8 Cara Buat Cireng Bandung Salju Isi yang Crispy, Enak, dan Renyah juga dengan Menggunakan Nasi

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 28 Februari 2020 05:32
8 Cara Buat Cireng Bandung Salju Isi yang Crispy, Enak, dan Renyah juga dengan Menggunakan Nasi
Jajanan khas Bandung yang cocok dinikmati sebagai teman nongkrong. Simak resep cara membuat jajanan hits kekinian, cireng!

Siapa sih yang nggak suka olahan jajanan cireng yang murah meriah ini? Yap, selain enak, cireng merupakan salah satu jajanan yang biasa dijajakan di depan sekolah atau di perempatan jalan. Banyak sekali orang yang menyukai camilan ini. Cireng akan sangat menggoda dengan tambahan cocolan bumbu saos yang nikmat dan nendang abis.

Nah, jika biasanya kamu sering beli jajanan cireng ini, maka nggak ada salahnya jika kamu ingin membuat olahan camilan cireng ini di rumah. Cara buat cireng sangatlah sederhana. Hanya dengan bahan tepung tapioka yang dibumbui dengan bumbu halus, maka adoanan yang sebelumnya kamu siapkan akan digoreng dalam minyak panas. Nah, daripada penasaran, yuk langsung saja simak resep cara buat cireng yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 8 halaman

1. Cara Buat Cireng Bandung

Ilustrasi Cireng Bandung © Diadona

Cireng khas Bandung yang yangvbabnyak diburu peniukmat jajanan pinggir jalan ini juga bis akmau buat sendiri di rumah. Bahan dan cara membut cireng abandung sangtalah sederhana. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak resep cara baut cireng Bandung di bawah ini.

Bahan:
- 150 gram tepung sagu
- 1 sdt bawang putih halus
- Secukupnya penyedap rasa
- Secukupnya daun bawang
- Secukupnya daun sop

Cara buat cireng Bandung:

  1. Campurkan dalam satu wadah yaitu tepung kanji, penyedap rasa, daun sop yang sudah di iris, dan daun bawang yang sudah di iris. Aduk hingga merata menggunakan sendok.
  2. Panaskan air, setelah air mendidih siramkan ke adonan sedikit demi sedikit. Aduk menggunakan sendok. Jangan sampai encer, adonan cukup sampai menggumpal saja supaya lebih mudah di bentuk.
  3. Diamkan sebentar saja, jika dirasa adonan sudah agak dingin, aduk kembali sampai kalis. Lalu bentuk satu persatu.
  4. Lumuri dengan sisa tepung sagu yang ada supaya saat di goreng lebih renyah dan tidak nempel. Goreng dengan api kecil lalu sajikan.

2 dari 8 halaman

2. Cara Buat Cireng Isi

Ilustrasi Cireng Isi Kare © Diadona

Berikut ini adalah resep cara buat cireng dengan isian ayam rica. Nah akamu tentunya juga bisa membuat olahan cireng isian ini di rumah. Dijamin keluarga akan suka dengan menu camilan ini. Yuk, langsung saja simak resep cara buat cireng isi berikut ini.

Cireng Isi Ayam Rica
Bahan:
- 1/4 kanji/aci
- 1/4 ayam segar
- 7 siung bawang merah
- 7 butir bawang putih
- 1 sdt ketumbar
- 10 butir cabe setan
- 2 cm kunyit
- 2 cm jahe
- 2 cm lengkuas
- 1 batang sereh
- secukupnya garam dan penyedap rasa
- 1 gelas air panas

Cara buat cireng isi ayam rica:

  1. Bumbu yang dihaluskan untuk kanjinya, 3 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 sdt ketumbar, garam dan mecin secukupnya lalu haluskan. Setelah itu satukan dengan kanji dan aduk rata.
  2. Tuang air panas ke dalam adonan sedikit demi sedikit sampai adonan kenyal. Setelah adonan kenyal tambah kanj nya sampai terbalut semua.
  3. Untuk buat isiannya, haluskan semua bumbu yang tersisa dan tumis, setelah harum tambah air sedikit dan masukkan ayam. Setelah jadi isiannya, bentuk adonan cireng tadi sesuai selera lalu masukan isiannya. Goreng sampai mekar dan kecoklatan.

3 dari 8 halaman

3. Cara Buat Cireng Salju

Ilustrasi Cireng Salju © Diadona

Cireng salju yang kriuk khas ini sangat cocok kamu sajikan dengan cocolan saus sambal yang nikmat. Camilan cireng ini bisa menjadi salah satu menu cam,ilan yang bisa kamu suguhkan saat teman atau saudara sedang berkunjung di rumah. Nah, daripada penasaran, yuk langsung saja simak resep cara buat cireng salju sederhana berikut ini. 

