Biar Aman Dikonsumsi, Ini Cara Menyimpan Keju yang Benar!

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 7 April 2021 16:20
Biar Aman Dikonsumsi, Ini Cara Menyimpan Keju yang Benar!
Jangan sampai salah, ya!

Keju merupakan salah satu bahan makanan yang cukup banyak dijumpai. Makanan yang berbahan dasar susu ini memiliki bentuk yang padat dengan rasa gurih asin yang unik. Keju cocok untuk segala makanan bernuansa eropa ataupun sebagai toping untuk makanan-makanan kekinian.

Namun, salah satu hal yang selalu kita abaikan adalah ketika menyimpan keju. Karena salah dalam menyimpan, seringkali kita mendapati keju sudah dalam keadaan jelek dan berjamur ketika hendak kita gunakan.

Nah, biar gak salah kaprah, yuk simak cara menyimpan keju yang benar agar tak mudah berjamur. Melansirdari eatthis, berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

1. Jangan Bungkus dengan Plastik

Ilustrasi KejuIlustrasi Keju © pixabay.com/JillWellington

Hal yang harus kita lakukan ketika hendak menyimpan keju adalah, pastikan tidak membungkusnya dengan plastik. Bungkus plastik didesain kedap udara. Sementara, keju membutuhkan udara dan kelembaban untuk bernapas.

Sebaiknya, simpan dalam kemasan baru yang bersih agar kondisinya tetap segar.

Jika ingin membungkus dengan plastik, sebaiknya bungkus dulu dengan perkamen atau kertas lilin, baru lapisi dengan plastik.

2 dari 5 halaman

2. Jangan Campurkan Keju dalam Satu Bungkus

Ilustrasi KejuIlustrasi Keju © pixabay.com/lipefontes0

Saat membungkus keju, lakukan satu persatu. Jangan campur berbagai keju dalam satu bungkus. Apalagi mencampur keju yang dibeli pada tanggal yang berbeda.

3 dari 5 halaman

3. Beri Bungkus Tambahan ketika menyimpan Keju

Ilustrasi KejuIlustrasi Keju © pixabay.com/VMonte13

Kalau ingin tahan lama, kamu bisa memberi bungkusan tambahan pada keju. Sebab, keju yang dibungkus kertas masih mungkin untuk menjadi kering dan keras bila terlalu lama dibiarkan.

4 dari 5 halaman

4. Potong bagian keju yang terdapat jamur

Ilustrasi KejuIlustrasi Keju © pixabay.com/Waldrebell

Ketika mendapati keju sudah berjamur di satu bagian, kamu bisa memotong bagian keju yang terkena jamur tersebut. Sisanya bisa aman kamu gunakan.

Namun, hal ini gak bisa dilakukan untuk semua jenis keju. Beberapa jenis keju yang bertekstur lembut seperti blue cheese, chevre atau keju dari susu kambing, ricota, dan mozarella tak aman dikonsumsi meski ada sedikit bagian yang terkena jamur.

Keju yang bertekstur agak keras seperti cheddar, parmesan, gouda, atau elemental boleh dilakukan hal tersebut.

5 dari 5 halaman

5. Simpan dalam Kulkas

Ilustrasi KejuIlustrasi Keju © pixabay.com/AlexKlen

Tempat terbaik untuk menyimpan keju adalah kulkas. Letakkan keju di bagian bawah kulkas atau di rak yang paling jauh dari freezer. Setidaknya, keju harus berada di suhu 1,5-7 derajat celsius.

 

Beri Komentar