8 Cara Membuat Makanan Ringan yang Unik dari Kentang, Pisang dan Tepung Terigu Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 25 Februari 2020 21:35
8 Cara Membuat Makanan Ringan yang Unik dari Kentang, Pisang dan Tepung Terigu Sederhana
Gabut dan bosan sendirian atau pas lagi kumpul bareng teman? Yuk, nyamil aja dengan olahan makanan ringan yang dibuat sendiri di rumah dengan sederhana berikut ini!

Apakah kamu termasuk pribadi dengan jiwa nongkrong tinggi dan gabut sendirian? Nongkrong bareng teman, tapi berasa hampa? Pasti ada yang kurang, tuh. Yap, nongkrong tipis-tipis sehabis kegiatan seharian di kampus atau dikantor akan terasa hampa jika nggak ada makanan ringan teman ngobrol.

Jika biasanya kamu menghabiskan waktu buat ngafe di luar, nggak ada salahnya kamu kumpul di rumah dengan hidangan makanan ringan yang dibuat sendiri. Tenang, cara membuat makanan ringan ini sangatlah simple dan mudah kok. Selain enak dan lezat, tentunya dengan membuat sendiri makanan ringan akan lebih sehat dan ekonomis tentunya. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat makanan ringan yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 8 halaman

1. Cara Membuat Makanan Ringan yang Unik

Ilustrasi Dorayaki DoraemonIlustrasi Dorayaki Doraemon © Ricenflour.com

Untuk membuat hal yang berbeda, kamu bisa banget membuat olahan makanan ringan unik yang jarang dibuat. Yap, kamu bisa banget membuat makanan ringan dorayaki doraemon dengan melihat resep cara membuat makanan ringan unik di bawah ini.

Dorayaki Doraemon
Bahan:
- 2 butir telur
- 80 gram gula pasir
- 1 sdm madu
- 1/2 sdt baking soda
- 50 ml air
- 130 gram tepung terigu
- 1/2 sdt vanilla bubuk

Cara membuat makanan ringan yang unik (Dorayaki Doraemon):

  1. Kocok bahan telur, gula, dan madu hingga mengembang dan pucat. Masukkan tepung terigu dan baking soda. Aduk dengan whisk, proses mengaduk tidak perlu lama. Adonan ini akan agak bergerindil, tapi tidak masalah.
  2. Masukkan air, aduk rata hingga adonan tidak bergerindil dan diamkan selama 10 menit. Setelah teflon panas, tuang adonan dengan 1 sendok sayur ke teflon datar dengan api kecil.
  3. Setelah muncul gelembung dan pinggiran tidak basah, segera balik adonan, panggang sebentar dan sajikan dengan isian yang sudah disediakan.

2 dari 8 halaman

2. Cara Membuat Makanan Ringan untuk Dijual

Ilustrasi Pangsit GorengIlustrasi Pangsit Goreng © Cookpad.com/@Nina Ninols

Selain makanan unik, kamu juga bisa membuat makanan yang biasa dijual oleh abang-abang lapak pinggir jalan, lho. Siapa sih, yang nggak pernah makan pangsit goreng yang menjadi makanan ringan yang biasanya dijajakan untuk menu camilan siswa SD? Yuk, langsung saja simak resep cara membuat makanan ringan di bawah ini.

Pangsit Goreng
Bahan:
- 500 gram terigu
- 50 gram mentega, lelehkan
- 30 ml minyak
- 1/2 sdt garam
- secukupnya air hangat

Bahan untuk isian:
Tepung aci 7 sdm campur 3 sdm terigu tuang air sedikit aduk
adonan agak encer, masak sampai kental, dinginkan

Cara membuat makanan ringan untuk dijual (Pangsit Goreng):

  1. Campur bahan terigu?, mentega, minyak, dan garam. Tuang air hangat sedikit-sedikit sambil diuleni sampai tercampur rata dan tidak lengket ditangan. Pipihkan adonan, bisa menggunakan mesin atau rolling.
  2. Potong segiempat isi dengan bahan isian, lipat segitiga. Lakukan sampai habis lalu goreng diminyak panas. Makanan ringan pangsit goreng siap disajikan.

3 dari 8 halaman

3. Cara Membuat Makanan dari Kentang

Ilustrasi Potato Cheese BallIlustrasi Potato Cheese Ball © Tablespoon.com

Jika kamu bingung ingin membuat makanan ringan, maka kamu boleh mencoba olahan ringan potato cheese ball dari kentang ini. Cara membuatnya sangatlah sederhana kok. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak resep cara membuat makanan dari kentang berikut ini.

