Bukan Cuma Merek, Stiker Pada Buah Ternyata Punya Makna Khusus, Kamu Wajib Tahu!

Reporter : Nasa
Kamis, 13 Februari 2020 10:16
Bukan Cuma Merek, Stiker Pada Buah Ternyata Punya Makna Khusus, Kamu Wajib Tahu!
Ternyata ada artinya sendiri, jangan sampai kamu nggak tau!

Kamu sering menemui buah yang ditempeli stiker kan kalau lagi belanja di Supermarket? Nah ternyata stiker tersebut bukan cuma merek loh. Ternyata nih ya, ada makna tersendiri dari pemasangan stiker loh pada buah. Kodenya sih sedikit njlimet, jadi kamu harus cermati baik-baik untuk memahami kodenya.

Dilansir dari doktersehat.com setidaknya, ada empat jenis kode yang umum disematkan pada stiker buah. Kode tersebut biasanya memberi penjelasan tentang karakteristik dan juga identifikasi asal-usul buah tersebut. Seperti dari mulai metode penanaman, perawatan, sampai dengan buah-buahan yang masuk dalam kategori buah kontroversi dalam konteks ekspor-impor.

Ilustrasi Stiker Buah

Ini dia nih makna kode pada stiker yang wajib kamu ketahui :

1 dari 4 halaman

1. Kode Empat Digit, dengan Angka Awal 3 atau 4

Kalau stiker tersebut memiliki empat angka dengan awalan kedua angka tersebut. Kemungkinan besar buah atau sayuran yang ditempeli stiker tersebut menggunakan pestisida selama perawatannya.

2 dari 4 halaman

2. Kode Lima Digit, dengan Angka Awal 8

Jika stiker buah terdiri dari lima angka dengan angka awal 8, maka kemungkinan besar buah tersebut menandakan ada modifikasi genetik. Biasanya buah dengan stiker ini adalah buah yang menjadi kontroversial seperti pepaya, pisang, dan juga melon.

3 dari 4 halaman

3. Kode Lima Digit, dengan Angka Awal 9

Stiker buah dengan lima digit angka dan dengan awalan angka 9 kemungkinan besar merupakan kode rekomendasi pada buah untuk dipilih. Karena produk buah yang ditempeli dengan stiker kode tersebut kemungkinan besar merupakan produk buah yang sudah terbebas bahan kimia dan menggunakan perawatan organik selama pertumbuhannya.

4 dari 4 halaman

4. Stiker Tidak Berkode

Ternyata ada juga stiker buah yang ternyata tidak diberi kode sama sekali dan hanya tertera merek dari perusahaan yang memproduksi buah tersebut. Ada yang menyebut bahwa stiker semacam itu menunjukkan bahwa buah tersebut adalah buah organik. Namun ada juga pakar kesehatan yang menyebut bahwa buah yang ditempeli dengan stiker semacam itu kemungkinan malah terindikasi mencurigakan. Karena stiker dengan kode angka pasti sudah dilepas oleh pihak distributor.

Itu dia arti khusus dari kode yang ada pada stiker buah. Ternyata penting banget kan untuk memahami kode-kode tersebut. Jadi kamu bisa mengidentifikasi buah mana yang lebih sehat dan buah mana yang dirawat menggunakan bahan-bahan kimia.

Beri Komentar