Ikan Buntal Sangat Beracun Tapi Tetap Digemari Orang Jepang, Doyan Bunuh Diri Kali Ya?

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 14 Maret 2020 05:44
Ikan Buntal Sangat Beracun Tapi Tetap Digemari Orang Jepang, Doyan Bunuh Diri Kali Ya?
Salah makan, brabe urusan!

Ikan yang termasuk dalam famili tetraodontidae dengan ordo tetraodontiformes ini adalah ikan yang memiliki tulang belakang yang luas, besar dan sangat tipis. Dan, ikan ini adlaah termasuk hewan bertulang belakang yang sangat beracun kedua di dunia setelah katak emas beracun. Hmm Serem banget, ya.

Racun yang dimiliki ikan buntal ini biasa disebut tetradotoksin. Bagian tubuh yang mengandung racun ini adalah hati, ovarium kulit dan usus halus. Racun ini sangat tahan terhadap panas. Namun, dibalik racunnya yang mematikan, orang Jepang ternyata sangat menggemari makan ikan ini. Apa nggak berbahaya?

1 dari 1 halaman

Cara Pengolahan di Jepang

Olahan Ikan Buntal © Diadona

Ikan buntal sangat digemari di Jepang. Oleh karena itu, orang Jepang sangat teliti dan hati-hati dalam memilih bagian tubuh mana yang akan dimakan. Bagian tubuh ikan buntal yang dimakan tentu adalah dagingnya. Nggak hanya itu, telur ikan buntal juga sangat kaya akan gizi.

Olahan Ikan Buntal © Diadona

Perlu berhati-hati, bagian lainnya sangat nggak dianjurkan untuk dikonsumsi, karena mengandung racun. Bahkan hingga saat ini, racun dari ikan buntal masih belum ada penawarnya.

Bagaimana? Tertantang untuk makan kuliner ekstrem yang satu ini?

Beri Komentar