Cara Membuat Jamur Krispi Tiram yang Renyah dan Tips Rahasia Agar Kriuk Tahan Lama

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 30 Desember 2020 10:32
Cara Membuat Jamur Krispi Tiram yang Renyah dan Tips Rahasia Agar Kriuk Tahan Lama
Belum nemuin cara membuat jamur krispi yang renyahnya tahan lama? Ssst.. ada tipsnya lho!

Tahukah kamu kalau sebenarnya cara membuat jamur krispi tuh gampang banget lho. Sayangnya bila tak sesua di salah satu langkahnya, maka bisa bikin jamur jadi lembek dan berminyak.

Jamur krispi sering ada di warung lalapan dan sajian yang cocok banget untuk mereka yang sedang mengurangi konsumsi protein hewani. Selain enak, harganya juga murah meriah. Di pasar tradisional, satu bungkus jamur tiram bisa kamu dapatkan dengan harga cuman sekitar Rp. 5 ribu rupiah aja. Kalau dibikin jamur krispi, satu bungkus tersebut udah bisa buat lauk makan berdua lho!

Biar kamu punya banyak referensi, simak yuk cara membuat jamu krispi yang udah Diadona kumpulkan dari berbagai sumber berikut ini:

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Jamur Krispi Renyah

Cara Membuat Jamur Krispi © Diadona

Jamur krispi yang renyah cocok nggak cuman buat lauk tapi juga camilan di kala santai. Nikmati dengan cocolan sambal pendamping makanan atau saos sambal, hmm, gurih banget!

Yuk coba intip resep dan cara membuat jamur krispi yang dibagikan oleh Dapur Airin berikut ini:

Bahan
- 500 gram jamur tiram
- 1 siung bawang putih
- air secukupnya

Bahan basah
- 1 butir telur, kocok lepas

Bahan kering
- 250 gram tepung terigu
- 2 sdm maizena
- garam, penyedap rasa secukupnya
- Aduk rata semua bahan

Cara membuat jamur krispi

Pertama, panaskan air sampai mendidih, cuci bersih jamur dengan air mengalir trus rendam jamur dengan air panas tersebut kira-kira lima menit aja. Tiriskan, peras sampia kandungan airnya hilang atau bisa dilap dengan tissue

Haluskan bawang putih, campurkan dengan jamur. Celupkan jamur ke kocokan telur, kibas-kibas dikit agar nggak kelebihan lapisan telur

Cara membuat jamur krispi selanjutnya yaitu masukkan jamur ke bahan kering, tekan sampai jamur tertutup tepung trus kibaskan sebelum digoreng. Goreng dengan api sedang dalam minyak banyak sampai matang kecoklatan. Voila, jadi deh!

 

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Jamur Krispi © Diadona

Bila seringnya kamu mengetahui jamur krispi yang dibuat dari jamur tiram, sebenarnya jamur enoki pun juga bisa diolah dengan cara yang sama lho. Rasa gurihnya nggak kalah dengan jamur tiram, bahkan bisa lebih kriuk karena bentuknya yang lebih kecil ketimbang jamur tiram yang cenderung lebar dan tebal.

Menggoreng jamur enoki agar renyah dan kriuk butuh kesabaran tingkat tinggi karena setiap helainya cenderung akan menempel satu sama lain. Tapi Benika's Delight bocorin salah resep dan cara membuat jamur kripsi dari jamur enoki andalannya nih, kepoin yuk!

Bahan
- 100 gram jamur enoki 
- minyak untuk menggoreng secukupnya

Bahan basah
- 50 gram tepung terigu protein rendah (kunci)
- 10 gram tepung beras
- 10 gram tepung tapioka
- 1/2 sdt ketumbar bubuk
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt lada hitam
- 1/4 sdt kaldu ayam bubuk (optional)
- 90 ml air

Bahan keringkan
- 100 gram tepung terigu protein rendah, merk Kunci Biru
- 30 gram tepung tapioka
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt merica

Cara membuat jamur kripsi enoki

Pertama cuci bersih dan potong jamur enoki. Suwir-suwir yah agar nggak menempel saat digoreng.

