Jadi Menu Andalan Restoran Fast Food, Ayam Krispi Tuh Dulu Makanan Budak

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 4 Maret 2020 06:00
Jadi Menu Andalan Restoran Fast Food, Ayam Krispi Tuh Dulu Makanan Budak
Ayam goreng krispi emang enak. Tapi ternyata punya sejarah yang cukup panjang lho.

Siapa sih yang nggak kenal dengan ayam goreng. Olahan ayam yang dibalut dengan tepung yang kemudian digoreng di minyak panas ini menjadi makanan nikmat yang banyak di temui di gerai Fastfood yang ada di seluruh dunia.

Tapi kalau ditanya, dari mana sih asal ayam goreng krispi ini pasti kamu akan menjawab Amerika, padahal tidak. Kali ini, kita akan membahas sejarah dari makanan yang udah mendunia ini, yuk kita simak.

1 dari 3 halaman

Sejarah

Ilustrasi Ayam Goreng Crispy © Diadona

Memang metode penggorengan ayam telah disempurnakan di Amerika Serikat. Namun ternyata, dilansir dari How Stuff Work, ayam goreng ternyata berasal dari Skotlandia atau mesir Kuno. Meskipun nggak ada kelompok yang muncul sebagai inovator ayam goreng, sejarawan percaya kalau orang Skotlandia dan Mesir Kuno lah yang memiliki andil di dalamnya.

Diketahui antara 7500 hingga 5000 sebelum masehi, ayam rebus muncul terlebih dahulu di Cina, Afrika, Barat, dan Timur Tengah. Makanan ayam tersebut lalu ada di Mesir Kuno. Hal ini diketahui dari gambar yang menghiasi kuburan Firaun di mana budak pembangun piramida diberi makan daging ayam.

Daging ayam kemudian menyebar ke Yunani dan Mediterania. Penyebaran ayam goreng di Amerika dibawa oleh orang-orang Skotlandia. Warga Skotlandia lebih menyukai ayam goreng dibanding ayam panggang seperti orang Inggris.

2 dari 3 halaman

Ayam goreng makanan budak orang Afrika

Ilustrasi Ayam Goreng ala KFC © Diadona

Sebelum Ayam Goreng menyebar dari Skotlandia ke Amerika, resep ini ternyata tidak lepas dari orang-orang Afrika yang dijadikan budak pada saat itu. Pemisahan golongan tertentu membuat ayam goreng berkembang. Budak di Selatan dilarang memiliki babi atau ternak. Namun mereka dibiarkan memelihara ayam. Dari sanalah budak lebih banyak makan ayam ketimbang daging sapi atau babi.

Sayangnya, makan ayam goreng mendapat stereotip yang kurang bagus. Pada abad 19 seorang penulis bahkan mencatat sebuah sindiran " Orang negro jika dipisahkan dari ayam mungkin akan meninggal,"

3 dari 3 halaman

Perkembangan Ayam Goreng di Amerika

Ilustrasi Ayam Goreng Tepung © Diadona

Selama perang sipil di Amerika, wanita Afrika-Amerika di Gordonsville, Virginia, Amerikas Serikat sering menjual ayam goreng dan makanan lain pada penumpang di kereta api. Dari sinilah Gordonsville dikenal sebagai ibu kota ayam goreng di dunia.

Ayam goreng semakin mendunia ketika diperkenalkan oleh Kolonel Sanders yang kita kenal dengan KFC. Namun, tentu saja kesuksesannya tidak muncul dalam satu malam. Harland Sanders dulu sempat menjual ban, dan pemilik SPBU setelah pensiun dari pekerjaanya sebagai tentara.

Kesuksesannya pun baru dimulai pada usia 65 tahun ketika ia mengunjungi jalan untuk menjual resep ayam goreng dan menggunakan hak namaKentucky Fried Chicken untuk bisnis dengan imbalan royalti lima sen untuk setiap ayam yang dijual. Lalu pada 1964 sudah ada 600 waralaba Kentucky Fried Chicken dan makin menjamur hingga saat ini.

Ternyata panjang ya perjalanan ayam goreng hingga bisa kita nikmati saat ini. Udah makan Ayam Goreng Krispi hari ini? Jangan lupa ajak mimin ya. Hehehe

Beri Komentar