Daftar Makanan yang Harus Disajikan saat Perayaan Imlek, Bakal Bawa Hoki Sepanjang Tahun

Reporter : Kurnia
Senin, 31 Januari 2022 11:27
Daftar Makanan yang Harus Disajikan saat Perayaan Imlek, Bakal Bawa Hoki Sepanjang Tahun
sudah siapkan di rumah?

Sebentar lagi, Tahun Baru Imlek akan segera dirayakan dengan penuh suka cita. Bersama keluarga tercinta, Tahun Baru Imlek biasanya begitu erat dan selalu berdampingan dengan perjamuan makan malamnya yang khas.

Tentunya tidak akan lepas dari hidangan-hidangan yang selalu memiliki folifosis dan makna mendalam dari warisan nenek moyang.

1 dari 6 halaman

Tak disajikan dengan cuma-cuma, berbagai jenis makanan yang dihadirkan saat perayaan Tahun Baru Imlek biasanya diyakini akan membawa keberuntungan dan hoki sepanjang tahun loh.

Lantas, makanan apa saja sih yang biasanya diwajibkan hadir saat merayakan Tahun Baru Imlek di Indonesia? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini ada daftar makanan yang wajib disajikan saat perayaan Tahun Baru Imlek.

2 dari 6 halaman

Siu Mie

Siu Mie, hidangan wajib khas Imlek berupa mie goreng berisi kol, wortel, bakso, sosis, dan toping yang melambangkan panjang umur. Saat merayakan Tahun Baru Imlek dengan makan siu mie berarti, kamu memiliki harapan umur panjang, rezeki berlimpah, dan kebahagiaan.

Untuk masyarakat Tionghoa biasanya menyantap mie harus dari bagian paling ujung tanpa terpotong agar harapan-harapan mereka bisa terwujud.

Kue mangkok

Kue mangkok terbuat dari tepung beras, tepung terigu dan tapai singkong yang kemudian dikukus. Sekilas, kue mangkok mirip dengan bolu kukus. Bentuk kue mangkok yang merekah melambangkan rezeki yang berkembang.

3 dari 6 halaman

Yu sheng

ilustrasi imlek © Diadona

Yu Sheng, salad ikan segar dengan irisan halus sayuran selalu hadir di meja makan saat perayaan Tahun Baru Imlek. Yu Sheng biasanya menggunakan ikan tuna atau salem dan sayur-sayuran yang berisi wortel, lobak, atau timun.

Makanan ini wajib hadir di perayaan Imlek karena bermakna untuk meningkatnya kelimpahan dan kemakmuran.

Cara memakan Yu Sheng juga sangat berpengaruh bagi masyarakat Tionghoa. Biasanya mereka mencampurnya dengan saus. Saat mencampurnya, ikan dan sayuran harus diangkat setinggi mungkin di atas piring karena tinggi makanan tersebut diangkat, maka semakin tinggi juga peruntungan kamy di tahun ini.

4 dari 6 halaman

Babi

Mengonsumsi babi saat Imlek diyakini membawa keberuntungan bagi mereka yang merayakan.

Hal ini tentu karena babi dianggap sebagai penampung rezeki, Diazens. Perut babi dengan lemak berlapisnya melambangkan kemakmuran di tahun baru.

Ikan bandeng

Ikan juga merupakan makanan khas Imlek yang wajib ada di meja makan. Di Indonesia, ikan yang biasa dihidangkan adalah jenis ikan bandeng. Kata ‘ikan’ dalam aksara Mandarin yang artinya ‘yu’. Yu diartikan sebagai sumber rezeki bagi yang mengonsumsinya saat Imlek.

Biasanya, ikan disajikan dalam bentuk utuh dari kepala sampai ujung ekornya sebagai bentuk yang mewakili awal dan akhir yang baik untuk bulan-bulan mendatang. Menurut kepercayaan, makan ikan saat Imlek akan mendatangkan rezeki dan keuntungan yang melimpah loh, Diazens.

Ilustrasi Daging Babi © Diadona

5 dari 6 halaman

Telur rebus teh

Telur rebus teh atau telur pindang meruapakan olahan telur yang direbus dengan berbagai bumbu, kecap, dan daun teh hitam dengan rasa, aroma, dan tampilan yang khas.

Telur yang biasa digunakan sebagai telur teh adalah telur ayam yang melambangkan kesuburan dan dipercaya membawa kesejahteraan di tahun baru Imlek.

Sup Bentuk Delapan

Sup delapan bentuk merupakan makanan khas Imlek yang melambangkan keberhasilan usaha atau bisnis atau keberuntungan yang tak pernah terputus seperti angka 8.

Semangkuk sup delapan bentuk menyimbolkan kemakmuran dan harapan agar bisnis berkembang pesat.

6 dari 6 halaman

Jangan lupa siapkan di rumah, ya!

 

Beri Komentar