Katanya Super Nikmat Kalau Makan Gorengan Langsung Gigit Cabe Rawit, Siapa sih yang Ngajarin?

Reporter : Nasa
Selasa, 31 Maret 2020 20:16
Katanya Super Nikmat Kalau Makan Gorengan Langsung Gigit Cabe Rawit, Siapa sih yang Ngajarin?
Nggak semua orang Indonesia gini sih. Tapi banyak yang bilang kalau makan gorengan itu nggak enak kalau nggak sama cabe. Tradisi dari mana sih ini?

Orang Indonesia tuh ya, selain harus makan nasi tiga kali sehari, juga harus makan gorengan buat cemilan di waktu-waktu senggang. Gorengan untuk sebagian orang bahkan wajib ada di momen-momen tertentu seperti pada pagi hari untuk pendamping minum teh atau kopi.

 Kemudian pas lagi rapat di kantor, sampai pas sore hari kalau udah nyampe rumah. Menariknya lagi, kebanyakan orang Indonesia kalau makan gorengan wajib langsung makan cabe. Katanya nih ya, makan gorengan sambil langsung makan cabe itu rasanya super nikmat.

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Gorengan © Diadona

2 dari 6 halaman

Kamu sepakat nggak nih? Ada juga sih sebagian orang yang lebih suka makan gorengan sambil dicocol ke petis udang. Tapi kayaknya lebih banyak yang suka makan gorengan langsung pake cabe deh.

Cabe yang biasa dimakan langsung bareng gorengan adalah cabe hijau, yang punya aroma khas dan pedesnya nendang. Lah terus, tradisi ini sebenernya dari mana sih. Siapa yang mulai duluan makan gorengan pake cabe hijau mentah yang super pedes?

3 dari 6 halaman

Ilustrasi Gorengan © Diadona

4 dari 6 halaman

Pertanyaan tersebut sudah dilempar pada media sosial Quora, yag tentunya mendapat beragam tanggapan. Menariknya, jawaban yang datang dari mereka yang datang dari berbagai daerah juga belum ada yang mengetahui pasti asal tradisi unik makan gorengan ini.

Akun Quora bernama Aprilian menyebut bahwa kebanyakan orang Sunda memang melakukan kebiasaan makan gorengan dengan langsung menggigit cabe. Menurtnya, salah satu alasannya adalah makan cabe bersamaan dengan makan gorengan bisa membuat ketagihan.

5 dari 6 halaman

Ilustrasi Gorengan © Diadona

6 dari 6 halaman

Sedang akun bernama Arga Akhmada menyebut bahwa dirinya berasal dari Jawa, dan menurutnya kebiasaan makan gorengan langsung pakai cabe ini sudah dilakukan turun temurun. Menurutnya, makan gorengan langsung dengan cabe bisa menimbulkan sensasi pecah dimulut.

Jadi sampai sekarang belum terpecahkan loh tradisi unik makan gorengan langsung pakai cabe. Kamu tahu jawabannya? Jangan lupa sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya.

Beri Komentar