Bahan:
Bahan biang:
- 200 gram tapioka
- 2 bawang putih
- 1 sdm garam
- 600 ml air

Bahan lainnya:
- 500-600 gram tapioka

Bahan sambel:
- 3-4 cabe rawit, sesuai selera
- 1 bawang putih
- 1 sdt terasi bakar
- 1 sdt asam jawa
- 2 keping gula merah
- 200 ml air

Cara buat cireng salju:

  1. Campur bahan biang semua, haluskan bawang putih dan tambahkan garam, masak sampai mendidih, kental dan kenyal seperti lem. Setelah agak dingin campur dengan tapioka, ulenin dan bentuk bulat, kemudian pipihkan.
  2. Lanjutkan sampai semua bahan habis. Bila sudah bisa langsung digoreng atau disimpan dalam freezer. Bila digoreng pastikan minyak sudah panas.
  3. Siapkan bahan sambal, haluskan bawang putih, terasi dan cabe. Masukkan ke dalam panci dan jangan lupa tambahkan gula merah sedikit lalu masak sampai medidih. Lakukan penyaringan bila perlu agar didapatkan sambal dengan tekstur yang lembut dan bertekjstur ringan.

4 dari 8 halaman

4. Cara Buat Cireng Crispy

Ilustrasi Cireng Crispy © Diadona

Cireng yang enak dengan rasa yang renyah crispy ini juga bisa kamu buat sebagai menu camilan. Nah, cocok juga jika kamu ingin bepergian, tapi bingung ingin membuat camilan yang enak dan praktis. Buat aja deh, cireng crispy yang enak dengan cocolan saus sambal. Simak saja langsung resep cara buat cireng berikut ini.

Bahan:
- 200 gram tepung kanji
- 50 ml santan instan
- 1/2 sdt bubuk bawang putih
- 1/2 sdt merica
- 1 batang daun bawang, iris halus
- Secukupnya garam dan penyedap
- 125 ml air panas

Cara buat cireng crispy:

  1. Masukkan tepung kanji ke dalam wadah, campur dengan daun bawang, merica, bubuk bawang putih, garam, santan dan penyedap kemudian aduk rata. Tambahkan air panas, aduk menggunakan sendok kayu sampai rata.
  2. Bentuk sesuai selera. Jangan lupa tangan dibalut dengan tepung kanji agar tidak lengket. Goreng dengan minyak panas sampai matang. Sajikan dengan cocolan sambal atau langsung juga bisa.

5 dari 8 halaman

5. Cara Buat Cireng Enak

Ilustrasi Cireng Goreng © Diadona

Cireng merupakan salah satu menu camilan enak yang bisa kamu buat sendiri di rumah dengan bahan yang sangat sederhana. Jika kamubingung ingin ngemil apa di rumah, maka nggak ada salahnya ka,mu membuat sendiri olahan camilan cireng enak dengan perpaduan bumbu penyedap dan daun seledri. Yuk, langsung saja simak resep cara buat cireng enak berikut ini.

Bahan:
- 4 sdm terigu
- 7 sdm sagu/tapioka
- 1/2 bungkus masako ayam
- 1 batang daun seledri, cincang
- Air panas secukupnya

Cara buat cireng enak:

  1. Dalam baskom beriai terigu dan masako, tuang air panas sedikit demi sedikit. Campur hingga adonan lengket seperti lem, tp tidak terlalu lembek. Tuang sagu/tapioka sedikit demi sedikit ke adonan terigu. Bergantian dengan seledri. Uleni hingga kalis.
  2. Bentuk bulat lalu pipihkan. Goreng dengan minyak panas, api sedang. Bolak balik hingga kecoklatan. Siap santap. Bisa ditemani dengan bumbu rujak atau saos sambel.

6 dari 8 halaman

6. Cara Buat Cireng Renyah

Ilustrasi Cireng Sederhana © Diadona

Nah, cireng yang nikmat salah satunya adalah cireng dengan tekstur renyah menggoda lidah. Perpaduan bumbu yang pas dengan tekstur tepung tapioka yang diuleni dengan benar menjadikan olahan cireng ini cocok sebagaim menu camilan di rumah. Yuk, langsung saja simak resep cara buat cireng renyah berikut ini.