Potato Cheese Ball

Bahan:
- 1/2 kg kentang
- 3 sdm panir, blender
- 165 gram keju cheddar, parut
- 3 butir bawang putih, cincang
- 100 gram mozarella
- 2 butir telur, kocok lepas
- 100 gram terigu
- 100 gram panir
- 1 sdt lada
- 2 sdm kaldu jamur
- 1 sdt garam
- 4 sdm parsley

Cara membuat makanan ringan dari kentang (Potato Cheese Ball):

  1. Kupas kentang, cuci bersihkan dan potong sesuai selera. Kemudian kukus 1/2 matang. Goreng hingga coklat dan haluskan dengan menggunkaan ulekan, atau alat lainnya. Campurkan semua bahan kecuali mozzarella dan panir kasar. Aduk hingga tercampur rata.
  2. Bagi adonan sama rata, pipihkan isi dengan potongan keju dan bulatkan kembali. Balut dengan telur yang telah dikocok lepas dan balur lagi dengan panir kasar. Panaskan minyak goreng hingga kuning kecoklatan. Sajikan langsung goreng atau simpan di freezer.

4 dari 8 halaman

4. Cara Membuat Makanan untuk Dijual di Sekolah

Ilustrasi Batagor SimpleIlustrasi Batagor Simple © Merdeka.com/hellobogor

Siapa sih yang nggak tahu makanan ringan yang biasanya di jual di sekolah ini? Yap, jika kamu penggila jajan waktu masa sekolah, maka kamu tentunya nggak asing dengan batagor simple ini. Kamu juga bisa membuat olahan batagor sebagai menu camilan bareng teman dan keluarga di rumah. Dijamin deh, waktu nongkrong bareng teman akan terasa lebih menyenangkan, hehe... Yuk, langsung saja simak resep cara membuat makanan batagor di bawah ini.

Batagor Simple
Bahan:
Bahan utama:
- 2 buah tahu kuning
- 150 gram tepung terigu
- 150 gram tepung tapioka
- Secukupnya air

Bumbu halus:
- 2 siung bawang putih
- Secukupnya merica
- Secukupnya garam
- Kaldu bubuk

Bumbu kacang:
- 100 gram kacang tanah
- 2 butir gula jawa
- 2 buah cabai keriting
- 7 bauh cabai rawit
- 1/2 ruas kencur
- 2 lembar daun jeruk
- 1 sdm gula pasir
- Secukupnya air
- Secukupnya minyak

Cara membuat makanan ringan untuk dijual di sekolah (Batagor Simple):

  1. Buat bumbu halus terlebih dahulu, lalu didihkan air dalam panci secukupnya. Jika air sudah mendidih, masukkan bumbu halus. Aduk rata, tunggu hingga mendidih lagi, matikan api.
  2. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu dan tapioka, aduk rata. Tambahkan air bumbu halus, lalu aduk kembali. Masukkan tahu dan tekan-tekan agar tahu agak hancur. Aduk lagi hingga tercampur rata, tahu tidak perlu terlalu halus.
  3. Siapkan wajan penggorengan, beri minyak lumayan banyak. Panaskan minyak, Jika minyak sudah panas, ambil sedikit adonan dengan sendok, lalu goreng. Lakukan hingga habis.
  4. Buat bumbu kacang dengan cara goreng kacang bersama dengan cabai hingga kacang matang. Lalu, haluskan kacang dan cabe, tambah gula jawa, kencur, dan daun jeruk (boleh menggunakan blender dengan diberi air).
  5. Tumis bumbu yang telah dihaluskan tersebut, tambahkan gula pasir dan masak hingga matang. Batagor siap dihidangkan dengan bumbu kacang.

5 dari 8 halaman

5. Cara Membuat Makanan dari Pisang

Ilustrasi Pisang RambutanIlustrasi Pisang Rambutan © Togaboga.wordpress.com

Apakah kamu pencinta olahan pisang? Jika demikian, maka pas banget kalau kamu membuat olahan pisang rambutan sebagai menu makanan ringan dari pisang. Selain unik, kamu akan merasakan sensasi pisang dengan kulit yang menyerupai rambutan. Jangan lupa, tambahkan cocolan saus coklat dan keju. Hem, dijamin mantap, deh. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat makanan dari pisang berikut ini.

Pisang Rambutan
Bahan:
- 4 buah pisang kepok
- 50 gram kulit pangsit
- 1 sdm tepung beras
- 1 sdm tepung terigu
- 2 sdm gulpas
- Sejumput garam
- Secukupnya air

Cara membuat makanan dari pisang (Pisang Rambutan):

  1. Iris kulit pangsit berbentuk korek api lalu sisihkan. Campur duo tepung, gula pasir, garam dan air. Aduk rata hingga kekentalan yang pas.
  2. Kupas pisang, belah pisang menjadi 2 bagian. Celupkan ke dalam adonan tepung lalu gulingkan ke dalam irisan kulit pangsit.
  3. Goreng dalam minyak hangat dengan api kecil agar matang pada bagian luar dan dalamnya. Makanan ringan pisang rambutan siap disajikan.

