Jangan Dibuang, Kulit Kentang Bisa Jadi Camilan

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 26 Desember 2019 14:57
Jangan Dibuang, Kulit Kentang Bisa Jadi Camilan
Jangan pernah membuang kulit kentangmu lagi. Kulit kentang ternyata bisa dibuat untuk varian camilan baru yang tidak kalah enak dari daging dalam kentangnya sendiri.

Kentang adalah tanaman dari keluarga umbi. Di Indonesia kentang masih tergolong mewah. Secara umum, kentang diolah untuk keripik dan menjadi camilan favorit saat santai atau bekal dalam perjalanan. Telah banyak produk olahan kentang yang disulap menjadi keripik dengan varian rasa-rasa unik yang menggugah selera.

Selain umbi pada kentang, ternyata kulit kentang juga bisa diolah kembali menjadi camilan. Bagi kamu yang ingin menambah variasi olahan kentang kesukaan, rekomendasi menu masakan ini bisa kamu buat sendiri di rumah.

Apakah tidak berbahaya mengonsumsi kulit kentang?
Perlu kamu ketahui bahwa kandungan dalam kulit kentang bisa membantu mengatasi permasalah anemia. Penelitian yang dilakukan oleh Widyastuti dan Kunsah dalam jurnal JLabMed menginformasikan bahwa kentang mengandung mengandung zat –zat yang penting untuk pembentukan jaringantubuh, seperti protein dan lemak. Kentang juga sebagai pembentukan sel-sel darah erah atau hemoglobin (Ca,P dan Fe) dan kandungan vitamin B nya dapat mencegah penyakit beri-beri.

Berikut beberapa resep keripik kulit kentang yang dapat diaplikasikan dari bahan sederhana, murah dan mudah didapatkan sesuai media aplikasinya.

1. Media Aplikasi Memanggang

Kulit Kentang DImasak dengan Dipanggang


Dengan memanfaatkan minyak zaitun dan bumbu, kamu bisa memanggang makanan ringan, ringan dan renyah. Tahap awal, bersihkan kulit kentang dan lumuri dengan minyak zaitun. Tambahkan garam dan merica lalu aduk hingga merata. langkah selanjutnya adalah sebar kulit kentang pada lembaran perkamen berlapis loyang. Panggang selama 15 menit pada suhu 400 derajat fahrenheit. Terakhir angkat loyang dan taburi dengan keju atau bumbu bubuk sesuai selera. Selamat mencoba.

2. Media Aplikasi Menggoreng

Kulit Kentang Dimasak dengan Digoreng


Tahap pertama goreng kulit kentang yang sebelumnya sudah dibersihkan pada minyak panas dan tiriskan, ditaruh wadah. Langkah selanjutnya tambahkan paprika bubuk, lada bubuk dan garam. Untuk menambahkan varian rasa lain kamu bisa menambahkan bubuk perasa seperti keju, balado, dan jagung.
Lalu, aduk hingga merata. Jika kamu ingin mendapatkan sensasi lain, maka kamu perlu mencoba dimakan dengan mayones.

Bagaimana, mudah dan nggak ribet bukan? Dari pada kamu membuang kulit kentangnya, lebih baik kamu olah menjadi camilan lezat dan tentunya nendang di lidah. Bagaimana menurut kamu tentang camilan kulit kentang ini? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar