Cara Membuat Donat Kentang Empuk, Mengembang, dan Wangi dengan Cara Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 28 Desember 2019 15:32
Cara Membuat Donat Kentang Empuk, Mengembang, dan Wangi dengan Cara Sederhana
Donat adalah jajanan umum yang banyak penggemarnya. Kamu bisa membuat donat variasi kamu dengan empuk, mengembang dan wangi tentunya mudah untuk dipraktikkan sendiri di rumah.

Siapa sih yang nggak tau donat? Yap, donat merupakan olahan yang banyak digemari masyarakat di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Terbukti, penikmat makanan yang identik dengan lubang di tengah ini digemari dari berbagai kalangan.

Selain memiliki berbagai rasa yang manis, beragam, dan menarik bagi anak, donat memiliki tekstur yang mudah untuk dikunyah bagi kaum usia tua. Apalagi ditambah dengan kombinasi varian rasa kekinian ala milenial seperti macha, dijamin kamu nggak akan bisa nolak.

Kamu juga bisa kok membuat donat di rumah. Dijamin anti ribet dan mudah untuk dipraktikkan. Berikut Diadona mengupas tuntas cara membuat donat kentang empuk dan mengembang dengan cara sederhana.

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Donat Kentang Original

Ilustrasi Donat Kentang Original © Diadona

Donat kentang menjadi andalan para penikmat kue donat karena dengan campuran kentang, donat akan memiliki tekstur yang empuk dan cita rasa yang gurih. Kentang dalam campuran pembuatan donat juga bisa digantikan dengan umbi-umbian lain yang memiliki tektur yang sama seperti ubi jalar.

Berikut cara membuat donat kentang empuk dan mengembang dengan campuran bahan kentang.

Bahan-bahan:

- 500 gram tepung berprotein tinggi
- 200 gram kentang
- 50 gram butter margarine/margarin
- 50 garam gula pasir
- 1 butir telur ayam
- 2 sendok makan susu bubuk
- 1 sendok teh fermipan
- air secukupnya
- minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah cara membuat donat kentang original:

1. Cuci bersih kentang, kemudian kukus hingga matang, tunggu hingga dingin, setelah itu kupas kulitnya dan haluskan.
2. Campur bahan tepung terigu, kentang yang sudah dihaluskan, butter margarine/margarin, gula pasir, telur ayam, susu bubuk, dan fermipan di dalam wadah. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai menjadi adonan yang lembut, kalis, dan tidak lengket di tangan.
3. Bulatkan adonan, kemudian tutup dengan serbet atau plastik. Diamkan selama 45 menit agar mengembang sempurna.
4. Setelah adonan mengembang, kemudian ambil kira-kira segenggam. Untuk mendapatkan ukuran yang seragam, kamu bisa mengaplikasikan penggunaan timbangan. Adonan yang bagus memiliki ciri bisa diambil dengan cara dipotong dengan solet. Bulatkan dan lubangi bagian tengahnya.
5. Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak. Lakukan proses penggorengan dengan api sedang. lakukan proses pembalikan cukup sekali. Dianjurkan untuk tidak menyirami permukaan donat dengan minyak untuk mendapatkan hasil penggorengan yang sempurna. Jika permukaan donat sudah berwarna coklat keemasan segera angkat dan donat siap untuk dihidangkan.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Donat Empuk dan Mengembang

Ilustrasi Donat Empuk dan Mengembang © Diadona

Pastinya menjadi kebanggaan tersendiri jika kamu berhasil dalam membuat donat yang empuk dan mengembang dengan sempurna. Ragi bisa menjadi pilihan bahan untuk membuat donat mengembang. Proses fermentasi yang baik membuat donat menjadi lebih lembut.

Berikut Diadona rangkum cara membuat donat empuk dan mengembang di bawah ini.

Bahan-bahan:

- 500 gram tepung terigu protein tinggi
- 100 gram gula pasir
- 11 gram atau 1 bungkus ragi instan
- 1/4 sdt baking powder
- 1/2 sdt garam
- 2 kuning telur
- 100 gram mentega
- 250 ml susu cair

Bahan sebagai olesan:

- Mentega
- Cokelat yang sudah ditim
- Meises
- Selai
- Gula halus
- Kamu juga bisa menggunakan bahan lain yang sesuai dengan seleramu.

Langkah-langkah cara membuat donat empuk dan mengembang:

1. Campur bahan-bahan berupa tepung terigu, gula, ragi instan, baking powder dan garam, aduk dengan tangan. Tambahkan bahan yaitu kuning telur, uleni hingga adonan berbentuk sedikit halus. Tuangkan susu cair sedikit demi sedikit. Uleni hingga tercampur merata. Tambahkan mentega, uleni lagi dengan gerakan memutar, kamu bisa sesekali membanting adonan. Lakukan proses uleni hingga adonan licin dan kalis, Proses uleni ini biosa memakan waktu kurang lebih 15 menit.
2. Kumpulkan adonan menjadi satu dalam wadah baskom. Tutupi dengan kain bersih, diamkan selama 1 jam. Pukul-pukul adonan hingga udara keluar dan adonan kempes. Bagi adonan menjadi 30 bagian, buat bulatan seperti bola. Diamkan lagi selama 10 menit. Lubangi masing-masing adonan, untuk hasil terbaik, lakukan dengan tangan. Kamu juga bisa melubangi adonan dengan cetakan pelubang donat untuk mendapatkan hasil yang seragam.
3. Goreng donat dalam minyak panas menggunakan api kecil hingga sedang. Goreng satu bagian hingga menguning, lalu balik hingga semua bagian berwarna kuning keemasan. Angkat, tiriskan dan tunggu hingga dingin. Hias dengan topping sesuai selera dan donat siap untuk dicicipi.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Donat Tanpa Kentang

Ilustrasi Donat Tanpa Kentang © Diadona

Secara umum donat terbuat dari bahan campuran kentang, tetapi kamu juga bisa membuat donat tanpa kentang loh. Berikut Diadona rangkum cara membuat donat tanpa kentang dijamin empuk dan bisa mengembang sempurna.

Bahan-bahan:
- 350 gram tepung terigu protein tinggi
- 50 gram gula pasir
- 1 butir telur suhu ruang
- 2 sdm susu bubuk
- 175 ml air hangat
- 7 gram ragi instant
- 45 gram mentega/unsalted butter
- 1/4 sdt garam halus

Langkah-langkah cara membuat donat tanpa kentang:
1. Campurkan ragi dengan air hangat dan 1 sdm gula. Aduk hingga merata dan biarkan mengembang.
2. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula dan telur dalam wadah baskom yang berbeda.
3. Tuang ragi ke dalam baskom adonan terigu, masukkan garam dan mentega, aduk merata dengan tangan. Usahakan adonan tercampur dan uleni hingga kalis.
4. Bulatkan adonan lalu tutup dengan plastik, biarkan mengembang. Umumnya 30 menit sudah mengembang. Setelah itu kempeskan adonan.
Pisahkan adonan bisa dengan cara dotong-potong dan buat bulatan dan pisahkan. Biarkan mengembang lagi.
5. Buat lubang di tengah dan goreng donat hingga mengembang dengan minyak banyak. Goreng bulatan donat dengan satu kali dibalik agar donat matang sempurna dengan warna keemasan yang cantik. Angkat donat dan beri topping sesuai selera. Donat sederhana tanpa kentang siap disantap.

Nah, sudah tau kan cara membuat donat kentang empuk dan mengembang dengan cara yang sederhana. Kamu bisa menikmati hidangan ini bersama anak, suami, dan keluarga tercinta di waktu istirahat sore atau malam hari. Hidangan ini juga bisa dibuat untuk dijadikan bekal anak kesekolah atau suami bekerja. Selamat mencoba.

Beri Komentar