Aneka Macam Gorengan Khas Jawa yang Bisa Kamu Nikmati Di Rumah

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 20 Januari 2020 16:07
Aneka Macam Gorengan Khas Jawa yang Bisa Kamu Nikmati Di Rumah
Indonesia memiliki berbagai macam gorengan yang dapat kamu nikmati.

Gorengan merupakan jajanan yang disukai semua orang. Terdiri dari berbagai bahan yang berbeda-beda, namu semuanya disebut gorengan karena proses pembuatannya yang diberi tepung dan di goreng.

Namun gorengan sendiri terdiri dari dua macam yaitu gorengan asin dan manis. Nah berikut adalah macammacam gorengan khas Jawa yang dapat kamu nikmati di rumah.

Jemblem

Jemblem


Orang jawa menyebutnya dengan nama jemblem, namun jemblem juga bisa disebut dengan onde-onde ketela. Gorengan ini terbuat dari parutan ketela yang diisi dengan gula merah dan bentuknya di buat lonjong. Jemblem terasa manis dan gurih.

Tape Goreng

Tapi goreng berbahan dasar tape yang dibalut dengan adonan tepung ang manis.

Getas

Getas juga biasa disebut dengan gemblong. Gorengan ini tepung beras ketan yang dibaluri dengan tepung gula manis yang dicairkan lalu dibiarkan hingga mengeras.

Timus
Ini merupakan gorengan yang terbuat dari ubi jalar maupun ubi ungu. Ubi dikukus hingga empuk dan matang kemudian dihaluskan. Ubi yang telah dihaluskan dicampur dengan gula pasir, tepung terigu, tepung tapioka dan sedikit garam kemudian dibentuk bulat lonjong. Ini kemudian digoreng hingga berwarna kecokelatan.

Nangka Goreng

Ilustrasi gorengan


Sesuai dengan namanya, nangka yang cukup matang digoreng bersama adonan tepung yang manis.


Nah itulah beberapa gorengan yang biasa dinikmati di Jawa. Tertarik untuk mencobanya?

Beri Komentar