7 Makanan Ringan Tinggi Protein yang Bisa Menunda Proses Penuaan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 27 Januari 2020 12:10
7 Makanan Ringan Tinggi Protein yang Bisa Menunda Proses Penuaan
Kalian mungkin sudah tahu bahwa protein membantu menjaga massa otot dan memperbaiki kerusakan yang terjadi setelah latihan.

Ketika berbicara soal ngemil, banyak informasi di luar sana yang membingungkan tentang apa artinya makan dengan benar. Namun, salah satu yang selalu di cari oleh sebagian orang dalam hal makan ialah melihat kandungan apa saja terdapat dalam makanan tersebut, terutama protein untuk bertambahnya usia. Protein merupakan nutrisi yang berperan penting dalam pembentukan otot, kulit, hormon, dan hampir semua bagian penting dalam tubuh. Untuk itu sebisa mungkin kita mengkonsumsi protein berkualitas tinggi, baik protein hewani maupun nabati.

Diambil dari beberapa sumber, protein juga bisa membantu kalian yang sedang menjalan program menurunkan berat badan, karena hormon yang ada pada protein memperlambat pencernaan dan menstabilkan kadar gula darah, sehingga bisa membuat kalian kenyang lebih lama. Berikut 7 cemilan ringan yang mengandung protein tinggi untuk menunda proses penuaan.

1 dari 7 halaman

Kacang Almond

Ilustrasi Almond © Diadona

Kacang-kacangan seperti almond adalah alternatif yang lezat dan kaya nutrisi untuk makanan ringan. Satu porsi almond mengandung 6 gram protein dengan 3,5 gram serat dan 14 gram lemak sehat. Komposisi tersebut yang akan membuat kamu menjaga nafsu makan dan berat badan dengan terkendali.

2 dari 7 halaman

Edamame

Ilustrasi Edamame © Diadona

Makanan yang mengandung protein tinggi selanjutnya adalah edamame. Kacang-kacangan dari Jepang ini merupakan kacang kedelai yang belum matang yang masih berada dalam polong. Kacang berwarna hijau ini menjadi cemilah sehat yang tinggi protein karena satu cangkir edamame mengandung 17 gram protein dan 52% kebutuhan vitamin K harian.

3 dari 7 halaman

Yogurt Yunani

Ilustrasi Yogurt © Diadona

Seiring bertambahnya usia, orang dewasa yang lebih tua harus lebih fokus menjaga tulang untuk mempertahankan tingkat aktivitas yang dilakukan. Menurut National Institutes of Health (NIH) minuman yang lembut ini juga membantu menurunkan resiko osteoporosis, karena satu cangkir di dalamnya mengandung 22 gram protein dan menyajikan 20% kalium harian untuk usia di atas 50 tahun.

4 dari 7 halaman

Hummus

Ilustrasi Hummus © Diadona

Cobalah membuat saus krim ini dengan bahan sayuran mentah seperti wortel, kacang polong, atau paprika karena kamu akan mendapatlan sekitar 5 gram protein per porsi 1/4 cangir berkat bahan-bahan seperti buncis dan pasta biji wijen. Selain itu, hummus juga dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung sebanyak 25%.

5 dari 7 halaman

Telur

Ilustrasi Telor © Diadona

Telur utuh termasuk salah satu makanan yang paling sehat dan penuh nutrisi. Bahkan putih telur hampir sepenuhnya mengandung protein, karena satu butir telur berukuran besar biasanya mengandung 6 gram protein.

6 dari 7 halaman

Tuna Kaleng

Ilustrasi Ikan Tuna © Diadona

Tuna adalah bahan makanan yang tinggi protein dan rendah lemak. Kalorinya pun cukup rendah sehingga nutrisinya mayoritas terdiri dari protein. Selain itu, porsi 1/4 cangkir menyediakan 11 gram protein untuk hanya 50 kalori, kamu juga akan mendapatkan sekitar 20 persen fosfor yang bekerja dengan protein untuk membantu tubuh dalam memelihara jaringan otot yang sehat.

7 dari 7 halaman

Dada Ayam

Ilustrasi Dada Ayam © Diadona

Dada ayam, terutama yang tanpa kulit merupakan salah satu makanan dengan kandungan protein paling tinggi sehingga cocok untuk diet. Bahkan kandungan protein satu dada ayam tanpa kulit yang dipanggang mencapai 53 gram atau 80% dari kalori.

Beri Komentar