Kok Bisa Sih, Orang Indonesia Cinta Mati Sama Nasi?

Reporter : Nasa
Rabu, 12 Februari 2020 02:20
Kok Bisa Sih, Orang Indonesia Cinta Mati Sama Nasi?
Makan mie pakai nasi, semua-mua pakai nasi. Memang orang Indonesia itu : 'Belum makan kalau nggak makan nasi'

Sejak zaman sekolah SD dulu kita selalu diajarin kan, kalau makanan pokok bangsa Indonesia adalah nasi. Saking sukanya sama nasi nih,orang Indonesia secara umum punya stigma dalam bahwa nasi adalah makanan yang harus dikonsumsi jika ingin merasa kenyang. Katanya nih, ciri khas orang Indonesia itu bakalan bilang 'belum makan', meskipun udah makan 10 gorengan tapi belum makan nasi.

Bahkan saking fanatiknya sama nasi nih ya, orang Indonesia ini sampe harus nambahin nasi kalau lagi makan mie instan. Karena kalau makan mie aja, orang Indonesia nggak bisa ngerasa kenyang. Lalu juga ada yang bilang, kalau orang Indonesia nggak makan nasi itu pasti bakal lemes. Ada yang nggak kalah lucu juga nih, kebanyakan rumah makan atau resto steak di Indonesia pasti nyediain nasi juga.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Nasi © Diadona

Segitunya banget ya orang Indonesia kalau sama nasi, kok bisa sih, orang Indonesia cinta mati sama nasi? Ada yang udah tau jawabannya belum? Atau kalian juga kepo nih? Kenapa ya orang Indonesia bisa fanatik banget sama nasi. Yuk coba kita ulas satu persatu ya. Sebenernya sejarah nasi sebagai makanan pokok orang Indonesia ini sangat panjang. Ada beragam versi juga kenapa nasi jadi komoditas fanatik orang Indonesia.

Menariknya nih, ternyata nasi dulunya bukan merupakan makanan pokok utama orang Indonesia loh. Mungkin di antara kalian ada yang pernah dengar cerita dari orang tua kalian, bahwa zaman dulu hanya orang kaya yang bisa makan nasi. Sedang orang menengah dan juga orang miskin biasanya menggunakan sagu, nasi jagung, atau juga umbi-umbian yang diolah menjadi tiwul atau juga gatot sebagai makanan pokok.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Nasi © Diadona

Kalau menurut laman Historia, nasi baru menjadi makanan utama bagi sebagian penduduk Indonesia pada paruh abad ke 19. Tapi penduduk Indonesia kala itu sempat mengalami masa paceklik, sehingga mereka mulai beralih dari penggunaan beras sebagai makanan pokok sampai dengan akhir penjajahan kolonial Belanda. Kemudian, pada masa pemerintahan Suekarno dan Soeharto produksi padi kembali digenjot sebisanya untuk mewujudkan swasembada pangan.

Nah barulah euforia makan nasi di Indonesia semakin menggeliat, seiring dengan perkembangan perekonomiannya. Hampir seluruh masyarakat Indonesia kemudian bisa mengkonsumsi nasi. Kalau dulu nasi sempat identik sama orang kaya, stigma tersebut perlahan memudar loh seiring berjalannya waktu. Belum lagi banyaknya program pemerintah yang memberikan jatah beras untuk rakyat miskin. Nasi akhirnya jadi kebutuhan utama penduduk Indonesia.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Nasi dan Mie © Diadona

Terus meningkatnya kebutuhan orang Indonesia akan beras atau nasi ternyata juga menimbulkan polemik tersendiri. Peningkatan kebutuhan nyatanya nggak sebanding dengan pemenuhan kebutuhannya. Indonesia bahkan kedapatan mengimpor beras dari sejumlah negara untuk memenuhi kebutuhannya. Belum lagi polemik kesehatan yang diakibatkan dari tingginya konsumsi nasi sama orang Indonesia.

Karena suka banget sama nasi yang tinggi akan kandungan gula, orang Indonesia jadi banyak yang terkena diabetes. Ya mungkin nasi bukan penyebab utama orang Indonesia terkena diabetes, tapi kebiasaan makan nasi ini memang berpengaruh besar sama kecenderungan orang Indonesia terkena diabetes. Tapi mau gimana lagi, orang Indonesia udah kadung cinta sama nasi.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Nasi © Diadona

Nah sampe juga akhirnya untuk jawab pertanyaan awal tadi. Ada yang bilang nih, alasan orang Indonesia cinta mati sama nasi adalah karena nasi merupakan simbol kemakmuran dan kesejahteraan. Kalau ditarik lagi ke belakang, sejarah tanaman padi yang menjadi cikal bakal nasi merupakan simbol dari Dewi Sri. Jadi orang zaman dahulu percaya kalau mereka makan nasi, maka kehidupan yang dijalani akan makmur dan sejahtera.

Jadi itu loh alasan kenapa orang Indonesia harus makan nasi apa pun itu lauknya. Simbol Dewi Sri pada tanaman padi yang dijadikan nasi memang melekat sama kebudayaan orang Jawa dan Sunda. Makanya banyak daerah lain di Indonesia juga yang tidak menggunakan nasi sebagai makanan pokok.

Kemudian ada versi lain lagi nih, sebuah akun Quora dengan nama Yohanes Arif menjelaskan bahwa kecintaan orang Indonesia terhadap nasi, merupakan hasil dari komoditas politik pemerintah yang menggambarkan beras atau nasi sebagai simbol keberhasilan ekonomi. Jadi beras atau nasi sengaja dilekatkan dengan simbol kemakmuran dan kesejahteraan, sehingga rakyat bisa dengan mudah melihat tolok ukur keberhasilan suatu pemerintahan.

Wah pelik juga ya ternyata urusan cinta-cintaan sama nasi ini. Gimana nih menurut kamu? Jangan lupa sampaikan tanggapanmu pada kolom komentar di bawah ini ya.

Beri Komentar