Bola Mata Ikan Tuna, Olahan Unik yang Wajib Kamu Coba Ketika Berkunjung ke Jepang

Reporter : Jossi Andriani Taswir
Jumat, 3 Januari 2020 16:40
Bola Mata Ikan Tuna, Olahan Unik yang Wajib Kamu Coba Ketika Berkunjung ke Jepang
Jika kamu berkunjung ke Jepang, kamu wajib mengkonsumsi olahan bola mata ikan tuna ini.

Makanan jepang identik dengan berbagai mcam hidangan laut yang disajikan secara mentah. Seperti salmon mentah, tuna mentah dan berbagai macam makanan laut lainnya. Bagi kamu yang mencintai makanna jepang, kamu juga harus mencoba salah satu makanan yang sangat fenomenal, yaitu tuna eyeballs, atau bola mata ikan tuna.

Restoran jepang di Indonesia yang sering kamu kunjungi pastinya tidak menyediakan menu yang satu ini. Dilansir dari Hostleworld, untuk mencoba olahan bola mata ikan tuna ini kamu harus berkunjung ke pasar ikan atau toko kelontong yang ada di Jepang. Tentunya, tak semua toko menjual mata ikan tuna ini.

1 dari 2 halaman

Oalahan Bola Mata Ikan Tuna

bola mata ikan tuna © Diadona

Koki-koki di Jepang biasa mengolah bola mata ikan tuna ini sebagai makanan pembuka atau camilan. Mata ikan tuna terdiri dari bagian luar yang keras yaitu sklera, lensa, iris dan juga cairan agar-agar pada bola mata. Saat dimasak, tekstur sklera biasanya terlalu kenyal untuk dimakan. Namun bagian dalam mata terasa lunak dan mudah dihisap seperti mengkonsumsi sumsum tulang.

Olahan bola mata ikan tuna ini bisa direbus dan dicampu dengan sedikit kecap dan mirin yang merupakan bumbu dapur khas jepang. Selain itu, tak jarang makanan ini juga ditumis dengan minyak wijen dan sedikit jahe.

2 dari 2 halaman

Tekstur Bola Mata Ikan Tuna

bola mata ikan tuna © Diadona

Sebagian orang yang sudah mencicipinya mengatakan bahwa rasa bola maata ikan tuna ini sedikit hambar dan menyamakan rasanya dengan cumi-cumi rebus atau telur rebus.

Untuk menemukan olahan bola mata ikan tuna, kamu bisa menemukannya di bar-bar di jepang dan juga beberapa tempat minum setelah jam kerja. Kamu bisa memesan bola mata ikan tuna hanya satu buah jika hanya ingin merasakannya. Namun, jika kamu ingin mencoba lebih banyak, kamu bisa langcung mencicipi satu pasang.

Selain diolah dengan berbagai bumbu, bola mata ikan tuna juga bisa dimakan dalam keadaan mentah. Namun, hidangan bola mata ikan tuna terbaik yaitu tetap dengan olahan matang. Sebab, bola mata mentah akan cepat mengumpulkan bakteri yang pastinya tidak baik untuk tubuh.

Gimana? sudah tertarik mencicipinya?

Beri Komentar