Jangan Dimakan Berdampingan, 5 Kombinasi Makanan Ini Bisa Membahayakan Kesehatanmu

Reporter : Firstyo M.D.
Kamis, 23 Januari 2020 09:00
Jangan Dimakan Berdampingan, 5 Kombinasi Makanan Ini Bisa Membahayakan Kesehatanmu
Kombinasi makanan berikut mungkin terlihat normal dan biasa kita konsumsi. Namun siapa sangka kalau ternyata di balik kenormalan itu terdapat bahaya yang mengintai kesehatanmu?

Pola diet dengan menerapkan food combining sudah umum dilakukan. Dalam pola tersebut, pelakunya akan mengombinasikan makanan dengan memikirkan zat-zat yang terkandung di dalamnya agar nggak bertabrakan dan bisa saling melengkapi.

Di luar pola diet food combining, ternyata memang ada beberapa kombinasi makanan yang harus kita waspadai untuk nggak dikonsumsi bersama. Sayangnya, beberapa kombinasi makanan berikut merupakan kombinasi umum yang biasa kita konsumsi. Oleh karena itu, dilansir dari brightside.me (22/01), berikut adalah kombinasi makanan yang bisa berpengaruh kurang baik untuk kesehatanmu.

1 dari 5 halaman

Sandwich Keju dan Kopi

Ilustrasi sandwich dan kopi © Diadona

Perpaduan ini umum dikonsumsi, terutama saat terburu-buru di waktu sarapan. Namun dengan kombinasi ini, sesungguhnya kamu telah menghilangkan manfaat dari roti dan keju. Karbohidrat pada roti akan menghambat kalsium untuk dicerna dengan baik. Terlebih kalau kamu meminum kopi instan yang nggak membawa manfaat kesehatan. Sandwich keju lebih baik dikonsumsi bersama teh putih atau teh hijau sebagai minuman pendamping.

2 dari 5 halaman

Tomat dan Timun

Ilustrasi salad tomat dan timun © Diadona

Tomat dan timun rawan bertemu saat kamu membuat salad. Meskipun salad adalah makanan yang menyehatkan, kamu juga harus memperhatikan manfaat isiannya. Mencampurkan tomat dengan timun dalam satu hidangan dapat mengganggu jalur biokimia pada tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kalsinasi dan pembekakan. Vitamin yang terkandung di dalamnya juga tidak dapat dicerna dengan baik. Makanlah tomat dan timun secara terpisah untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

3 dari 5 halaman

Kentang dan Daging

Ilustrasi steak dan kentang © Diadona

Siapa yang nggak suka perpaduan kentang goreng dengan steak daging? Nikmatnya steak bertemu gurihnya kentang menimbulkan kenyamanan sendiri di lidah. Sayangnya kombinasi ini juga nggak baik untuk tubuh. Kandungan pati di dalam kentang akan menghasilkan cairan pencernaan alkalotik sementara protein dari daging menghasilkan asam. Saat bertemu, keduanya akan berputar di perut dan menyebabkan gangguang seperti mulas, sendawa, dan buang gas. Konsumsi sayuran sebagai pendamping steak lebih disarankan ketimbang kentang.

4 dari 5 halaman

Pasta dan Daging Cincang

Ilustrasi pasta dan daging © Diadona

Kelenjar ludah menghasilkan enzim ptyalin dan amilase yang akan mengubah kandungan karbohidrat pati di dalam pasta menjadi gula. Ketika gula menutupi protein yang terkandung dalam daging cincang, maka terciptalah campuran kimia berbahaya yang bisa menyebabkan diabetes dan penyakit kardiovaskular. Lebih baik nikmati pasta sebagai hidangan terpisah dan coba pilih pasta yang terbuat dari gandum durum dipadu saus herbal.

5 dari 5 halaman

Susu dan Nanas

Ilustrasi susu nanas © Diadona

Buah yang asam akan membuat kerja pencernaan menjadi lebih lambat, terutama di pagi hari. Nanas yang mengandung enzim bromelanin dapat menyebabkan keracunan apabila dikombinasikan dengan produk yang mengandung susu. Aprikot kering atau plum lebih disarankan daripada nanas untuk dikonsumsi bersama susu.

Beri Komentar