9 Manfaat Jamur Enoki, Biar Kecil Ampuh Lindungi Tubuh dari Kanker Lho

Reporter : Iwan Tantomi
Rabu, 5 Februari 2020 20:46
9 Manfaat Jamur Enoki, Biar Kecil Ampuh Lindungi Tubuh dari Kanker Lho
Dapat dinikmati mentah hingga diolah menjadi berbagai hidangan lezat, begini manfaat jamur enoki bagi kesehatan tubuh.

Berbagai hal sengaja dilakukan demi mendapatkan tubuh yang sehat. Apalagi di tengah banyaknya penyakit yang menyerang kesehatan, apapun rela ditempuh, salah satunya dengan menjaga pola makan. Meningkatkan asupan sayuran yang tinggi serat namun rendah lemak dan kalori jadi salah satu cara yang banyak dilakukan.

Namun menikmati sayuran yang itu-itu saja dengan resep yang kurang lebih sama bisa bikin sesi makan jadi kurang menyenangkan. Coba sisipi menu makan dengan menyiapkan hidangan berbahan jamur enoki. Tampilannya memang unik dibandingkan dengan jamur lainnya, berkat batangnya yang putih, panjang dan ramping lengkap dengan 'payung' yang juga berwarna putih.

Oleh warga Jepang, jamur enoki ini disebut juga snow puff karena tumbuh berkelompok layaknya kepulan salju. Dapat dinikmati mentah hingga diolah menjadi berbagai hidangan lezat, yuk kenalan dulu dengan jamur enoki dan ulik manfaat jamur enoki bagi kesehatan tubuh.

1 dari 7 halaman

1. Apa itu Jamur Enoki?

Jamur Enoki © Diadona

Jamur yang satu ini punya banyak sebutan, seperti jingu dalam bahasa Cina, paengi beoseot dalam bahasa Korea, dan tram vang atau kim cham dalam bahasa Vietnam. Jamur enoki memiliki rasa yang lembut, agak kenyal dan sedikit manis.

Di daratan Asia, jamur bernama latin Flammulina velutipes ini bukan hanya diolah menjadi berbagai masakan tapi manfaat jamur enoki sudah dikenal di bidang pengobatan tradisional. Mulai dari mengobati masalah pencernaan, mengatur tekanan darah, hingga menjaga kesehatan hati.

2 dari 7 halaman

2. Cara Memilih Jamur Enoki

Jamur Enoki © Diadona

Ada banyak jenis jamur enoki liar terutama tumbuh di Jepang, Cina dan Korea. Namun tampilannya berbeda dengan jamur enoki yang khusus dibudidayakan karena memiliki tudung berwarna cokelat dan batang yang lebih tebal. Jenis jamur yang ditanam oleh petani nggak pernah terpapar cahaya dan berada dalam lingkungan yang kaya karbondioksida untuk mendorong pertumbuhan batang jamur yang memanjang.

Namun, keamanan dalam mengonsumsi jamur enoki liar masih dipertanyakan, sehingga lebih baik membeli yang dijual di pasaran. Saat memilih, periksa tampilan jamur enoki secara menyeluruh dan pilih sekelompok jamur yang teksturnya masih kaku dan warnanya putih. Hindari yang sudah tampak berlendir atau berubah warna dan simpan dalam kantong kertas dalam lemari pendingin agar tahan selama satu minggu.

Seperti jamur-jamur yang umum dikonsumsi, enoki merupakan sumber protein yang rendah kalori dan lemak. Dalam satu cangkir jamur enoki mengandung 24 kalori, 1,4 gram protein dan 5 gram karbohidrat. Kaya nutrisi, intip beberapa manfaat jamur enoki untuk menjaga kesehatan seperti berikut ini.

3 dari 7 halaman

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Jamur Enoki © Diadona

Salah satu manfaat jamur enoki yang menonjol adalah efek positifnya pada kesehatan jantung. Kadar seratnya yang tinggi bukan hanya memperlancar sistem pencernaan tapi juga mampu menyerap kolesterol. Selain itu, jamur enoki juga mengandung senyawa polisakarida dan mikosterol yang mampu menurunkan kolesterol.

4. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat jamur enoki yang kini membuatnya diburu adalah efek antikanker dan antitumor. Berkat senyawa fenolik, beta-glukan dan glikoprotein dalam ekstrak jamur enoki, penelitian terbaru menunjukkan potensi mencegah kanker paru-paru, lampung dan mengurangi risiko munculnya tumor.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan bukan hanya dapat menurunkan kepercayaan diri, tapi juga berisiko memicu munculnya gangguan kesehatan. Ada berbagai program diet yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, tapi tidak ada salahnya memasukkan manfaat jamur enoki dalam menu sehari-hari untuk membantu menurunkan berat badan.

