Familiar dengan mangkuk Ayam Jago? Ternyata Udah Ada Sejak 500 Tahun yang Lalu, Lho!

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 27 Februari 2020 06:00
Familiar dengan mangkuk Ayam Jago? Ternyata Udah Ada Sejak 500 Tahun yang Lalu, Lho!
Mangkuk bergambar ayam jago yang terkenal di Indonesia ini ternyata sudah ada sejak tahun 1465-1486.

Kamu pasti sangat familiar dengan mangkuk ayam jago ini. mangkuk ini biasanya kamu temui ketika sedang enak menyantap bakso atau mie ayam. Kira-kira sejak kapan ya ada mangkuk ini? Nah kali ini kita akan membahas sejarahnya. Yuk kita simak!

1 dari 2 halaman

Sejarah

Awal mulanya mangkuk ayam jago dimulai pada masa Dinasti Ming periode pemerintahan Kaisara Chenghua (1465-1487). Saat itu, kaisar memesan empat mangkuk bergambar ayam jago dan ayam betina pada pengrajin keramik khusus kekaisaran di daerah Jingdezhen (Provinsi Jiangxi) yang sudah terkenal menghasilkan keramik untuk istana sejak abad 6 masehi.

Mangkuk Ayam Jago © Diadona

Kaisar Chenghua memesan empat mangkuk ayam itu sebagai tanda cinta. Mangkuk tersebut terkenal dengan nama Jiganbei atau Cawan Ayam. Terdiri dari gambar ayam jago, betina, dan anak ayam yang memiliki makna kemakmuran.

2 dari 2 halaman

Filosofi

Mangkuk Ayam Jago © Diadona

Mangkuk ayam jago memiliki makna simbolis. Kata Ji, yang memiliki arti ayam, mirip bunyinya dengan kata Jia yang memiliki arti " Rumah" , dan gambar tanaman peoni melambangkan kekayaan. Sementara pohon pisang dengan daun lebar bermakna keberuntungan untuk keluarga. Dengan kata lain, mangkuk, Ayam jago merupakan simbol keberuntungan, kerja keras, dan kemakmuran.

Ternyata para Kaisar-Kaisar Tiongkok sangat menyukai mangkuk ayam jago tersebut. Bahkan mereka berani mematok harga mahal untuk gambar ayam jago ini.

Mangkuk Ayam Jago © Diadona

Hingga saat ini, mangkuk ayam jago tetap eksis menemani abang-abang bakso dan mie ayam di pinggir jalan. Duh, jadi pingin makan mie ayam atau bakso nih. Jangan lupa share ke temen-temen kamu ya. Semoga Bermanfaat.

Beri Komentar