Diklaim Lezat dan Sehat, Kuliner Telur Lelaki Perjaka Ini Direbus Pakai Pipis Anak-Anak

Reporter : Nasa
Kamis, 12 Maret 2020 09:00
Diklaim Lezat dan Sehat, Kuliner Telur Lelaki Perjaka Ini Direbus Pakai Pipis Anak-Anak
Kuliner ekstream ini berasal dari negeri tirai bambu, Tiongkok.

Kayaknya Tiongkok selalu memiliki hal unik yang selalu mencengangkan ya. Mungkin di dunia ini, prosentase tertinggi makanan paling unik ditempati sama negara tersebut. Kalau beberapa waktu lalu sempat beredar makanan dari hewan anti mainstream dari Tiongkok.

Ternyata itu bukan apa-apanya loh. Nyatanya ini ada kuliner yang lebih ekstream, yakni telur lelaki perjaka yang direbus dengan pipis anak-anak. Katanya pipis yang digunakan adalah pipisnya anak laki-laki. Kabarnya, kuliner ini bahkan bisa mencegah penyakit stroke.

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Telur Perjaka/ Tong Zi © Diadona

Dilansir dari laman Elite Readers, telur lelaki perjaka berasal dari daerah Dongyang. Kuliner tersebut harus dibuat dari telur yang direbus dengan air pipis anak laki-laki yang usianya tak lebih dari 10 tahun. Anak laki-laki yang diambil pipisnya juga harus dalam kondisi sehat.

Kuliner ekstream ini kabarnya sudah berumur ratusan tahun loh. Penduduk setekmpat biasa menyebutnya dengan Tong Zi, atau jika dirtikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi telur lelaki perjaka. Menu kuliner tersebut merupakan kuliner khas musim semi.

 

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Telur Perjaka/ Tong Zi © Diadona

Prosesnya memakan waktu cukup lama. Tahap pertama yang hatus dilakukan adalah menyiramkan air pipis anak laki-laki pada telur yang sudah dikumpulkan dalam wadah. Kemudian direbus sampai mendidih. Telur-telur yang sudah matang kemudian diangkat, lalu diretakkan, agar cairan pipis bisa meresap sempurna ke dalam telur.

Kuliner unik tersebut kabarnya sangat disukai oleh masyarakt Dongyang . Telur lelaki perjaka ini bisa ditemui dengan mudah dijalanan Dongyang pada saat musim semi datang. Ada yang bilang, kalau telur lelaki perjaka disebut memiliki cita rasa lezat.

 

3 dari 3 halaman

Rasanya lebih segar, sedikit asam, dan cenderung asin. Katanya nih, jika disimpan dalam suhu yang tepat, teli lelaki perjaka ini bahkan bisa menjadi sangat nikmat untuk dimakan. Namun demikian, ada juga masyarakat daerah setempat yang ternyata tak terlalu menyukai kuliner ini.

Bau menyengat dan alasan higienitas tentu menjadi alasan utamanya. Kabarnya ada pakar kesehatan yang bahkan sudah mengeluarkan statement bahwa telur lelaki perjaka mungkin tidak baik untuk tubuh. Karena air pipis manusia tentu mengandung banyak sekali zat-zat berbahaya.

Tapi, telur lelaki perjaka sudah menjadi salah satu makanan yang menjadi warisan budaya dan sudah ditetapkan sama pemerintah setempat loh. Gimana nih, kamu penasaran mencobanya?

Beri Komentar