Dari Putu hingga Perkedel, Ternyata 5 Nama Makanan Ini adalah Singkatan

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 14 Februari 2020 15:46
Dari Putu hingga Perkedel, Ternyata 5 Nama Makanan Ini adalah Singkatan
Makanan-makanan ini mungkin tidak asing lagi di telinga kalian. Tapi pernah nggak mikirin, dari mana sih nama itu diambil.

Ternyata beberapa makanan diambil dari singkatan lho. Seperti Ketoprak, Putu, Perkedel dan lainnya. Nah kali ini kita akan bahas apa sih singkatan dari nama-nama makanan itu. Yuk kita simak.

1 dari 5 halaman

1. Ketoprak

Ilustrasi Ketoprak © Diadona

Ketoprak adalah makanan khas Betawi yang kini banyak dijumpai di berbagai kota di Indonesia. Mungkin belum banyak yang tahu kalau nama ketoprak sebenarnya adalah singkatan. Nama itu diambil dari kata Ketupat Toge yang digeprak.

2 dari 5 halaman

2. Doger

Es Doger © Diadona

Hmm, panas-panas gini enaknya minum es doger, ya. Minuman pelepas dahaga ini ternyata juga dari singkatan lho. Nama doger diambil dari kata Dorong Gerobak.

3 dari 5 halaman

3. Perkedel

Ilustrasi Perkedel © Diadona

Nah, kalau yang satu ini pasti sudah nggak asing lagi dong. Tekstur lembut dari kentang dan irisan daging di dalamnya membuat perkedel cocok untuk lauk makanan pendamping kuah. Ternyata perkedel juga merupakan singkatan, lho. Perkedel diambil dari kata Persatuan kentang dan telur.

4 dari 5 halaman

4. Putu

Ilustrasi Putu © Diadona

Bagi yang belum tahu tentang putu, makanan ini terbuat dari tepung, kelapa yang di dalamnya diberi gula merah dan pewarna hijau pandan sehingga rasanya menjadi manis gurih. Cara memasaknya pun cukup unik dengan dikukus menggunakan uap sehingga menimbulkan suara seperti peluit. Nah, ternyata Putu itu adaalah singkatan dari Pedagang Umum Tenaga Uap.

5 dari 5 halaman

5. Cuanki

Ilustrasi Cuanki Serayu © Diadona

Kalau yang satu ini pasti udah banyak yang tahu, ya. Cuanki memang banyak ditemui di pinggir jalan. Namun saat ini sudah banyak dijumpai penjual Cuanki yang sudah mempunyai tempat sendiri. Ternyata, Cuanki adalah singkatan dari Cari Uang Jalan Kaki karena memang dulu penjual Cuanki menjual makanannya berkeliling dengan berjalan kaki.

Itu dia 5 makanan yang ternyata diambil dari singkatan. Mungkin ada makanan lain yang ternyata adalah singkatan, silahkan tulis di kolom komentar, ya. Jangan lupa share ke temen-temen kamu.

Beri Komentar