Bahan:
- 100 gram tepung tapioka
- 3 sdm tepung terigu

Bahan bumbu:
- 2 siung bawang putih
- 1 sdt lada/merica
- Secukupnya garam
- 200 ml air
- Secukupnya penyedap
- 2 sdt fiber creme
- Minyak goreng secukupnya

Cara buat cireng renyah:

  1. Uleg bahan bumbu, siapkan air ke dalam panci dan masukkan bumbu ulegan, fiber creme dan tepung tapioka 100 gram. Setelah mendidih dan mengental, diamkan sebentar kemudian masukkan ke dalam wadah yang berisi tepung tapioka 3 sendok makan.
  2. Bentuk bulat- bulat, jangan lupa tangan olesi dengan tepung agar tidak lengket, kmudian goreng.

7 dari 8 halaman

7. Cara Buat Cireng Nasi

Ilustrasi Cireng Nasi © Diadona

Kamu juga bisa membuat cireng dengan bahan nasi sederhana. Resep di bawah ini merupakan resep cireng nasi dengan bumbu lada hitam yang khas. Penasarankan bagaimana resep cara buat cireng nasi ini? Yuk, simak selengkapnya cara buat cireng berikut ini.

Bahan:
- 300 gram nasi
- 2 siung besar bawah putih
- 4 siung bawang merah
- 1 bungkus kecil sasa tepung bumbu blackpaper
- 5 sdm tepung terigu
- 7 sdm tepung tapioka
- Garam
- Seledri dan daun bawang
- Air panas

Cara mbuat cireng nasi:

  1. Giling bawang putih dan bawang merah setelah itu giling nasi, sisihkan. Rebus air sampai mendidih, campurkan semua bahan, sisakan tepung tapioka untuk cireng sebelum digoreng di atas lalu tuangkan air.
  2. Isi mangkuk dengan tepung tapioka kering, masukan satu sendok makan adonan ke dalam tepung, pipihkan dan tepuk-tepuk. Panaskan minyak, lalu goreng cireng sampai luarnya kering. Sajikan dengan saus sambal atau saus kecap cabe rawit.

8 dari 8 halaman

8. Cara Buat Cireng Banyur

Ilustrasi Cireng Banyur © Diadona

Selain cireng yang kjhas dengan digoreng kering, kamu juga bisa berkreasi dengan cireng yang dibuat kuah berikut ini. Cireng kuah ini cocok banget kamu nikmati saat cuaca ingin dan hujan. Dijamin, kamu bakal ketagihan dan nggak bisa berhenti ngunyah. Simak saja langsung resep cara buat cireng banyur dengan kuah menggoda berikut ini.

Bahan:
- 100 gram tepung tapioka
- 50 gram tepung terigu
- 1/2 saset royco rasa ayam
- Garam secukupnya
- Air matang secukupnya
- Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Bumbu yang dihaluskan:
- 10 biji cabe rawit merah
- 5 biji cabe keriting
- 3 siung bawang putih
- 5 siung bawang merah
- 2 buah kemiri
- 1 sdt merica halus
- 1 sdt gula pasir
- 1/2 saset royco rasa ayam
- Garam secukupnya
- Minyak goreng secukupnya untuk menumis
- Jeruk nipis secukupnya

Cara buat cireng banyur:

  1. Didihkan air kemudian siapkan wadah, masukkan tepung terigu, tepung tapioka, garam dan royco rasa ayam. Aduk rata kemudian masukkan air mendidih sambil diaduk-aduk janagn sampai terlalu encer agar bisa dipipihkan.
  2. Siapkan wadah kemudian beri sedikit tepung tapioca. Setelah adonan cireng agak dingin pipihkan dan gulingkan ke tepung tapioca lakukan sampai adonan habis. Panaskan minyak goreng kemudian goreng cireng hingga matang.
  3. Untuk kuah, haluskan semua bumbu kemudian tumis dan beri garam, gula pasir, dan royco rasa ayam kemudian masukan air secukupnya cek rasa setelah mendidih matikan api. Siapkan mangkuk beri cireng yang sudah digoreng kemudian tuangkan kuah beri perasan jeruk nipis. Sajikan selagi hangat.

Nah, itulah beberapa resep cara buat cireng yang bisa kamu praktikkan dengan mudah di rumah. Selain praktis, dan ekonomis, cireng merupakan salah satu camilan yang bisa dibuat dengan bahan yang sederhana dan cocok dinikmati oleh kamu, para kaum milenial zaman now. Bagaimana, tertarik membuatnya?

Beri Komentar