Bener Nggak Sih, Ga Boleh Minum Jeruk Setelah Makan Udang?

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 14 Februari 2020 17:45
Bener Nggak Sih, Ga Boleh Minum Jeruk Setelah Makan Udang?
Nggak boleh minum jeruk setelah makan udang ternyata Hoaks

Masyarakat pernah dibuat bingung tentang boleh tidaknya minum jeruk setelah makan udang. Katanya, kalau minum jeruk setelah makan udang akan mengalami keracunan. Biar lebih jelas, yuk kita ulik sama-sama

Ahli gizi, dr. Matthew Lants Blaylock mengungkapkan bahwa vitamin C tidak menyebakan keracunan jika digabungkan dengan Seafood. Seafood cukup tinggi kolesterol, Vitamin C justru sangat baik menurunkan kolesterol.

Sementara itu, Nutrisionis Presagi, dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, mengatakan, minum jeruk sehabis menikmati udang tidak dilarang dalam dunia medis.

Kekhawatiran masyarakat tentang keracunan didasari adanya kandungan arsen di udang yang bercampur dengan vitamin C.

Sebenarnya ada dua jenis arsen. Yang pertama adalah arsen organik yang biasa ditemukan dalam daging, sayuran dan buah. Yang kedua adalah arsen anorganik yang terkandung dalam logam berat.

Untuk arsen dalam udang termasuk arsen organik. Arsen organik tidak bersifat toksik karena tidak mudah diserap masuk ke sel dan juga mengalami metabolisme terbatas. Meskipun begitu, udang tetap punya arsen anorganik namun jumlahnya sangat sedikit hanya 0,2 miligram untuk satu kilogram udang.

Sementara, keracunan arsen bisa terjadi ketika mengonsumsi 70-200 miligram arsen anorganik. Dengan begitu, arsen anorganik pada udang baru akan menimbulkan keracunan jika dikonsumsi lebih dari 100 kilogram dalam satu waktu. Mungkin nggak tuh?

1 dari 1 halaman

Ada manfaatnya

Ilustrasi Air Jeruk dan Lemon © Diadona

Bahkan, menurutnya, ada manfaatnya lho memadukan udang dan minum jeruk. Selain dikenal sebagai sumber protein yang kaya, udang juga mengandung zink dan kalsium pada kulitnya. Vitamin C akan meningkatakn proses penyerapan zink dan kalsium dari kulit udang ke tubuh.

Jadi nggak perlu khawatir kok tentang bahaya minum jeruk setelah makan udang.

Beri Komentar