8 Manfaat Telur Rebus Buat Sarapan, Biar Strong Hadapi Kenyataan Seharian

Reporter : Wuri Anggarini
Minggu, 1 Maret 2020 13:00
8 Manfaat Telur Rebus Buat Sarapan, Biar Strong Hadapi Kenyataan Seharian
Manfaat telur rebus saat sarapan ternyata bikin kamu lebih kuat hadapi kenyataan. Nggak percaya?

Ada yang bilang kalau nggak ada yang salah dengan kenyataan, yang salah adalah harapanmu yang terlalu ketinggian. Mungkin pagi ini kamu baru bangun tidur dengan kondisi hati yang masih berantakan gara-gara putus malam sebelumnya, air mata saja belum kering dan hati masih terasa cenut-cenutnya.

Tapi, kenyataan sehari-hari masih menunggu buat dihadapi. Harus bangun pagi dan rebutan tempat di kereta, deadline yang menumpuk di tempat kerja, sampai harus berhadapan dengan omelan si bos karena kerjaanmu yang ternyata kacau balau. Makanya, butuh kekuatan buat menghadapi kenyataan. Awali dengan menu sarapan sehat misalnya dengaan merasakan hebatnya manfaat telur rebus.

Selain hanya perlu hitungan menit untuk mempersiapkannya, telur dikenal kaya akan nutrisi baik untuk memulai harimu dan masih banyak keuntungan lain yang didapatkan. Penasaran? Intip daftarnya berikut ini.

1 dari 9 halaman

Nutrisi Lengkap buat Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Telur Rebus Buat Sarapan, Biar Strong Hadapi Kenyataan Seharian © Diadona

Setiap telur rebus yang punya bobot sekitar 50 gram kira-kira akan mengandung 70 kalori dan berbagai nutrisi. Ada 5,3 gram lemak, 6,3 gram protein dan bebas karbohidrat yang terkandung dalam telur rebus.

Manfaat telur rebus lainnya juga sebagai sumber nutrisi yang baik seperti lutein, zeaxanthin dan asam lemak omega. Telur rebus juga mengandung vitamin B-kompleks dan vitamin E dalam jumlah kecil. Tak ketinggalan sejumlah mineral seperti kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, dan kalium.

Telur rebus dimasak dalam air, tanpa lemak tambahan. Ini menjadikannya salah satu cara paling sehat untuk memakan telur dan nggak memicu perubahan nutrisi selama proses memasak. Faktanya, kandungan nutrisi telur rebus nggak jauh berbeda dengan telur mentah.

2 dari 9 halaman

Tinggi Protein

Telur dikenal sebagai sumber protein hewani yang cukup populer karena mudah ditemukan dan harganya cukup terjangkau. Manfaat telur rebus yang bisa langsung dirasakan oleh tubuh adalah kadar proteinnya yang tinggi dan mengandung semua sembilan asam amino esensial.

Satu telur rebus menawarkan lebih dari 6 gram protein, sementara setiap hari tubuh membutuhkan 50 hingga 175 gram protein. Bukan hanya dikonsumsi oleh mereka yang lagi fokus membentuk otot, makanan tinggi protein seperti telur rebus juga membantu memperbaiki sel-sel tubuh hingga mempengaruhi produksi hormon dan enzim.

3 dari 9 halaman

Tinggi Kolesterol tapi Jauh dari Risiko Penyakit Jantung

8 Manfaat Telur Rebus Buat Sarapan, Biar Strong Hadapi Kenyataan Seharian © Diadona

Malas sarapan telur rebus karena takut kadar kolesterol jadi tinggi? Nggak sepenuhnya salah sih, satu telur rebus memang menyediakan 212mg kolesterol atau sekitar 71% dari Angka Kecukupan Gizi.

Tapi penelitian terbaru menunjukkan kalau kolesterol makanan punya pengaruh yang sangat kecil pada kolesterol darah. Nggak berdampak negatif pada kolesterol darah, uniknya manfaat telur rebus justru terbukti mampu meningkatkan kolesterol baik alias HDL.

4 dari 9 halaman

Kandungan Kolin untuk Kesehatan Otak

Kolin merupakan nutrisi penting yang sebenarnya dihasilkan sendiri di dalam tubuh, tapi kurang mencukupi kebutuhan harian yang direkomendasikan. Padahal kolin sendiri berperan dalam menjaga sistem saraf agar tetap sehat, perkembangan otak pada janin, hingga mempertahankan kinerja baik otak pada manula.

Untuk mencukupi kekurangannya, perlu asupan kolin yang menjadi salah satu manfaat telur rebus. Kolin sendiri ditemukan dalam kuning telur rebus dengan kadar 147 mg kolin atau 27% dari kebutuhan harian.

5 dari 9 halaman

Kesehatan Mata

8 Manfaat Telur Rebus Buat Sarapan, Biar Strong Hadapi Kenyataan Seharian © Diadona

Kuning telur rebus merupakan sumber dari dua karotenoid, lutein dan zeaxanthin yang punya peran penting dalam menjaga kesehatan mata. Keduanya bersama-sama memerangi radikal bebas berbahaya yang menumpuk di mata dan dapat memicu timbulnya katarak serta menurunkannya penglihatan seiring bertambahnya usia.