6 dari 8 halaman

6. Cara Membuat Makanan dari Tepung Terigu

Ilustrasi Tepung Goreng SederhanaIlustrasi Tepung Goreng Sederhana © Cookpad.com/@lulu irfana

Selain dari pisang dan kentang, kamu juga bisa membuat olahan makanan ringan dari bahan dasar tepung terigu yang mudah, simple, dan ekonomis. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat makanan dari tepung terigu berikut ini.

Terigu goreng
Bahan:
- 150 gram terigu
- 2 sdm margarin
- 200 ml air
- 3 sdm gula pasir
- 1 butir telur
- 1 saset susu dancow bubuk
- Gula halus secukupnya, untuk taburan

Cara membuat makanan dari tepung terigu:

  1. Didihkan air kemudian masukkan mentega dan gula, setelah mendidih kecilkan api lalu masukkan susu dancow lalu aduk. Setelah itu masukkan terigu dan aduk cepat. Matikan api masukkan telur, aduk lagi.
  2. Jika dirasa sudah tercampur rata dan adonan tidak ada yang mengumpal, lanjut panaskan minyak goreng tunggu hingga panas. Ambil sedikit adonan menggunakan sendok kira-kira setengah sendok. Goreng hingga kecoklatan. Sajikan dengan taburan gula halus.

7 dari 8 halaman

7. Cara Membuat Makanan yang Mudah

Ilustrasi Chicken KaraageIlustrasi Chicken Karaage © Japancentre.com

Jika kamu ingin menu camilan enak dan mudah membuatnya, maka cocok banget untuk kamu membuat sendiri chicken karaage simple di rumah. Nggak perlu repot dan tentunya mudah banget membuatnya. Lebih lengkapnya, yuk langsung saja simak resep cara membuat makanan yang mudah dengan menu ke-Jepangan-an yaitu chicken karaage.

Chicken Karaage
Bahan:
- 500 gram paha ayam fillet
- 3 sdm munjung tepung maizena
- 1 kuning telur
- Minyak goreng secukupnya

Bumbu perendam:
- 2 siung besar bawang putih, parut halus
- 2 cm jahe (besar), parut halus
- 2 sdm kecap asin
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt lada bubuk
- 3 sdt gula pasir

Cara membuat makanan yang mudah (Chicken Karaage):

  1. Bersihkan ayam dan gunakan perasan air jeruk nipis agar mudah melepakan lemaknya. Potong ayam, untuk satu fillet paha dibagi menjadi 6 potong.
  2. Aduk rata semua bumbu perendam, lalu siramkan pada potongan daging ayam. Aduk rata diamkan dalam kulkas selama 15-30 menit. Panaskan minyak goreng, keluarkan ayam dari kulkas, masukkan kuning telur dan tepung maizena. Aduk asal rata saja.
  3. Jika minyak sudah panas, masukkan ayam sepotong demi sepotong ke dalam wajan. Goreng hingga matang dan kecoklatan. Angkat dan siap dihidangkan.

8 dari 8 halaman

8. Cara Membuat Makanan Ringan Sederhana

Ilustrasi Takoyaki Camilan SimpleIlustrasi Takoyaki Camilan Simple © Merdeka.com/The Japan Times

Masih dengan menu camilan Jepang, kamu juga bisa membuat olahan menu makanan ringan sederhana yaitu takoyaki. Tenang, cara membuatnya sangatlah mudah, kok. Yuk, daripada kamu terus-terusan penasaran, cus deh... simak resep cara membuat makanan ringan sederhana takoyaki simple berikut ini.

Takoyaki Camilan Simple
Bahan:
- 1 buah telur
- Tepung terigu secukupnya
- Air secukupnya
- Lada
- Penyedap rasa
- Saus sambal
- Saus tomat
- Minyak

Bahan isian:
Keju parut

Cara membuat makanan ringan sederhana (Takoyaki Camilan Simple):

  1. Kocok telur, terigu dan air hingga tidak ada yang menggumpal. Tambahkan penyedap rasa dan lada bubuk, koreksi rasa.
  2. Panaskan cetakan takoyaki. Tambahkan minyak dan tunggu sebentar. Jika sudah panas lalu masukan adonan dan tambahkan keju parut di dalamnya.
  3. Jika pinggiran sudah mengering, putar/balik perlahan hingga berbentuk bulat. Lalu tunggu sampai matang sempurna. Sajikan dengan saus sambal dan saus tomat.

Nah, itulah beberapa resep mudah cara membuat makanan ringan yang tentunya bisa kamu buat sendiri di rumah. Dijamin, acara nongki bareng teman dan keluarga akan semakin seru dan nggak garing dengan hidangan simple ini. Bagaimana, tertarik membuatnya?

Beri Komentar