Campur kedua bahan kering dan basah trus aduk rata. Pada bahan basah, aduk sampai nggak ada gumpalan lagi dan cenderung cair.

Cara membuat jamur krispi selanjutnya yakni dengan memcelupkan jamur ke adonan basah, tiriskan sampai nggak ada yang menetes trus masukkan ke bahan kering. Lakukan secara hati-hati biar tepung nggak menggumpal.

Ketika semua jamur udah terlapisi tepung, panaskan minyak. Gunakan api sedang cenderung kecil trus masukkan jamur enoki. Jangan menggoreng terlalu banyak ya biar jamur nggak terpisah dan tercerai berai, pun juga jangan diaduk terlalu keras. Kalau udah garing dan berwarna kuning keemasan,angkat jamur, tiriskan di tissue.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Jamur Krispi Tiram

Cara Membuat Jamur Krispi © Diadona

Kalau kamu searching di internet, kamu pasti bakalan ngeliat banyak banget resep dan cara membuat jamur tira, krispi. Selain tepung terigu atau tepung tapioka, cara membuat jamur kripsi juga dilakukan dengan penambahan tepung maizena seperti pada resep dari Rahayu Sartika berikut ini:

Bahan:
- 250 gram jamur tiram

Bahan basah:
- 1 butir telur
- 1/2 sdt kaldu jamur

Bahan kering
- 100 gram tepung terigu
- 100 gram tepung maizena
- 1 sdm kaldu jamur
- 1 sdt garam
Campur semua bahan jadi satu

Cara membuat jamur krispi

Langkah pertama adalah dengan membersihkan jamur dengan mencucinya sampai bersih trus peras agar airnya keluar.

Campur bahan kering, aduk rata. Lakukan hal yang sama pada bahan basah juga. Selanjutnya, celupkan jamur ke bahan basah, trus masukkan ke tepung dan bolak-balikkan agar seluruh permukaan jamur tertutupi. Bilar lagi dengan tepung kering sebelum masuk ke penggorengan. Goreng jamur di minyak panas dengan api sedang. Jangan dibolak-balik ya agar minyak nggak meresap ke jamur.

4 dari 4 halaman

Tips dan Cara Membuat Jamur Goreng Kripsi

Cara Membuat Jamur Krispi © Diadona

Selain cara membuat jamur krispi di atas, pahami juga nih tipsnya biar hasil gorengan jamur kamu sesuai dengan yang kamu inginkan.

Cuci dengan Garam

Beberapa orang nggak suka nengolah jamur tiram karena khawatir dengan baunya. padahal ini bisa disiasati dengan pengolahan dan cara membuat jamur krispi yang benar lho.

Salah satu tipsnya adalah tambahkan garam dalam proses pencucian jamur untuk menghilangkan aroma tanah. Remas sedikit mengikuti serat agar jamur nggak hancur.

Tiriskan Jamur

Selesai dicuci, jamur tiram ditiriskan biar nggak mengandung air. Kalau perlu keringkan dengan lap bersih atau tissue dan remas sedikit. Dalam cara membuat jamur krispi, proses ini penting untuk menghasilkan gorengan yang renyah.

Komposisi Tepung yang Pas

Ada banyak resep dan cara membuat jamur krispi yang menampilkan komposisi tepung yang berbeda. Ada yang menggunakan tepung terigu secara utuh, ada yang ditambahkan tepung maizena atau tepung beras dalam perbandingan tertentu.

Yang juga tak kalah penting adalah konsistensi atau kekentalan bahan pencelupnya. Buat bahan pencelup yang nggak terlalu kental agar nggak bikin tepung menggumpal atau terlalu encer.

Goreng dengan Minyak Banyak

Hasil gorengan dengan metode deep frying atau menggoreng hingga semua bagian tenggelam, bakalan bikin jamur lebih krispi dan matang merata.

Cara membuat jamur krispi yang gampang banget kan? Praktekin buat camilan nonton tv yuk!

Beri Komentar