Selain itu, manfaat telur rebus juga dapat melindungi mata dari blue light yang merusak mata, misalnya terlalu banyak menatap layar gadget atau menonton TV. Jangan buang kuning telur rebus, karena bagian telur yang berlemak ini dapat membantu tubuh menyerap lutein dan zeaxanthin dengan baik.

6 dari 9 halaman

Rambut dan Kuku Terjaga Tetap Indah

Kalau biasanya sering menggunakan masker rambut berbahan kuning telur mentah, menyantap telur rebus juga berpengaruh baik buat kondisi rambut dan kukumu. Salah satu manfaat telur rebus yang membantu mendapatkan rambut dan kuku yang sehat adalah kandungan sulfur dan vitamin D yang cukup tinggi.

7 dari 9 halaman

Menurunkan Berat Badan

8 Manfaat Telur Rebus Buat Sarapan, Biar Strong Hadapi Kenyataan Seharian © Diadona

Telur merupakan salah satu sumber protein berkualitas. Manfaat telur rebus ditentukan oleh kadar protein di dalamnya yang memberi energi pada tubuh sekaligus membuatmu merasa kenyang lebih lama. Telur juga rendah lemak jenuh dan hanya mengandung 70 kalori, yang cocok dikonsumsi oleh mereka yang lagi menjalani program penurunan berat badan. Bahkan kamu bisa mengurangi asupan kalori lebih dari setengahnya dengan hanya memakan bagian putih telurnya saja.

Telur juga dapat membangun kekuatan otot, sehingga sering dijadikan salah satu makanan wajib buat para body builder. Tapi jangan hanya menganut diet telur rebus yang hanya menyantap satu jenis makanan saja. Seimbangkan pola makan dengan tetap mengonsumsi sayuran segar dan biji-bijian.

8 dari 9 halaman

Tulang Kuat

Manfaat telur rebus lainnya adalah sebagai sumber vitamin D yang akan menjaga tulang dan gigi, agar tetap kuat. Vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium dan mengatur kadar kalsium dalam darah, yang akan mencegah dari berbagai masalah kesehatan tulang, salah satunya osteoporosis. Perlu 600 IU vitamin D setiap hari, kamu akan mendapatkan sekitar 45 IU vitamin D dari satu telur rebus.

9 dari 9 halaman

Membuat Telur Rebus yang Sempurna

8 Manfaat Telur Rebus Buat Sarapan, Biar Strong Hadapi Kenyataan Seharian © Diadona

Untuk mendapatkan manfaat telur rebus bagi kesehatan, wajib menguasai cara memasaknya. Untungnya, menyiapkan telur rebus jauh lebih mudah daripada resep memasak telur lainnya. Pertama, letakkan telur di dalam panci berisi air dan didihkan. Air harus menutupi telur sepenuhnya sehingga setelah mendidih kamu dapat mematikan apinya dan membiarkan telur berada di dalam air panas. Tutup panci dan biarkan telur-telur matang dengan sendirinya.

Setelah lima hingga 10 menit, tergantung pada ukurannya, telur akan siap untuk dimakan. Buat yang lebih menyukai telur rebus yang lembut yang ditandai dengan kuning telur yang masih encer, maka keluarkan telur rebus lebih awal. Variasikan waktu memasak untuk mendapatkan konsistensi telur rebus yang paling cocok untuk selera makanmu.

Jika sudah menguasai trik merebus telur, kamu akan mendapatkan keseimbangan yang tepat dan memiliki telur rebus yang mudah dimakan saat dalam perjalanan sebagai camilan atau dapat diolah menjadi berbagai makanan lain. Telur rebus dapat digunakan dalam salad, sandwich, pizza atau sebagai kreasi makanan lezat lainnya seperti deviled egg.

Membiarkan telur terlalu lama di dalam air panas akan membuat telur rebus terlalu matang. DItandai dengan warna kuning telur yang abu-abu kehijauan, perubahan warna ini disebabkan oleh interaksi antara kuning telur dan putih telur selama proses pemanasan.

Hal ini dipicu oleh kandungan zat besi dalam kuning telur dan hidrogen sulfida dalam putih telur yang bereaksi membentuk zat besi sulfida. Tapi nggak perlu khawatir karena tetap aman untuk dimakan, meskipun mempengaruhi citasanya dan mungkin memiliki nilai gizi yang lebih rendah dibandingkan dengan telur rebus yang telah dimasak dengan benar.

Ragam manfaat telur rebus bagi kesehatan ini bisa didapatkan hanya dengan rutin memakan 1 telur rebus per hari. Tapi jika ingin mengonsumsi lebih dari itu pun nggak masalah, asal imbangi dengan pola makan seimbang dengan memasukkan sayuran, biji-bijian hingga buah-buahan segar.

Beri Komentar