghargai Alam lewat Makanan

Sate Ulat Sagu © Diadona

Masyarakat Papua sangat menghargai alam dan segala hal yang diberikan alam untuk kesejahteraan manusia. Oleh karena itu, meraka menggunakan bahan yang benar-benar disediakan alam sebagai sumber makanan utama.

Masyarakat Papua memanfaatkan bahan seperti Keladi, Melinjo, daun Pakis, Kelapa, dan Bunga Pepaya. Ini sangat mudah mereka dapatkan di hutan-hutan di Papua yang masih asri. Bahkan di sekitar rumah mereka.

Bagi mereka yang tinggal di tepi pantai, mereka memanfaatkan laut dengan berburu ikan. Rata-rata mereka memasak dengan merebus, mengukus atau membakar. Dan jarang sekali mereka menggunakan teknik menggoreng secara deepfrying.

Hasil alam dipadukan dengan teknik masak masyarakat Papua, mnenjadikannya makanan yang sehat. Tidak heran Papua terkenal memiliki badan yang kuat serta sehat.

Beri Komentar