Almas Caviar, Telur Termahal di Dunia, Harganya Bisa Sampai Rp 340 Juta perkilogramnya

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 6 Februari 2020 15:00
Almas Caviar, Telur Termahal di Dunia, Harganya Bisa Sampai Rp 340 Juta perkilogramnya
Almas Caviar adalah telur ikan yang paling mahal di dunia. Perkilogramnya kamu harus merogoh kocek sebesar Rp 340 juta.

Caviar adalah makanan paling mewah dan eksklusif yang dikenal umat manusia. Bahkan konon katanya harganya bisa mencapai Rp 51 juta perkilogramnya. Gila nggak tuh? Mau kamu makan telur ikan seharga Rp 51 juta? Apa sih yang membuatnya mahal? Dan gimana sih rasanya? Eits sebelum itu, kita simak dulu ya apa itu Caviar.

1 dari 2 halaman

Sejarah

Ikan Sturgeon © Diadona

Diketahui bahwa orang Persia adalah orang pertama yang pertama kali mengkonsumsi makanan ini. Oran Persia percaya kalau kelezatan ini meningkatkan kekuatan fisik dan daya tahan tubuh untuk orang yang memakannya. Selain itu, bangsa Romawi juga percaya bahwa Caviar dapat menembuhkan berbagai macam penyakit.

Telur ini kemudian menghilang selama bertahun-tahun pada abad pertengahan hingga abad ke 12. Pada abad ke-17 konsumsi telur sturgeon atau Caviar ini sudah dikaitkan dengan kemewahan.

Saat ini, Ikan Sturgeon yang mana adalah penghasil dari telur Caviar ini mengalami bahaya kepunahan. Sehingga makanan mewah ini menjadi semakin langka dan semakin mahal. Dan, yang paling langka adalah jenis ikan Sturgeon putih atau albino yang hanya hidup di Laut Kaspia terutama di daerah yang tidak tercemar.

2 dari 2 halaman

Almas

Meskipun ikan ini hidup lebih dari 100 tahun, namun jenis albino ini sangat sedikit. Ini menjelaskan mengapa telur caviar jenis almas atau yang putih ini menjadi yang paling mahal. Telur putih diperloleh dari spesimen yang berumur lebih dari 100 tahun. Saat sturgeon bertambah tua, telurnya menjadi lebih elegan, halus, aromatik, dan lebih kenyal.

Almas adalah salah satu barang yang tidak dijual di mana saja. Untuk mendapatkannya kamu harus pergi ke salah satu dari beberapa toko Caviar.

Kemasannya sangat elegan dengan wadah logam emas 24 karat. Dilansir dari azreazure.com, harga perkilonya bisa mencapai 25.000 dolar atau sekitar Rp 340 juta.

Dengan Harganya yang mahal membuat cara mengonsumsinya juga tidak sembarangan. Sangat disarankan disajikan di atas wadah kaca dan bukan logam. Karena ditakutkan logam dapat mempengaruhi rasa pada Caviar. Biasanya disajikan di atas roti panggang tanpa perlu menambahkan mentega.

Tertarik mengonsumsi telur termahal di dunia ini? Dengan harganya yang selangit, mungkin pikir-pikir dulu ya. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar