Kenalan sama Fiji Water, Air Mahal yang Dipakai Rachel Vennya Cuci Kepiting

Reporter : Hevy Zil Umami
Jumat, 17 April 2020 22:45
Kenalan sama Fiji Water, Air Mahal yang Dipakai Rachel Vennya Cuci Kepiting
Tidak pakai sembarang air, yang dipakai Rachel bikin netizen salah fokus.

Bagi kamu yang belum tahu, jadi baru-baru ini influencer tanah air, Rachel Vennya membuat sebuah video yang diunggah di channel YouTube mereka @Rachel & Niko, dan juga ditayangkan sedikit cuplikannya di Instagram Story, yang memperlihatkan dirinya sedang memasak kepiting.

Ia mendapat kiriman banyak kepiting dari seorang teman, maka ia berniat mengolahnya untuk dijadikan lauk. Rachel pun memperlihatkan proses mempersiapkan kepitingnya.

Pertama kepiting yang masih hidup direndam selama beberapa saat di air keran, lalu kepiting-kepiting itu direbus sampai matang dan berubah jadi kemerahan. Lalu Rachel membilas kembali kepiting yang sudah matang itu dengan air matang juga. Nah di sini nih momen yang buat netizen malah salah fokus.

1 dari 4 halaman

Rachel Vennya © Diadona

Bukannya memperhatikan bagaimana cara Rachel memasak, tapi yang bikin gagal fokus adalah air yang Rachel gunakan untuk mencuci si kepiting tadi. Terlihat Rachel menggunakan air mineral dalam kemasan dengan merk Fiji.

For your information, bagi kamu yang belum tahu ya, Fiji Water ini dikenal sebagai merk air mineral yang mahal. Harga untuk satu botol berisi 500 ml saja bisa mencapai harga Rp 50 ribu. Tentu bukan harga pasaran untuk sebotol air mineral ya.

Ditambah lagi, Rachel tidak menggunakan air ini untuk memasak, tapi hanya untuk mencuci si kepiting, alias airnya ya akan dibuang setelah digunakan untuk mencuci.

Lalu kenapa sih Fiji Water ini sebegitu mahalnya? Nih buat kamu yang penasaran, baca sampai habis ya.

2 dari 4 halaman

1. Dipasarkan sebagai 'Natural Artesian Water'

Fiji Water © Diadona

Klaim dari situs resmi Fiji Water, bahwa air mineral kemasan ini 100% berasal dari Kepulauan Fiji yang keasliannya masih terjaga. Letak pulau ini di area Samudera Pasifik Selatan dan sangat jauh dari negara industri terdekat.

Konon Fiji Water dikemas langsung di dekat sumber mata airnya. Tepatnya di wilayah terpencil Yaqara Valley di Pulau Viti Levu. Soal kualitas, Fiji Water disebut lain daripada yang lain.

Fiji Water dipasarkan sebagai 'Natural Artesian Water' ini berarti air ini berasal dari akuifer, yang adalah ruang bawah tanah yang terbentuk secara alami. Terdiri dari lapisan batuan vulkanik yang tembus air dan dihalangi batuan pelindung untuk membatasi masuknya kontaminan ke dalam akuifer. Dengan kata lain, Fiji Water sudah bersih secara alami.

3 dari 4 halaman

2. Tinggi Kandungan Mineral

Fiji Water © Diadona

Lalu bagaimana dengan kandungan mineral di dalamnya? Produsen Fiji Water mengklaim bahwa Fiji Water memiliki profil mineral unik yang membuat air ini terasa lembut, halus, dan merefleksikan air terbaik di bumi.
Untuk kandungannya berupa mineral silika, magnesium, dan kalsium. Fiji Water juga disebut-sebut memiliki 100% elektrolit alami seperti sodium, potassium, klorida.

Sementara tingkat keasaman (pH) Fiji Water nilainya 8 yang tergolong sebagai air alami. Pasalnya kalau minuman dengan pH di bawah 7 bersifat asam dan di atas 7 bersifat alkalin atau basa.

4 dari 4 halaman

3. Tapi tak Lepas dari Kontroversi

Fiji Water © Diadona

Baca Juga:

Atas semua klaim yang terdengar sangat indah itu, ternyata perusahaan air minum Fiji Water tidak lepas dari berita miring.

Tahun 2010 artikel SF Gate mengungkap adanya kontroversi terkait Fiji Water. Saat itu perdana menteri daerah Fiji, Bainimarama, menuduh perusahaan atau produsen Fiji Water memanipulasi nilai ekspor produk mereka supaya mengurangi pembayaran pajak perusahaan.

Selain itu Fiji Water juga mengatakan bahwa kehadiran usaha mereka akan menambah manfaat untuk warga lokal. Misalnya menyediakan lapangan pekerjaan.

Tapi ternyata terjadi kesenjangan ekonomi antara pendapatan perusahaan dan pengembalian ke warga lokal, hal ini akhirnya menyebabkan gangguan sosial di area sekitar sumber mata air berada. Kono juga terjadi perselisihan di beberapa wilayah.

Beri Komentar