Cara Membuat Pancake Sederhana Rasa Pisang dan Coklat serta Tips Anti Gagal

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 7 Desember 2020 21:57
Cara Membuat Pancake Sederhana Rasa Pisang dan Coklat serta Tips Anti Gagal
Cara membuat pancake emang sederhana banget, tapi perhatikan juga apa aja faktor yang bikin pancake jadi bantat dan nggak tampil sempurna.

Dengan cara membuat pancake sederhana, kamu bisa menikmati menu sarapan yang sehat, lezat dan no ribet-ribet. Kebayang kan pagi yang hectic tapi masih kudu mikirin sarapan dengan makanan apa? Nah, pancake-lah jawabannya.

Cuman dengan tiga bahan yang dicampur jadi satu dan waktu kurang dari 10 menit, dijamin deh cara membuat pancake sederhana akan segera menjadi andalanmu mengawali hari.

Menariknya lagi, adonan pancake bisa kamu simpan dalam wadah kedap udara trus ditempatkan di kulkas selama paling nggak sekitar tiga hari sehingga bisa kamu cetak sewaktu-waktu kamu membutuhkannya. Setelah keluar dari kulkas, adonan tentu akan jadi lebih kental dibandingkan saat pertama kali membuatnya. Tapi ini bisa kamu siasati dengan menambahkan cairan seperti susu sebelum memasaknya kembali. Dengan begini, cara membuat pancake sederhana jadi lebih mudah nan praktis, bukan?

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Pancake Sederhana di Rumah

Cara Membuat Pancake Sederhana © Diadona

Dalam dunia per-baking-an, nama Tintin Rayner udah dikenal luas selalu bisa memberikan resep makanan yang mudah, lezat dan anti gagal yang layak kamu cobain di rumah. Dan pancake dari resep ibu tiga anak ini nggak boleh kamu lewatkan.

Bahan

- 130 gr tepung terigu protein sedang atau yang biasanya beredar dengan merk Segitiga Biru ml. Bila kamu nggak memiliki timbangan dalam cara membuat pancake sederhana, kamu bisa menghitungnya menggunakan sendok makan dengan takaran setiap 1 sdm sekitar 8 gram tepung terigu.
- 150 ml buttermilk yang dibuat dari 150 ml susu cair ditambah dengan 2 sdm air jeruk nipis, lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit.
- 1,5 sdm gula pasir
- 1 sdt baking powder
- 1/2 sdt baking soda
- 1/4 sdt garam halus
- 1/4 sdt vanilla bubuk
- 1 butir telur
- 2 sdm butter, lelehkan. Bila tak ada butter, bisa menggunakan mentega kok.

Cara membuat pancake sederhana dimulai dengan mencampur semua bahan-bahan kering dalam wadah, terus aduk sampai rata.

Masukkan telur, kocok lepas. Trus masukkan dalam bahan kering tadi. Selanjutnya masukkan buttermilk, mentega cair, trus aduk rata namun namun jangan berlebihan. Ini penting dalam cara membuat pancake sederhana agar adonan nggak bantat.

Adonan yang udah jadi bentuknya nggak terlalu encer. Kalau udah, selanjutnya tinggal dicetak deh.

Panaskan wjana anti lengket, trus tuang adonan ke wajan dan lihat deh nantinya akan ada lubang-lubang kecil yang terbentuk di atas adonan. Diamkan sebentar trus balik, tunggu 1-2 menit trus angkat.
Sajikan selagi hangat dan tambahkan topping sesuai selera.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Pancake Pisang Sederhana

Cara Membuat Pancake Sederhana © Diadona

Bosan dengan pancake biasanya? Kamu bisa menambahkan buah pisang dalam adonan pancake kamu nih. Rasanya yang legit dan manis nggak cuman menambah cita rasa dalam cara membuat pancake sederhana, tapi juga meningkatkan nilai gizi dari menu sarapan kamu ini.

Dalam satu buah pisang terdapat kandungan 99 kalori, 25,8 mg karbohidrat, 1,2 gr protein, 0,7 gr serat, 8 mg kalsium dan 0,2 gr lemak. Jangan lupa, pisang juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan juga air. Karenanya pisang sangat baik dikonsumsi untuk sarapan.

Saat memilih buah pisang dalm cara membuat pancake sederhana, pastikan hanya menggunakan buah pisang yang udah matang sehingga kamu mendapatkan rasa manis dan tekstur lembut pisang. Yuk intip resep pancake pisang dari Susi Agung berikut ini:

Bahan

- 200 gram tepung terigu serbaguna atau tepung terigu protein sedang, biasanya merk Segitiga Biru. Kalau kamu nggak memiliki timbangan, 200 gram tepung terigu ini setara dengan 20 sdm tepung terigu.
- 2 buah pisang ambon yang matang sekali. Kupas, tempatkan dalam wadah lalu haluskan menggunakan garpu
- 200 ml susu cair
- 1 sdm gula pasir
- 2 sdm butter/margarin yang sudah dilelehkan. Kalau persediaan kamu sudha habis, kamu bisa menggantinya dnegan minyak sayur lho!
- 1/4 sdt garam
-1 sdt baking powder

Cara Membuat Pancake Sederhana dengan Buah Pisang

Pertama-tama, kocok lepas telur trus tambahkan pisang yang udah dihaluskan. Masukkan susu cair, garam dan butter atau margarin leleh.

