Kopi Joss Jogja, Sensasi Ngopi Dicampur Arang Membara yang Bikin Melek

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 11 Maret 2020 12:35
Kopi Joss Jogja, Sensasi Ngopi Dicampur Arang Membara yang Bikin Melek
Joss!! Kopinya langsung dimasukin arang yang membara.

Kopi memang sudah erat dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Bahkan kopi biasa dikonsumsi saat akan berangkat kerja ataupun saat nongkrong bersama teman-teman. Eratnya hubungan masyarakat dengan kopi melahirkan beragam penyajian yang khas di daerah-daerah tertentu.

Nah, ada salah satu penyajian kopi yang terbilang unik nih, yaitu Kopi Arang atau akarab disebut kopi Joss. Kopi ini disajikan langsung bersama arang panas yang dimasukan ke dalam segelas kopi. Waduh, gimana bentuknya, ya?

1 dari 3 halaman

Kopi Arang atau Kopi Joss

Kopi Joss Jogja © Diadona

Ya, seperti yang tadi diulas, cara penyajian minuman ini tergolong unik. Yaitu mencampur bara arang yang masih menyala ke dalam kopi tubruk yang masih panas. Seduhan kopinya akan mendidih di gelas hingga beberapa menit saat disajikan. Jadi, jangan langsung di minum ya, kalau nggak bibirmu jontor karena kepanasan.

2 dari 3 halaman

Sejarah

Kopi Joss Jogja © Diadona

Minuman ini sebenarnya sudah ada sejak sangat lama. Lebih tepatnya sudah ada sejak 1970-an di Yogyakarta. Nama " Joss" sendiri diambil dari suara arang yang masih panas saat dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air seduhan kopi.

3 dari 3 halaman

Khasiat

Apa nggak kotor, ya, masukin arang ke dalam kopi? Ternyata nggak lho. Masyarakat lokal percaya bahwa khasiat Kopi Yogyakarta ini adalah untuk detoksifikasi. Bukan tanpa alasan, ketika arang dipanaskan pada suhu tertentu, arang itu akan menjadi karbon aktif yang mampu mengikat racun. Ditambah lagi, kopi merupakan antioksidan alami yang mampu mengeluarkan racun dalam tubuh.

Selain itu, Kopi Joss Yogyakarta ini juga dipercaya dapat mencegah panas dalam dan kembung saat masuk angin. Penambahan arang panas juga dapat mengurangi kadar kafein yang ada dalam kopi. Jadi ini aman dikonsumsi untuk kamu penderita maag.

Kamu nggak perlu khawatir di mana akan mendapatkannya. Ini karena di Jogja kopi ini sudah cukup banyak. Seperti di Angkringan Kopi Jos Lik Man di Jalan Wongsodirjan, Angkringan Kopi Jos Pak Agus di Jalan P. Mangkubumi no. 5, Angkringan Kopi Jos Tugu di Jalan P. Mangkubumi No. 62 dan lain sebagainya. Mungkin ada kedai kopi jos lain yang belum kita sebutkan? Silahkan tulis di kolom komentar ya. Selamat menikmati kopi di Hari Kopi Nasional tanggal 11 Maret ini ya.

Beri Komentar