Jangan Makan Doang! Yuk Kenalan Sama 5 Pendiri Restoran Cepat Saji Populer di Dunia Ini

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 5 Maret 2020 13:09
Jangan Makan Doang! Yuk Kenalan Sama 5 Pendiri Restoran Cepat Saji Populer di Dunia Ini
Sekarang udah terkenal, dulu perjuangannya berat banget lho.

Makan di restoran cepat saji atau fastfood mungkin menjadi hal yang disukai banyak orang. Mulai dari Mcdonald's KFC, sampai Burger penuh pengunjung saat weekend. Tapi tahu nggak? Di balik kepopuleran mereka, ada orang-orang yang menjadi pendiri restoran cepat saji ini. Siapa saja ya mereka? Yuk kenalan! Masa cuma makan doang nggak tahu yang bikin?

1 dari 5 halaman

1. Roy W Allen dan Frank Wright - A&W

Roy W Allen © Diadona

A&W adalah ini adalah salah satu restoran cepat saji populer di seluruh dunia. Ini diawali dari tiga tahun setelah Rowy W Allen membuka kedai pertamanya yang fokus menjual minuman hits di zamanya yaitu Root Beer di California pada tahun 1919. Kios pun dibuka setelah Frank Wright ikut bergabung.

Tahun 1925, A&W resmi diperkenalkan sebagai franchise. Hingga saat ini, franchise restoran ini sudah memiliki lebih dari 1.000 gerai dengan keuntungan sampai Rp 15,3 triliun.

2 dari 5 halaman

2. James W McLamore dan David Edgerton - Burger King

James W McLamore dan David Edgerton © Diadona

Sebenarnya, Burger King ini didirikan pertama kali oleh Keith J Kramer dan Matthew Burns pada 1957 tapi namanya masih Insta-Burger King. Nama ini ternyata diambil dari alat daging burger yang digunakan yaitu Insta-Broiler.

Terkendala masalah finansial, baru dua tahun berdiri perusahaan ini langsung dibeli oleh James McLamore dan David Edgerton. Namanya pun diganti dengan nama Burger King. Berkat mereka berdua restoran asal Florida tersebut memiliki lebih dari 15 ribu gerai di seluruh dunia. Pendapatannya pun mencapai Rp 22,3 triliun per tahun.

3 dari 5 halaman

3. Richard dan Maurice McDonald - McDonald's

Richard dan Maurice McDonald © Diadona

McDonald bersodara membuka gerai pertamanya dengan modal Rp 70 jutaan. Mereka Menamainya McDonalds pada tahun 1940. Dan nggak butuh waktu lama, keuntungannya berhasil mencapai Rp 600 juta dengan sajian utamanya hamburger dan hot dog.

Ray Kroc © Diadona

Melihat peluang bisnis ini, Ray Kroc pun membeli gerai McDonald pada tahun 1961 dan menjadikan McDonald's sebagai franchise terbesar saat ini. Bahkan orang-orang lebih mengenal Ray Kroc sebagai pendiri McDonald's dibandingkan McDonald's bersaudara. Kalau kamu nonton film The Founder pasti tahu deh kisahnya.

Saat ini, gerai McDonald's memiliki keuntungan mencapai Rp 293,5 triliun pertahun. Mereka juga punya 35 ribu gerai yang tersebar lebih di dari 100 negara.

4 dari 5 halaman

4. Harland "Colonel" Sanders - KFC

Colonel Sanders © Diadona

Kalau om yang satu ini pasti semua udah pada tahu sih. Harland David Sanders merupakan seorang pebisnis berkebangsaan Amerika yang mendirikan Kentucky Fried Chicken. Dia mulai aktif mewaralabakan bisnis ayamnya ini pada usia 65 tahun. Saat ini, usahanya telah tumbuh menjadi salah satu restoran cepat saji terbesar di dunia.

5 dari 5 halaman

5. William Rosenberg - Dunkin Donuts

William Rosenberg © Diadona

Dunkin Donuts didirikan pertama kali oleh William Rosenberg di tahun 1948. Namu, namanya masih Open Kettle. Setelah mendapat modal dari investor, gerai pertama Dunkin Donuts lengkap dengan logo barunya didirikan di Massacusetts tahun 1950.

Saat ini, Dunkin Donuts konsisten menyajikan donut dan kopi sejak pertama kali didirikanny dan memiliki lebih dari 12 ribu outlet di seluruh dunia. Keuntungannya bahkan mencapai Rp 18,1 triliun per tahunnya.

Beri Komentar