Aduk seluruh bahan tersebut sampai rata, trus sisihkan.

Nah di wadah yang terpisah, campur bahan-bahan kering seperti tepung terigu, gula, baking powder dan yang lainnya. Aduk sampai rata.

Masukkan adonan cair (pisang + susu) ke dalam adonan kering, aduk sampai tercampur rata aja. Jangan terlalu lama mengaduknya ya karena bisa bikin adonan jadi bantet.

Selanjutnya, panaskan wajan anti lengket. Gunakan api sedang saja yah. Tuang satu sendok sayur adonan ke wajan trus diamkan sebentar sampai bagian bawah adonan jadi sedikit coklat trus balik. Lakukan sampai semua adonan habis.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Pancake Coklat Sederhana

Cara Membuat Pancake Sederhana © Diadona

Pecinta coklat mana suaranya? Pasti nggak mau ketinggalan dengan gimana cara membuat pancake sederhana dengan rasa coklat yang nendang berikut ini. Yuk intip resepnya dari Muslikhah Ayu berikut:

Bahan yang dibutuhkan

- 6 sdm tepung terigu
- 1 butir telur
- 4 sdm gula pasir
- 1 sdm coklat bubuk
- 1 sachet susu kental manis
- 1 sdt baking powder
- Secukupnya garam
- 2 sdm mentega yang sudah dilelehkan
- Secukupnya air

Cara membuat pancake coklat sederhana

Pertama, kocok telur dan gula menggunakan whisk sampai gula larut

Trus masukkan bahan lain dan tambahkan air sampai tingkat kekentalan yang diinginkan.

Selanjutnya, cetak pancake di teflon yang udah dipanaskan di atas api sedang. Balik ketika bagian bawah telah berwarna kecoklatan, dan sajikan.

4 dari 4 halaman

Tips yang Harus Diperhatikan dalam Cara Membuat Pancake Sederhana

Cara Membuat Pancake Sederhana © Diadona

Cara membuat pancake sederhana memang mudah, tapi ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar pancake buatanmu tersaji dengan sempurna. Apa saja?

Pastikan Kesegaran Baking Powder

Baking powder yang udah kadaluarsa bakalan bikin pancake kamu nggak ringan atau lembut. Jadi sebelumnya, periksa terlebih dahulu kapan tanggal kedaluarsa bahan tersebut sebelum menggunakanannya. Kenapa sih baking powder ini penting? baking powder akan menghasilkan gas karbon dioksida, dan menciptakan gelembung-gelembung udara pada permukaan pancake yang dimasak. Gelembung udara inilah yang memberikan efek fluffy atau mengembang pada pancake.

Ayak Bahan Kering

Untuk menghindari bahan kering yang menggumpal setelah dicampurkan dengan bahan basah dan mencegah pengadukan yang berlebihan, ayak dulu bahan-bahan kering kamu ya.

Jangan Sampai Overmix!

Nggak apa-apa deh ada beberapa gumpalan pada bahan ketimbang mengaduk secara overmix atau berlebihan. Karena kalau sampai terjadi overmix pada cara membuat pancake sederhana, pancake kamu bakalan bantat. Kalau kamu udah mengadukan bahan kering terlebih dahulu trus memasukan bahan basah, maka adonan bakalan lebih mudah bercampur cuman dengan beberapa kali adukan.

Istirahatkan Adonan

Istirahatkan adonan setidaknya 15 sampai 30 menit sebelum dipanggang. Dalam cara membuat pancake sederhana, waktu tersebut cukup untuk tepung menyerap cairan sehingga beberapa gumpalan bisa terurai dengan sendirinya.

Gunakan Wajan Besar

Dengan wajan yang besar kamu lebih mungkin mencetak paling tidak tiga pancake sekaligus. Ini penting untuk mempertahankan panas yang cukup.

Gunakan Api Sedang

Dengan menggunakan api sedang dalam cara membuat pancake sederhana, maka proses aktivasi baking powder menjadi lebih cepat, sehingga akan tercipta gelembung-gelembung udara besar dan membuatnya lebih mengembang. Nah, di sinilah kunci letak ke-fluffy-an pancake.

Cara membuat pancake emang sederhana banget, makanya sering jadi pilihan untuk menu sarapan enak. Yuk cobain!

Beri Komentar