Ketchup, Mari Mengenal Awal Mula Saus Tomat Ini

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 30 Desember 2019 10:24
Ketchup, Mari Mengenal Awal Mula Saus Tomat Ini
Ketchup ternyata berawal dari Cina. Lalu, saus ini menyebar ke Inggris hingga Amerika. Baru tahu, ya?

Siapa sih yang nggak tahu saus tomat?

Secara global, saus ini dikenal dengan Ketchup, terlebih di Amerika. Ketchup sangat diminati warga Amerika dengan. Dilansir dari National Geographic (28/11), 97 persen warga Amerika pasti memiliki 'ketchup' di rumahnya.

Meski saus tomat ini sangat terkenal di Amerika, ternyata penggugah 'ketchup' bukan berasal dari Amerika, melainkan Cina.

1 dari 3 halaman

Berasal dari China

Dikutip dari Listverse (28/11), asal muasal ketchup sebenarnya berasal dari Cina. Kata 'ketchup' berasal dari Hokkien (Cina) yaitu 'ke-tsiap', yang berarti saus ikan yang difermentasikan.

The Spruce Eats (28/11) memublikasikan sebelumnya bahwa para pedagang Cina kemudian melakukan perjalanan hingga Malaysia dan Indonesi, lalu terjadilah penyerapan kata 'ke-tsiap menjadi 'kecap' atau 'ketjap'.

2 dari 3 halaman

Merayap ke Inggris hingga Amerika

Di sisi lain, pada abad ke-17, kemungkinan besar nelayan Britis atau Inggris menemukan ketchup di Asia Tenggara, dan mencoba membuat tiruan saus tersebut sekembalinya mereka ke rumah. Pernyataan ini diperkuat dengan diterbitkan sebuah buku yang berjudul Kethup in Paste karya Richard Bradley pada tahun 1732.

Bahan-bahan yang digunakan orang Inggris divariasikan yaitu dengan menggunakan bahan-bahan seperti tiram, jamur dan kacang kenari. Dengan kata lain, dahulu 'kethcup' ini bukanlah saus tomat, melainkan saus jamur.

Orang-orang Inggris kemudian membawa saus jamur ini ke Amerika, dan berangsur-angsur saus tersebut mengalami perubahan.

3 dari 3 halaman

Perubahan Ketchup sampai Sekarang

Perubahan yang sangat signifikan adalah penambahan tomat, yang dibuktikan dengan munculnya sebuah resep ketchup pada tahun 1801 di buku The Sugar House Book karya Sandy Addison.

Perubahan lainnya adalah ketchup yang sudah matang ini kemudian dituangkan ke dalam botol. Hal ini sangat menguntungkan karena akan membuat ketchup bertahan lama dalam beberapa tahun.

 

Wah, lumayan panjang juga sejarah ketchup, ya. Kamu penggemar berat ketchup dan punya pandangan lain tentang sejarahnya? Berbagai, dong, di kolom komentar!

Beri Komentar