Selain tinggi serat yang membuatmu lebih lama kenyang, jamur enoki merupakan sumber conjugated linoleic acid (CLA). Asam lemak alami yang biasa ditemukan dalam daging dan produk olahan susu dapat memicu enzim yang memetabolisme lemak.

4 dari 7 halaman

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jamur Enoki © Diadona

Seperti jamur lainnya, jamur enoki juga memiliki antioksidan dalam jumlah besar yang dapat membantu tubuh memerangi radikal bebas. Selain mencegah berbagai penyakit seperti kanker, antioksidan juga berperan penting dalam melindungi sistem kekebalan tubuh. Bukan hanya antioksidan saja yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, protein di dalamnya meningkatkan manfaat jamur enoki dalam menjaga daya tahan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat jamur enoki secara optimal, mulailah dengan memahami cara mempersiapkannya. Buang bagian yang berlendir atau berubah warna, lalu bilas dengan air dingin. Buang bagian yang keras di bagian pangkalnya.

Tekstur jamur enoki yang lembut dan rasanya yang ringan membuatnya mudah diolah menjadi berbagai resep. Terinspirasi oleh hidangan Asia, intip beberapa resep makanan berbahan jamur enoki yang praktis dan lezat.

5 dari 7 halaman

7. Korean Enoki Pancake

Jamur Enoki © Diadona

Kalau mendengar kata pancake, mungkin yang terlintas adalah adonan manis yang dinikmati bersama madu, sirup maple atau susu kental manis. Untuk sentuhan yang lebih kreatif, coba membuat pancake ala Korea yang tak butuh waktu lama untuk membuatnya.

Pertama, tempatkan jamur enoki yang sudah dibersihkan di atas piring yang besar lalu taburi dengan tepung beras dan minyak wijen. Gunakan sumpit untuk melapisi jamur dengan adonan tepung hingga menutupi permukaan jamur.

Kocok telur dengan wortel cincang, garam, dan merica. Masukkan jamur enoki yang sudah dilapisi tepung hingga terendam. Ambil sesendok campuran jamur enoki lalu masak hingga berwarna kecokelatan. Biarkan kedua sisi matang dan sajikan selagi hangat.

6 dari 7 halaman

8. Enoki Saus Teriyaki

Jamur Enoki © Diadona

Berbeda dengan jamur eksotik lainnya, jamur enoki harganya nggak terlalu mahal. Manfaatkan keuntungan ini untuk berekperimen dengan menjajal resep yang berbeda, salah satunya disajikan dengan saus teriyaki.

Pertama, potong bagian pangkalnya lalu cuci bersih dan rebus dalam air mendidih hingga layu, tiriskan. Lelehkan margarin lalu tumis bawang bombay, bawang putih dan jahe. Masukkan potongan daging ayam, saus tiram, gula merah, kecap asin dan kecap manis. Aduk merata lalu tambahkan sedikit air dan masak hingga matang.

Jangan lupa koreksi rasa dengan garam dan merica lalu tambahkan larutan maizena dan masak hingga kuahnya mengental. Tata jamur enoki di atas piring lalu siram dengan saus teriyaki dan hias dengan taburan biji wijen dan rajangan daun bawang.

7 dari 7 halaman

9. Enoki Beef Rool

Jamur Enoki © Diadona

Kali ini inspirasi resep berbahan jamur enoki datang dari tanah Jepang. Enoki beef roll bukan hanya lezat tapi juga mudah disiapkan. Pertama, siapkan irisan tipis daging sapi yang biasanya digunakan untuk sukiyaki. Dalam mangkuk, campurkan bawang putih cincang, jahe, kecap asin dan minyak wijen lalu gunakan untuk marinasi daging sapi. Diamkan dalam lemari pendingin selama setengah jam.

Sambil menunggu daging siap diolah, siapkan jamur enoki dengan memotong akar enoki dan sisakan ruang di bagian bawah jamur. Bagi menjadi bagian yang lebih kecil lalu masukkan ke dalam mangkuk berisi air hangat dan taburi dengan sedikit garam. Diamkan selama 10-15 menit untuk melembutkan tekstur jamur enoki dan meningkatkan citarasanya.

Lanjutkan dengan meletakkan satu irisan daging sapi, di atasnya tata 2 jamur enoki yang menghadap ke arah yang berlawanan. Gulung daging sapi dengan erat hingga membungkus enoki. Masak di atas api sedang dengan sedikit minyak wijen hingga kecokelatan.

Maksimalkan manfaat jamur enoki demi menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit. Yuk, jajal beberapa resep berbahan jamur enoki yang praktis dan tentunya lezat.

Beri Komentar